Google Desktop Search, Search PC Anda Layaknya Search di Google

on Sunday, October 24, 2004

Sebuah produk baru versi beta dari Google telah diluncurkan. Google Desktop Search namanya. Tak ada yang aneh dari aplikasi yang menurut saya istimewa ini. Kalau anda adalah seorang peselancar Internet dan terbiasa menggunakan Google Search, tentunya ada juga bisa menggunakan Google Desktop Search, karena proses searchnya dilakukan via Browser.



Di bundel dalam paket *.exe berukuran 447 kb, cukup cepat kalau hanya untuk di download dengan internet yang menggunakan dial up.






Tampilan dari Google Desktop Search



Tetapi karena alasan privacy, maka Google Desktop hanya dapat diinstall pada PC berbasis Windows 2000 atau XP dengan tambahan Service Pack Windos-nya.



Proses intalasinya cukup mudah yaitu dengan mendouble klik paket *.exe-nya, tinggal mengkuti step - step yang ada dalam proses instalasi tersebut, dan secara otomatis Google Desktop search akan mengindex aplikasi didalam hardisk, yaitu ditandai dengan munculnya icon pada tryicon.



Tunggu beberapa saat sampai proses indexing selesai, sebagai catatan, sedapat mungkin keluarkan juga cd dari dalam cd-room karena ia akan diindex juga.



Jika anda tertarik dengan aplikasi ini kunjungi http://desktop.google.com untuk mendonload aplikasi tersebut.



Namun ada kalanya anda harus berhati - hati jika memiliki text, file word, mail yang barangkali rahasia, sedangkan windows ada tidak di setting multi user, karena ia akan terindexs dan sangat berbahaya jika sampai terbaca orang lain. Namun jika sudah terlanjur terindeks anda tidak usah kawatir karena ada fasilitas remove items-nya



Selamat mencoba.

2 comments:

Rv said...

Saya mencoba menginstall versi baru Google Desktop namun pada saat saya coba ternyata tidak berhasil dan muncul tulisan merah “Note: partial results only (0% complete). One-time index update in progress. Indexing is done when your computer is idle” kemudian saya menuju Desktop Preferences dan mengaktifkan pada kotak Enable Content Indexing namun setelah disaved dan di coba lagi ternyata sama saja. Apa ada yang terlewatkan oleh saya. Padahal sebelumnya saya sudah pernah menggunakan GDS (versi lama)

Irfan9727 said...

Kalau pake Everything (http://www.voidtools.com/) juga bisa. Meskipun interface HTML-nya simpel, tapi indexingnya cepet! Cuma 1 menit (untux HDD 80 gb, 350,000 files), indexing selesai. Program cuma ~300kb dan enteng. Bonus: Interface HTML-nya bisa langsung jadi file server! Bonus #2:Ada server FTP-nya juga!

Searchnya cepet banget, gak usah pencet enter, langsung keluar hasilnya. Coba install aja, nggak kecewa kok, kalau anda suka punya file banyak (kayak saya)..

Post a Comment