Mul Mulan

on Saturday, January 3, 2015
Mul Mulan Merupakan permainan tradisional jaman dulu. Pada tahun 1990-an permainan jenis papan (board) yang ini begitu ngetrend. Permainan ini dimainkan oleh dua orang saja, dengan menggunakan papan atau bagan yang digambar dengan kapur serta keping mul-mulan yang didapat dari kerikil atau pecahan genting.
Langkah untuk memainkan permainan ini adalah ...
1. Carilah 11 kerikil dan 11 pecahan genting.
2. Gambar di papan dengan kapur atau di kertas dengan spidol bagan untuk mul-mulan

3. Untuk memainkan Pemain A menaruh pecahan genting di sembarang titik dalam bagan, kemudian Pemain B melakukan hal serupa disembarang bagan juga secara bergantian.

4.  Misalkan Pemain A berhasil menyusun 3 keping secara berurut baik itu vertikal, horisontal, maupun diagonal, dia berhak mengambil satu keping Pemain B. Jika pemain berhasil membuat 3 keping secara berturut biasanya pemain tersebut  berteriak MUL!!, sehingga game-nya disebut MUL MULAN.
5. Keping yang diambil adalah sembarang keping lawan.
6. Karena itulah permainan ini mejadi lebih seru, kedua pemain harus bisa menutup pergerakan lawan agar  lawan tidak bisa membuat 3 sejajar.
7. Dalam permainan ini jangan sampai menaruh dua keping berjarak satu titik, baik vertikal, horisontal, maupun diagonal.
8. Jika hal ini diketahui lawan (Pemain B), maka lawan akan menaruh keping Mul-nya di antara keping Pemain A, sehingga kedua keping Pemain A akan diambil.
9. Begitu seterusnya hingga keping kedua pemain diluar papan habis. Jika sudah habis maka kedua pemain menggeser/memindah keping satu titik secara bergantian, dan jika berhasil membuat 3 berturut berhak mengambil keping lawan. Dalam permainan ini tidak masalah untuk bolak-balik titik agar bisa membuat 3 berturut.
10. Kemenangan dapat ditentukan jika keping lawan habis atau keping lawan sudah tidak bisa bergerak.
11. Kedua pemain dinyatakan draw jika jumlah keping kedua pemain kurang dari 3.

Selamat bernostalgia dengan permainan jadul ini :D



3 comments:

YA-QI-ZA said...

https://play.google.com/store/apps/details?id=amin.badri.mul_mul_an

Tristio.u said...

Mul

Unknown said...

Terimakasih infonya, saya baca karya sh mintarja Api di Bukit Menoreh, ada permainan mul mulan tp nggak tahu seperti apa. Setelah baca artikel ini jd jelas. 🙏🙏🙏

Post a Comment