Dagelan Tingkat Tinggi

on Saturday, July 10, 2004

Iseng - iseng googling mencari cerita untuk anak - anak. Alhamdulillah tidak sampai lima menit sudah dapat. Cerita tersebut rencananya ingin aku pindah ke komputer sepupu yang masih imut, habis sepupuku yang satu itu masih duduk di sekolah dasar. Seringnya minta dibawakan cerita - cerita, ya maklumlah hobbinya memang membaca. Ada buku apa saja di baca. Saat bibiku bawa majalah umi, eh majalah itupun di lahab habis, padahal kan belum segmentnya. Kalau begini, bisa - bisa dewasa sebelum waktunya.



Saat akan mendownload cerita - cerita dalam website tersebut, aku terperanjat membaca peringatannya “Dilarang menjiplak, mengcopy, atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi cerita ini. Hak cipta pengarang dilindungi Undang-Undang”. Disini ada beberapa hal yang perlu dicermati. Kalau dilarang menjiplak, mengkopi, atau memperbanyak suatu karya cipta semacam buku itu masih masuk akal. Atau dilarang menjiplak dan hak pengarang di lindungi undang - undang itupun juga masih masuk akal. Kalau dilarang mengkopi atau memperbayak suatu barang elektronik, lebih - lebih yang dipublikasikan di web, nah ini baru namanya dagelan tingkat tinggi. Ketoprak humur ataupun Bajaj Bajuri masih kalah lucu.



Padahal kita membuka url-nya saja secara otomatis sudah mendownload atau mengkopi halamanya. Lha ini peringatannya aneh, dilarang mengkopi, apa bukan web site tertolol didunia? Tak masuk akal. Ada baiknya jika memang pengelola web tidak ingin file yang ditampilkan itu diambil pengunjung ya baiknya yang ditampilkan beberapa bagian saja, bisa ringkasan cerita, bisa dibuat bersambung, dan versi aslinya dalam bentuk cetakan yang mesti dibeli. Nah ini baru masuk akal.



Atau paling tidak tidak diperkenankan menjiplak, itu juga masih masuk akal. Ternyata dagelan - dagelan di web yang tak masuk akal itu ada banyak juga.



6:25 AM 7/10/04

1 comments:

Taniazaplerepair said...

“Zapplerepair Apple dan Smarphone specialist
telp: 087788855868
website: http://indonesia.zapplerepair.com/

Post a Comment