Migrasi, Mantan Calon Free Magazine For Linux.

on Monday, September 7, 2009

Kemarin iseng-iseng buka file lama. Beberapa document yang pernah saya download ataupun yng saya buat saya lihat-lihat saja. Dalam Folder Backup Home Linux ada folder yang sudah lama terlupakan, yup Folder majalah. Saya buka lagi folder tersebut. Hmm masih sama dengan 2 tahun yang lalu. Waktu itu masih ngajar di Gresik, dan tekat saya sudah bulat untuk mebuat majalah tahunan dan saya beri nama Migrasi.

Migrasi sendiri terinspirasi dari kepala saya yang waktu itu sering migrain atau sakit sebelah karena berjejalnya beberapa masalah yang belum kelar, dari masalah pribadi sampai masalah negara heheheh :). Yach semigran orang yang dikejar-kejar lisensi windows yang saat itu lagi ngetrend-ngetrendnya.

Tetapi kalau saya beri nama Migrain nanti dipikir majalah kesehatan, akhirnya saya berinama Migrasi, saya rasa nama inilah yang cocok karena targetnya adalah bagi pemula yang ingin belajar sedikit demi sedikit aplikasi sehari-hari yang ada di Linux. Juga bagi pembaca yang inign migrasi dari Windows ke Linux, yang waktu itu mulai merong-rong ketengan.

Edisi perdana waktu itu rencananya mengusung tema memanfaatkan utility yang ada di windows, setidaknya ada 4 utility yang akan dikupas tuntas, dua freeware dan dua shareware. Lho shareware koj juga masuk? Hehehe tak mengapa pikirku waktu itu karena dua share ware itu sangat bagus. Kedua Freeware tersebut adalah Irfan View yaitu untuk viewer yang cepat, handal dan powerfull, mampu meresize ataupun convert image dengan cepat. Software tersebut juga terasa ringan berjalan di atas emulator Wine.

Freeware satunya adalah MWSnap yaitu software untuk capture yang juga sangat mudah. Sedangkan dua sharewarenya adalah EditPlus yaitu text dan programing editor yang ringan dan cepat juga. Saya pilih Editplus karena kecepatannya bahkan untuk membuka file-file text ukuran besar sekalipun. Walapun di Linux sendiri suda ada Geany tetapi untuk ukuran kecepatan dan ketangguhan saya rasa shareware ini belum ada yang mengalahkan. Sedang shareware ke dua adalah Winrar, saya pilih ini karena sekarang kebanyakan format kompresi di internet menggunakan type RAR disamping ukurannya lebih kecil daripada ZIP dia mampu menyelamatkan file yang sudah terdownload, Misal ketika kita download sebuah file RAR yang di dalamnya ada 10 file, maka ketika download sudah mencapai 50% keunggulan winrar mampu membaca separuh file yang diincludekan. Sedangkan di lingkungan linux Winrar harus dijalankan dengan Cosole.

Tutorial OpenOffice, TheGimp rencananya juga akan menghiasi majalah tersebut. Ulasan khusus tentang kamus Stardict dan beberapa Tips juga tak terlewatkan.

Konsep sudah matang dalam waktu 2 hari, sisanya digunakan untuk desain, menulis dan menata letak berbagai text tersebut. Tetapi apa daya ternyata bikin majalah kalau sendirian juga memakan waktu yang lama. Wah seminggu baru dapat 6 lembar, lama juga ya..

Akhirnya proyek ambisius saya itu saya hentikan karena tugas sekolah sudah menumpuk, waktunya ujian, nyiapkan soal, koreksian... wah, wah, wah, akhirnya proyek tersebut jadi terlupakan, tetapi ada satu hal yang membuat saya berhenti meneruskan Migrasi, yach karena migrain saya sudah sembuh, sehingga rasa iseng uthek-utheknya terhenti dengan sendirinya.

Ayo.. ada yang mau meneruskan, siapa tahu jadi majalah beneran...

Oh iya majalah ini waktu itu saya buat menggunakan UBUNTU Linux. Sedangkan software yang saya gunakan adalah Scribus untuk Desktop Publising, GIMP untuk mengolah gambar, kemudian MWSnap yang jalan dengan Wine untuk Capture, soalnya capture dengan TheGimp terlalu lama sekalian nyoba kestabilan MWSnap di Linux dengan Wine..



6 comments:

rotyyu said...

Masih calon udah jadi mantan....
:D

adam said...

wah. keren pak. good luck deh. semoga tambah keren majalahe.

infoGue said...

hai salam kenal artikelmu udah ada di

http://linux-open-source.infogue.com/migrasi_mantan_calon_free_magazine_for_linux_

gabung yuk n promosikan artikelmu di infoGue.com. Salam ^_^

niena muaniezzzzzzzzzzz said...

good luck,,,,,,,,,,
moga semakin kreatif ajah................!!!!!!!!!!!!!!!!!

Ade Malsasa Akbar said...

Salam kenal, insan kreatif Indonesia. Saya juga pernah membuat majalah dengan Scribus, ssayangnya sekarang sudah berhenti. Kalau ingin membaca tutorial membuat halaman majalah sederhana dengan Scribus, silakan kunjungi http://ademalsasa.co.cc.

Salam hangat dan jabat erat!

Agus Waluyo said...

@Ade. Salam kenal kembali. Wah tq, nice info, tetapi sayang oleh Google Chrome dideteksi ada malware-nya. Dan bukan isepan jempol ketika saya mencoba memaksa masuk, mcafee langsung menangkap beberapa mallware.

Post a Comment