Web Site Ancur - Ancuran

on Thursday, July 1, 2004

Ha… ha… ha… saya kemarin tertawa sendiri setelah sukses register free hosting di Vibrahost. Haduh benar - benar berat mencari free hosting yang support php. Kayaknya tak usah mimpi ada mysql-nya sudah untung banget dapat web hosting support php. Berkali - kali daftar dari dhost.info yang menawarkan support php dan mysql tapi mbulet di control panel. Ditambah lagi web mesti dalam bahasa Inggris, kalau tidak ingin berumur pendek. Mencoba register di Lycos, tak apalah iklannya seambreg, yang penting bisa host, walah memang orang Indonesia itu kayaknya seneng cari barang - barang gratis, sehingga Indonesia tidak terdapat dalam daftar negara.. :)



Sukses daftar di Vibrahost bukannya tidak mengalami masalah. Untuk upload file sering gagal, hari kedua dan ketiga walau bisa login dari halaman login, namun tak bisa masuk control panel. Alamak!!! Tetapi setelah mengunjugi homenya Vibrahost, Vibrahostnya sendiri dalam proses updating server. Hari ketiga (kemarin) sudah normal kembali. Kirain memang hostingnya yang payah. Tak bela - belain sampai daftar di t35.com yang hanya support php pula. Tetapi di t35 ini file submitku tidak berjalan, walau chmod sudah tak ijinkan semua. Seharian mecoba - coba kontrol panel t35 tetap saja tak bisa, tapi untunglah Vibrahost sudah normal.



Banyak sih sebenarnya free hosting berbasis php dan mysql, cuman sayangnya pada meminta aktif di forum mereka. Tak apalah semoga Vibrahost adalah pilihan hosting yang tepat untuk sementara waktu.



Boleh dikatakan web yang saya buat itu ancur - ancuran. Bayangkan saja ada 4 server gratis yang menghandel web tersebut. Semuanya lengkap, ada yang html biasa, asp-nya ada, pun php ada. Pertama kali adalah http://geocities.com untuk personal site berbasis html biasa. Lantas berhubung guestbooknyya geocities kurang begitu saya sukai akhirnya membuat guestbook sendiri berbasis asp saya taruh di http://brinkster.com. Karena saya mempunyai koleksi karaoke midi, karaoke tersebut saya letakkan di http://geocities.com.sg untuk mengurangi beban bandwidth yang ada di http://geocities.com. Seringkali terkena badwidth akibat pengunjung yang mendownload lirinasyid secara habis - habisan .. :) Yang terakhir http://vibrahost.com untuk menopang update liriknasyid.



Tak bela - belain mencari vibrahost ini karena ceritanya yang panjang. Tiga atau empat hari saya habiskan searching terus menerus. Sebenarnya dulu mau tak buat asp saja, tetapi installer pws-nya dipinjam entah siapa, padahal my computer barusan di format ulang. Messengerin beberapa rekan kuliah juga pada tak punya. Akhirnya apa boleh buat nyekrip saja dengan php dan ngehost di Vibrahost itu.



Upadate liriknasyid ini terpaksa menggunakan sedikit pemograman sederhana, karena saya kualahan untuk upadate manual di geocities.com. Bayangkan saja kalau ada yang ngirim sebuah nasyid saja, rasanya nanggung untuk melakukan update manual, apalagi dengan kecepatan internet yang rada - rada lambat. Demikian juga kalau dapat lirik yang banyak wah menyita waktu luar biasa, karena mesti nge-browse file satu persatu, mengedit halaman muka liriknasyid, pokoknya capek luar biasa. Lebih - lebih tuntutan pengunjung yang demikian tinggi dan sokongan lirik yang amat sedikit… :)



Barangkali saya maklum kalau sokongan lirik nasyid dari tanah air sedikit. Hal ini dikarenakan liriknasyid sendiri masih berbau nama saya, seolah - olah liriknasyid itu adalah milik saya. Ya.. karena awal mulanya memang demikian konsepnya. Saya tak menduka kalau pada akhirnya liriknasyid mendapatkan sambutan yang luar biasa dari tanah air ataupun dari negeri Jiran Malaysia. Terus terang rekan - rekan di Malaysia saya rasakan lebih memberikan sokongan, yaitu dengan lirik nasyid yang masuk ke e-mail, ke form submit yang lebih banyak dibandingkan dari tanah air.



Tetapi tak apalah memang masih kental terasa bahwa liriknasyid adalah kepunyaan saya. Untuk itulah sekarang saya sedang mengkonsep untuk menyewa server dan domain liriknasyid yang profesional, sehingga liriknasyid bisa menjadi kepunyaan kita semua. Tak tahu nich bisa cepat terwujud apa tidak, harus sabar menunggu, karena saya mesti bekerja dahulu untuk ngumpulkan dana operasional guna menyewa hosting dan domain. Ya jadi bisa setengah tahun lagi, bisa setahun lagi, atau bisa sebulan lagi kalau ada rezeki yang jatuh dari langit :)



Akhrinya banyak sekali rubrik - rubrik pending di my web. Semisal cerita islam, dikomputer ada seambreg tapi capek banget mau upload. Chordnasyid pun juga pending, karena guitarnya ada di tempat kost sedangkan komputerku ada di kampus, dan data offline liriknya ada di tempat my brother. Walah - walah....



Sekarang sedang menikmati apa yang bisa saya nikmati hari ini. Untuk sementara waktu nggak bisa “ngopeni” website lagi secara sepenuhnya karena ada pekerjaan yang minta diselesaikan lebih dahulu.. Sayang nich belum selesai - selesai juga. Minta doa-nya pokoknya he.. he.. he.. Moga pekerjaan yang satu ini cepat selesai.



Eh iya mau pulang kampung nich, hari senin kan ada pemilihan presiden, lagian sudah lama tak pulang. Ada yang minta oleh - oleh tidak? Ntar pesenannya tak attach file ... :)

4 comments:

kank_agus said...

:D Ha.. ha.. ha.., ternyata eh.. ternyata Vibrahost itu tak seumur jagung. Hari kemarin udah dihapus. Bukannya dihapus datanya saja, tapi domainnya juga ganti walah.. walah.., memang lebih baik nggak cari gratisan lagi.

dedy said...

Emang mas gak ada hosting php yang gratis, dulu aku sampe binun nyarinya....coba di idwebhost.com (Murah kok) bukannya promosi nih… tapi emank kenyataanya ,soalnya aku belum lama ini abis bikinin web php buat temen aku and hostingnya di idwebhost.com
Salam

:D

louis vuitton outlet said...

Simplicity is kingSome scientific evidence suggests that the consumption of these nutrients may reduce the risk of certain forms of cancer The same goes for your radiator, use a quality antifreeze mixed with water and use an antifreeze tester to make sure the mixture will hold to the lowest temperature possible for your area Last point would be to find a mean in which your credit card will be protected from disclosure

aftonbladet said...

Thanks for any other excellent article. Where else may just anybody get that type of information in such an
ideal means of writing? I have a presentation next week, and
I am on the search for such information.

Post a Comment