Android ZO Reader, Membaca e-Book dengan Kamus

on Wednesday, January 21, 2015
Ketika membaca ebook di Smart Phone, lebih-lebih ebook berbahasa asing sering kali kita kesulitan untuk membuka kamus. Harus pencet Home | Aplikasi kembali lagi Pencet Home | Reader sehingga tidak praktis. Tapi hal itu sekarang sudah teratasi dengan hadirnya ZO Reader. ZO Reader merupakan aplikasi pembaca e-Book berformat epub, mobi(prc,azw), umd, dan txt. Sayang sekali format PDF belum didukung.

Mengenai bentuk dan cara kegunaanya tidak ada yang begitu istimewa. Keistimewaannya adalah mendukung dictionary atau kamus, dan sudah disediakan beberapa database kamus dalam aplikasinya. Namun sayannya database Indonesia-Inggris belum tersedia, namun hebanya pembaca e-Book ini mendukung database StarDict Dictionary. Database stardict sendiri ada banyak baik itu indonesia english, english indonesia dan lain sebagainya tinggal anda Extract dan Load dari apliasi tersebut.


Jika anda ingin mengisntall database dari stardict extract lah semua file dalam folder yang ter kompres, kemudian jadikan satu biasanya database tersebut berinisial *.dict, *.idx, *ifo Jika disana masih terdapat ekstensi *.idx.gz extractlah sehingga menjadi *.idx. Kemudian load dari Dictionary.

(tampilan reader dan kamus)

Jika anda install beberapa database kamus maka semua yang anda ijinkan akan ditampilkan. Cukup sentuh sekali saja untuk manmpilkan kamusnya.

Aplikasi ini juga mendukung Text to Speech, yaitu dengan memblok kata yang akan dibaca kemudian tekan gambar spekaer. Seru bukan? Lebih-lebih android sudah mendukung text to speech bahasa indonesia. Ayo buruan di install :D

Database English-Indonesia yang lebih lengkap tersedia di link ini.

0 comments:

Post a Comment