Komputerku Sakit, Ternyata hmm....

on Sunday, June 6, 2004

Beberapa waktu yang lalu aku mengalami problem komputer yang cukup membingungkan… Bagaimana tidak, sebuah PC yang sekarang mendompleng tugas - tugas keseharian tiba - tiba mati… Kalau mati tetapi mati terus nah.. ini baru komputernya perlu dimusiumkan :) Tapi ini tidak… kadang mau nyala kadang tidak mau dinyalakan. Kalau sudah tidak mau dinyalakan ya sudah dimatikan saja. Tapi kita tunggu 10 menit sampai 1/2 jam.... lantas dinyalakan lagi.. nah udah nyala.... Kalau sudah nyala meski mau ‘dipanjer’ 24 jam tidak bakalan mati.., walaupun direset berkali - kali. Tapi jika sekali saja di shutdown lantas tombol power dimatikan, alamat jelek, nggak bakalan bisa nyala lagi ... :). Paling sial jika listriknya mati. Kadang pernah sampai seharian penuh nggak mau nyala - nyala.



Pertama kali aku curiga sama kabel dari power ke PLN, eh tapi walau ganti - ganti kabel power tetap saja komputernya tidak mau menyala. Jangan - jangan tombol On/Off komputer? Eh, setelah ditest nggak ada masalah. Tombol On/Off-nya normal - normal saja. Kenapa sih komputer ini? Ya sudah kayaknya Power AT nya kudu diganti yang baru… :)



Untunglah di tempatku ada temenku Mas Yudiantono yang suka memperbaiki alat - alat elektronik. Power AT-nya tak lepas direparasi untuk diperbaiki. Pertama kali dicoba powernya mau nyala… Kata temenku “Tidak apa - apa gini loh?”. Lantas aku menimpali “Coba dimatikan sekali lagi powernya.” Ternyata benar Power AT-nya nggak mau nyala. Dicoba di On kan berkali - kali tidak mau nyala. Tapi kadang - kadang mau nyala. Tetapi frekuensi menyala dan tidak menyala saat di Onkan bisa dikatakan 1:25 Akhirnya dibongkar deh power AT-nya. Biasanya yang rewel adalah transistor, setelah dilepas di test nggak ada masalah. Jangan - jangan diodenya… ditest nggak ada masalah, kapasistor ditest aduh nggak ada masalah juga. Melepas beberapa komponen lantas mengetes.. sangat - sangat melelahkan. Aku yang cuman melihat sampai mengantuk :o. Ya sudah tak tinggal tidur… :). Hampir - hampir mau terlelap… Temenku tadi berteriak… “Sudah ketemu”.. oh ternyata yang eror resistornya 330 K .. di test sama ohmmeter cuman menunjukkan nilai nol, padahal tuh resistor kelihatannya sehat - sehat saja. Dan dengan Rp 100,- komputernya sudah bisa untuk berkativitas kembali..
Terimakasih banget mas Yudi.. jadi menghemat biaya untuk membeli Power he.. he.. he..



Hal ini tak tulis ya… barangkali ada yang mengalami hal seperti komputer kepunyaan saya. Ketimbang membeli power baru :)



Eh iya… yang sedang Ujian Akhir Semester, semoga dapat nilai terbaik.
Serta buat aRek - aRek fIsIkA ‘98, sebaiknya kita matangkan rencana ke Tretes..., jika banyak pihak menginginkan hari dan tanggalnya diundur… tak apa - apa… demi kebaikan bersama bukan? Lebih - lebih Boss Fauz yang siap dengan donasinya akan meluangkan waktu-nya untuk pulang ke Indonesia dan berbagi cerita… Sekalian untuk Fauz yang di England kalau pulang ke Indonesia bawakan kucirnya David Beckam, sama pesanan saat ‘u di Rio De Janeiro… kuncungnya Ronaldo ... :)

1 comments:

ochin said...

huwaaa....
problemnya sama...
tp blm ngutak-ngatik power AT, kurang ilmu elektronya,
:(

Post a Comment