Metode Suzuki Untuk Bermain Piano

on Monday, November 19, 2012

Setelah beberapa waktu saya cenderung memainkan lagu dengan tangan kiri sebagai chord dan tangan kanan sebagai melodi, lama-lama jadi ingin juga memainkan lagu dengan tangan kiri menggunakan variasi chord sedangkan tangan kanan tetap pada melodi, sehingga kedua tangan ini aktif.

Saya mencoba browsing tutorial memainkan piano dengan mengaktifkan kedua tangan. Dari beberapa metode yang saya jumpai saya tertarik dengan metode Alfred dan Suzuki Music School. Informasinya bisa di cari disini http://www.alfred.com/AlfredPiano/PianoMethods.aspx 
Sebenarnya harganya murah kisaran 60-70ribu rupiah. Itupun bukunya bisa kita gunakan berbulan-bulan. Tetapi saya mencoba mencari di toko buku seperti Gramedia ternyata tidak ada. Bahkan hanya di toko buku tersebut hanya tutorial piano biasa (pengenalan kunci).

Kelebihan kedua metode tersebut adalah adanya notasi jemari (fingering) di notasi musik (not balok) di buku tersebut. Jadi walaupun kita belum bisa membaca not balok tapi saya jamin anda bisa memainkan lagu dengan lancar, dan lama-lama akan bisa memainkan not balok walapun tanpa bantuan angka penjarian.

Tentu proses belajarnya dari yang gampang kemudian semakin sulit dan sulit. Salah satu contoh adalah lagu ke 3 berjudul Cuckoo ini saya pelajari 4 hari baru lancar, padahal itu juga masih simple

Kalah sama anak-anak umur 5 tahunan.

Hehehe keren ya? Walaupun masih simple tapi menyenangkan.

4 comments:

iriawan said...

Minta rekomendasi software yg baik utk belajar piano (piano virtual)..... mau beli piano blm kumpul duitnya..... :-)

Agus Waluyo (Admin) said...

VMPK ataupun ButtonBeats juga lumayan. Tapi kalau favorit saya 1manband (www.1manband.nl) karena bisa mem-play style yahama. Sayangnya trial version alias kudu beli juga. :D Tapi menurutku kalau mau belajar piano harus beli piano walaupun itu piano yang 500rb-an. Karena fingering untuk mengetik dan fingering piano berbeda.

Nyit said...

Mw nanya, buku yg Agan pake yg mana y?. Daripad trial and error, mending pke yg udh terbukti membantu :-)

Agus Waluyo said...

Buku apa saja sebenarnya membantu. Metode suzuki saya pergunakan karena memang bukunya lebih gampang didapat. Sepertinya metode Alfred yang lebih gampang tapi bukunya susah didapat. Bagi saya dalam belajar tidak ada istilah trial and error, tapi trial and success :D. Kalau mau yang sudah terbukti, lebih saya sarankan ke kursus musik karena mereka memiliki metode yang pernah mereka buktikan. Kalau saya sendiri belajar modal nekat hehehe :D

Post a Comment