Selasa, 24 Agustus 2004

Typhus Abdominalis

Saat - saat ini saya dalam proses recovery dari typhus, kelihatannya penyakit yang empat bulan lalu menjangkiti saya kambuh lagi, tetapi sekarang sudah agak lumayanlah. Sudah mulai enak makan lagi. Saya postingkan tentang penyakit typhus itu seperti apa. Informasi ini saya dapatkan dari poliklinik kampus ITS, jadi bisa dijamin kebenarannya, walaupun saya belum konsultasi dengan teman weblog yang pada calon dokter .. :)



Penyebab :
Kuman Salmonella Typhosa



Cara Penularan :
- Melalui kontak langsung
- Melalui makanan yang tercemar oleh kuman dengan perantara lalat atau air cucian bekas penderita.
- Warung makanan/minuman.



Gejala :
- Penderita tampak sakit
- Suhu tubuh meningkat (panas) kadang disertai menggigil
- Nafsu makan hilang, dapat disertai nek dan muntah
- Bisa mencret atau bahkan beberapa hari sulit kebelakang
- Rasa sakit diperut dengan lokasi yang tidak jelas
- Bila melakukan kegiatan fisik badan terasa sangat lelah
- Kadang - kadang disertai sulit tidur



Periksaan penunjang :
- Widal dengna titer lebih dari 1/80, 1/160 dst, semakin kecil titrasi menunjukkan semakin berat penyakitnya.
- Hati - hati dengan penyakit lain yang menyertai misalnya demam berdarah atau hepatitis (sakit kuning)



Pengobatan :
- Antibiotika spesifik biasanya menggunaan chloromycetin atau generasi barunya thiamphenicol. Pemberian biasanya 3 kali sehari yang terbagi rata tiap 8 jam. Agar tidak mengganggu waktu tidur pemberian obat bisa diatur pada jam 05.00/06.00-13.00/14.00-21.00/22.00. Obat ini tidak menimbulkan iritasi lambung oleh sebab itu dapat diminum tanpa didahului makan, bisa juga diminum dengan air teh, atau dengan biskuit sepotong.
- Istirahat total, penyakit ini menguras energi tubuh, oleh sebab itu agar membantu mempercepat kesembuhan perlu istirahat yang cukup dan tidur yang nyenyak, bila perlu untuk 3 hari pertama dapat dibantu dengan pemberian obat tidur.
- Makanan rendah serat, dengan nilai gizinya perlu cukup kalori dan protein, namun dalam bentuk cair atau lunak. Contohnya bubur bayi, bubur beras, bubur sumsum, lontong, roti tawar/manis, biskuit. Bila mencret tidak boleh minum susu tetapi bila tidak sangat dianjurkan.
- Protein yang mudah dicerna seperti telur rebus, sop ayam tanpa sayur, soto ayam, semur ayam atau daging, dan bakwan tanpa saos.



Pantangan :
- Sayur - sayuran tinggi serat (bayam, kangkung, dll)
- Pedas (cabe, merica)
- Pada lima hari pertama buah - buahan juga tidak diperkenankan, kecuali air jeruk yang diminum sesudah makan.



Semoga Bermanfaat.

40 komentar:

  1. Sekedar berbagi pengalaman bagi sahabat yang terkena thypus. Serangan kedua biasanya lebih parah daripada serangan pertama, hati-hati. Jangan makan di luar rumah alias jajan, karena resiko polusi tinggi, mi instan pun harus dihindari. Setelah sembuh, jangan merasa langsung sehat, lho. Karena waktu pemulihan berlangsung sekitar 2-3 bulan. Dan bila sudah sehat, jangan lupa hidup teratur, cukup istirahat, makan teratur, dan makan2an yang sehat, dan tetaplah hati2 dengan makanan jajanan, karena tingkat polusi penyakit yang cukup tinggi. Get well soon.

    BalasHapus
  2. Terimakasih banyak mas Anom, tetapi ya inilah nasib anak kost… makannya selalu di luar rumah… :)

    BalasHapus
  3. Makanya cepetan menikah saja, biar ada yang mengurusi Mas Agus di rumah.
    :D

    BalasHapus
  4. Lha.. ini mas.., saya kan belum bekerja ...:D bisa - bisa dijewer sama calon mertua ... :(( Kalau ada informasi pekerjaan ya mas.. jangan lupa.. saya dikasih tau. Lho kok.... :o)

    BalasHapus
  5. gw baru aja kena penyakit ini, tp untungnya blm parah2 bgt (jgn sampe d...) sempet rawat jalan aj dr salah satu RS besar jakarta.... ga kerja 1 minggu...tp skrg alhamdulillah udh enakan....

    BalasHapus
  6. saat ini saya sedang kena typhus, waduh rasanya sakit kepalanya ngga ketulungan. Saya lagi rawat jalan dirumah. Untuk sharing, selain obat-obatan dari dokter, coba minum obat ekstrak cacing kering, diapotik sudah ada yang kapsul (Vermint) (wah promosi nih...) Alhamdulilah, setelah minum obat tsb, demam lansung turun,sakit kepala sudah hilang. Tinggal memulihkan stamina aja

    BalasHapus
  7. thanks ats infonya, tpi slit skali mngira kmbuhnya thypus tiba2 sja lgsung trasa bgtu skit sampek bgerak pun g bisa,,,pdhal sy sdh wanti2 menjauhi mkanan2 pntangan sperti di atas. ap yang harus sy lakukan?apkah kecapekan jg bs menybbjkan kmbuhny thypus?
    sy sdh prnah opname gr2 thypus, wduh itu prtma kli sy msuk RS,,g mau deh msk untuk k 2 klinya.
    thnks b4

    BalasHapus
  8. Thx atas infonya...
    Saya sedang menderita gejala2 seperti di atas. Tetapi minggu lalu dokter mendiagnosa saya Malaria. Apa yg harus saya lakukan agar saya dapatkan kepastian tentang penyakit saya.
    Makasih...

    BalasHapus
  9. Thank, atas infonya!Saat ini sy sdg mngalami typhus dan brobt jln sdh 5 hr,tp kondisi kondisinya blm ada prbhan sgnfkan..!

    BalasHapus
  10. Thanks infonya kang, tp yg kena typus anaku umur 1 tahun byangkn, hrs gmana? Kalo utk istirahat total tdk bisa sbb dia lg seneng2ny rambtn bhkan aku nda percya jg anaku kena typhus padahl dia nda pernah jajan kebersihn jg lumayn piye jal?

    BalasHapus
  11. oshy dan yuyun26 Oktober 2009 03.33

    typhus tuch penyakit keren loch

    BalasHapus
  12. saya sednag terkena typus,,dokter memberi saya antibiotik cefixime 100 mg..tetapi karena saya merasa belum ada perubahan,saya meminum kapsul cacing..ya semoga saja ini bermanfaat dan segera memulihkan kondisi tubuh...

    BalasHapus
  13. mas,bleh tanya g?ibu saya kan kena typus. ap bleh minum minuman dingin seperti es cream ato sjenisnya?trima kasih banyak .....

    BalasHapus
  14. malam mas,
    saya mau nanya,
    apa ya mas perbedaan dari typhus A,typhus B dan typhus C,
    tolong di jwb ya,
    mks

    BalasHapus
  15. Tanya dong.....sy kena tipes tp alhamdulillah skrg rasanya dah sehat...sy coba cek Darah lagi hslnya salmonella paratyphi AHnya positif 1/320 ....itu gmn .? Soalnya bdn sdh enak Dan ga Ada keluhan apa2..Ada yg tau, kenapa bs gt..?

    BalasHapus
  16. sy jg sedang kena gejala thypus, kt dkter makannya harus bubur dulu heuheu...

    BalasHapus
  17. vhna ariesandi16 Juni 2010 14.52

    saya pengen banget punya gejala typhus , caranya gimana ..

    BalasHapus
  18. 3 mgg lalu sy kena typus, pertama kali sy kena penyakit ini, sy beri cloramphenicol 500 mg 4x sehari tambah vermint, alhamdulilah enakan, trs sy msk kerja, krn byk kerjaan, stres, lupa makan, maag kambuh, akhirnya typus nya kambuh lg..ternyata penyembuhan yg tdk tuntas membuat typus mdh kambuh. Pa lg kuman ternyata bs tinggal netap di kandung empedu, dan sewaktu2 bs ke usus bila daya tahan turun. Setelah badan enakan kl perlu mmg perlu dicek lab lg utk memastikan kuman negatif..

    BalasHapus
  19. Sejak senin pagi saya sudah panas, karena saya sedang menyusui maka saya minum obh combi karena katanya kalau mwnyusui obatnya cuma boleh itu, sampai selasa malam saya ndak tahan karena panas tinggi terus 38,5 saya ke dokter diberi sanmag dan antibiotik, tp sampai sekarang kamis malam, panasnya naik turun, saya juga minum rebusan cacing, saya tidak mau opname, karena dulu waktu anak saya yg pertama umur 8bulan, saya stop menyusui gara2 masuk RS, apa yg harus saya lakukan ya dok? thanks

    BalasHapus
  20. makashi bgt broo... ne da penyakit typs gw yg kdua...5 bulan yg lalu.. tenaga abiz kya mo mati aja rsax yg petama barengan ma DB plus radang paru ..pasa lg parah2x napas gw sesak.. tkut gw,, apa kemungkinan pnykt typs bsa mengakibatkn kmatian..

    BalasHapus
  21. apakah terlalu srng opname gr2 types berbahaya,tlng informasinya??

    BalasHapus
  22. saya sedang sakit typhus tapi dalam masa pengobatan terimakasih atas informasinya tentang typhusnya jadi saya tau tentang makanan yang dilarang atau diperbolehkan dalam penyakit typhus.

    BalasHapus
  23. SAYA JUGA PERNAH SAKIT TYPHUS PALA SAYA PUYENG SEKALI SAMPAI KE JEDOT TEMBOK TAPI SAYA SEMBUHNYA CEPET KALO ABANG SAYA SEMBUHNYA LAMASEKALI UDACEK DARAH POSITIV TYPHUS KELUARGA SAYA PADA KENA TYPHUS

    BalasHapus
  24. Piyahhhh sy juga kena typhus nich lmes bgt ,tp awet bener ni sakit sejak dr jaman kuecil mpe skrg -minum kapsul cacing aja coz klo minum obr dokter muntah soooo maless bget sakiyt aseli .

    BalasHapus
  25. Coba aja selain minum obat dktr,jg minum air kunyit tp dari kunyit yg empunya,diparut,diperas,tambah air jd 100cc,tambah madu..br minum sekali typhusku sembuh...lemesnya juga hilang

    BalasHapus
  26. waktu itu adik saya menderita typhus abdimi

    BalasHapus
  27. Sdh 3 minggu ini saya dlm penembuhan typus,dulu mencret air bisa 6-7x sehari,terus berangsur2 baik,tpi kadang mencret lagi,walau gak pakai mules,apa saya salah makan ya ,pdhl makanan paling bakso,sop,telur rebus,gk makan pedes,kecut,maupun gorengan dan es...mohon info ya..thks

    BalasHapus
  28. kemarin udah berobat ke dokter trus dikasih biothicol, sanmag, amoxyclin. tetapi sampai dinihari menjelang pagi menggigil tetap masih ada dan panas masih berada di posisi 39 derajat. kira'" ada yg mau bantu kok masih saja menggigil? tq

    BalasHapus
  29. Tq gan, infonya sangat membantu saya yg setahun terakhir udah 2x di UGD gara2 tu penyakit.. Jujur saya sekarang masih berada di RS tapi kali ini di ikuti DBD. Mohon info pencegahan n perawatan klo besok udah sembuh. Jgn smpe terulang deh,,

    BalasHapus
  30. makasih infonya,saya juga punya pengalaman serupa dan saat ini proses pemulihan,yg membutuhkan waktu agak lama,sekedar bagi info coba saja pengobatan herbal,seperti syrup tilung,kapsul cacing,dan konsumsi madu,sediakan selalu paracetamol jika khawatir datang demam, o iya bisa coba melia propolis dari melianature,InsyaAllah bisa menyembuhkan berbagai penyakit,termasuk yg di sebabkan oleh bakteri maupun virus,semoga bermanfaat. saya juga tdk mau kambuh lagi,mudah2an kita semua yg senasib bisa segera sembuh dan tidAk typus lagi.amin

    BalasHapus
  31. Istri saya sudah setahun ini menderita typoid, berbagai jenis obat sudah dikonsumsi namun bakteri tersebut tetap ada dan sering kambuh jika lelah. Akhirnya kami ssepakat untuk tidak mengkonsumsi obat lagi namun tapi mencoba membangun daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi madu, perbanyak minum air putih, makan buah dan minum jus buah, rutin juga minum susu steril, minum hobatt ... dan segala nutrisi lain yang bukan mengandung kimia ... mudah-mudahan berhasil .... Mohon doa .... Amin

    BalasHapus
  32. Amin. Semoga diberi kesehatan, kemudahan dan cepat sembuh Pak.

    BalasHapus
  33. #All, thaks sharinya. Mohon maaf tidak bisa membalasa satu persatu.

    BalasHapus
  34. saya terkena typus,ap boleh makan ice cream,coklat & sjenisnya??

    BalasHapus
  35. #irma, wah hubungi dokternya saja, saya bukan dokter nie hanya sharing info :D

    BalasHapus
  36. saya baru sj keluar rumah sakit krn thyipus, ay sdh ga demam tp kpalku masing sj pusing, rasanya seperti melayang2, nafsu mkn jg ga ada. ak sdh capek minum obat dokter soalx pahit bgt, ada yg bisa bntu ga? thanks

    BalasHapus
  37. Ha?? Bantu minum obat ya hehehe.. Ya yang sabar namanya sakit ujian :)

    BalasHapus
  38. mungkin sedikit membantu...
    susu kambing etawa sangat cepat menyembuhkan penyakit typus...saya telah membuktikan pada anak saya

    BalasHapus
  39. sari mahardian1 Januari 2013 07.23

    saya baru terkena typhus sebulan yl n dirawat di rumah sakit selama seminggu. Tp pasca penyembuhannya kok rambut saya rontok banget ya? trus kadang lidah n mulut seperti ada lapisan gitu,jadi makanan masih terasa tawar. Apa memang efek dari penyakit ini mas?
    btw saya termasuk pasien mbandel nih,ga bisa nahan selera jadi meskipun mulut terasa tawar,tetap aja semua makanan di embat... abis dendam sih sebulan ga bisa makan. hehehee... bahayakah? thank u for sharing

    BalasHapus
  40. Saya baru 3minggu terkena typus
    Malah sekarang penyakitnya menjalar ke empedu karena obat yang tidak bersih

    BalasHapus