(SJRCI-SB) V. Mengapa Harus Ruqyah Syariah?

on Tuesday, February 8, 2005

Ajakan untuk menggunakan Ruqyah Syariah sebagai salah satu bentuk pengobatan sebenarnya dilatarbelakangi oleh beberapa alasan berikut ini:



1. Karena Ruqyah itu sunnah Nabi



Sebab ini pada dasarnya dianjurkan untuk melakukan perlindungan dari berbagai macam penyakit rohani, mental dan jiwa, serta fisik sebelum ia terjadi dengan izin Allah dan untuk itu setiap muslim dianjurkan untuk melindungi dirinya dari penyakit – penyakit tersebut.



2. Karena sekarang dendam sudah merajalela



Sesuatu yang sangat menyedihkan bahwa dendam, dengki dan iri hati telah merasuki banyak orang, ketika mereka melihat orang lain mendapatkan karunia atau kenikmatan dari Allah baik kenikmatan spiritual berupa kesalehan dan kecerdasan, maupun kenikmatan materiil berupa kekayaan dan keturunan yang banyak. Itu disebabkan karena penyakit ‘ain (kekuatan sihir yang memancar dari sorot mata) yang pada dasarnya merupakan “sorot mata kesenangan yang bercampur dengan kedengkian atau kekaguman yang memancar bahaya kekuatan sihir dengan izin dan ketentuan Allah”.



3. Karena seringnya kita lalai dari berdzikir dan berwirid.



Orang – orang zaman ini, kecuali yang masih tetap dirahmati Allah, sudah sangat lalai mengingat Allah dan mengucapkan doa – doa dan wirid – wirid perlindungan. Misalnya dzikir – dzikir pagi dan petang, dzikir – dzikir yang berkaitan dengan situasi dan momentum tertentu, doa dan dzikir setelah shalat wajib, atau doa istighfar dan membaca Al-Qur’an. Kelalaian inilah yang membuat mereka saling menimpakan penyakit ‘ain tanpa mereka sengaja, walaupun mereka itu merupakan keluarga dan kerabat misalnya pancaran sorot mata kekaguman saat mereka menyaksikan sesuatu yang mereka kagumi. Apalagi jika mereka tidak mengucapkan Ma Syaallah Tabaaraka Wataala saat itu.



4. Karena Ruqyah ini penting untuk mengobati orang - orang yang menderita berbagai macam penyakit.



Karena boleh jadi ada seseorang atau salah seorang putera, atau kerabatnya menderita suatu penyakit rohani (yang akan kami sebutkan gejala - gejalanya kemudian)

1

yang tak lain ketakutan, khususnya penyakit ‘ain bahkan boleh jadi orang itu mengingkari adanya penyakit ini dan tidak mengakuinya apalagi membayangkan bahwa ia adalah salah seorang penderitanya. Tapi penolakan itu mungkin akan berkurang bahkan hilang sama sekali jika ia mengetahui bahwa sebagian besar umat ini meninggal karena penyakit ‘ain. Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW :



اَكْثَرُ مَنْ يَمُوْتُ مِنْ أُمَّتِيْ - بَعْدَ قَضَاءِ اللهِ وَقَدْرِهِ - بِالْعَيْنِ



“Sebagian besar umatku mati karena – setelah qadha dan qadar Allah – penyakit ‘ain”

2



Ibnu Taimiyah juga mengatakan bahwa “Tak satupun jasad yang bebas dari dendam. Tapi orang tercela menampakkannya sedang orang terhormat menyembunyikannya”

3



5. Karena sekarang ada banyak peluang bagi jin untuk menguasai manusia.



Sesuatu yang sangat menyedihkan bahwa di zaman ini kita telah memberikan peluang bagi jin untuk menguasai manusia. Misalnya kebiasaan hiperbola, mengekspresikan perasaan secara berlebihan seperti rasa takut yang sangat dan datang mendadak, kemarahan yang berlebihan pada setiap kesempatan atau kesedihan yang berlebihan, tenggelam dalam syahwat dan kemaksiatan, mengganggu jin di tempat – tempat tinggal mereka, kelalaian dari mengingat Allah SWT, tidak melindungi diri dari doa dan wirid – wirid Rasulullah SAW.



6. Karena Ruqyah dan dzikir merupakan pengobatan terbaik bagi semua bentuk penyakit kejiwaan yang sekarang diderita oleh banyak orang. Seperti kecemasan, kegelisahan, kesedihan dan semacamnya. Selain itu ia juga merupakan faktor pendukung setelah Allah dapat membuat orang lebih kuat beramal saleh dan lebih mampu untuk tetap teguh dalam keimanan. Berapa banyak orang yang sekarang merasakan sulitnya ketaatan dan ibadah, misalnya melakukan shalat tepat waktu. Lalu berapa pula banyaknya orang yang menyimpang dari hidayah Allah, tenggelam dalam dosa dan kemaksiatan. Andaikan mereka itu diberi penjelasan yang baik tentang resep kenabian ini, tentulah dengan izin Allah semua bentuk penyakit kejiwaan mereka itu dapat disembuhkan. Selain bahwa ini akan membantu mereka menjadi lebih taat beribadah dan lebih kuat menghindari dosa – dosa.



7. Karena hasil dari pengobatan ini lebih terjamin dengan izin Allah. kita telah membuang begitu banyak harta kita untuk menyembuhkan berbagai penyakit fisik dan jiwa kita di berbagai macam rumah sakit dan klinik, baik dalam negeri maupun di luar negeri. Bahkan boleh jadi ada diantara kita yang jika dikatakan kepadanya: “Anda hanya bisa sembuh jika Anda berobat di ujung dunia,” niscaya ia akan mengikuti anjuran itu! Atau jika dikatakan kepadanya :”Anda hanya bisa sembuh jika membayar seharga ini,” niscaya ia kana menebusnya.



Tapi tak seorang pun diantara kita yang berfikir untuk melakukan usaha lain selain usaha medis itu yang boleh jadi justru merupakan sarana menyembuh yang paling hakiki. Yaitu melakukan Ruqyah Syariah yang hanya membutuhkan sedikit waktu dan tenaga.



Bersambung ...



————--

1

Lihat Halaman 58

2

Shahihul Jami’ 4022

3

Ibnu Taimiyah Al Fatawa (Kitab Assuluk, 10-1225)



5-14

14 comments:

kank_agus said...

Di edit lagi tanggal 17/02/05- Terdapat koreksi kesalalah harokat hadits dan koreksi text yang merancukan.

Mayasari Purmana Wulan said...

Mohon diberitahu tempat untuk ruqiah yang sesuai dengan ajaran islam , terima kasih.

Mayasari Purnama Wulan

ervan oktanto said...

asssalamualaikum saya mau tanyA tempat ruqyah di malang d mana pak ?

ervan oktanto said...

klo bisa tlmg hubumgi saya d nomor 0341 495410?085646534621/081334351787

Farid said...

assalamu'alaikum , pak tempat ruqyah di malang dimana ya???

dewi said...

Ass.wr.wb
Apa ada informasi untuk tempat ruqyah di malang?

nur k said...

tolong kami di beri tau doa-doa yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW ketika melakukan ruqyah?
bagaimana hukumnya mempercayakan rukyah hanya kepada orang-orang tertentu?(kyai,ustadz,dsb)

safrudin said...

mohon djelaskan yang lebih rinci lagi yaa masakih

yudiesthira said...

@ Ervan, Farid, Dewi : utk ruqyah di kota Malang bisa di Pesantren Gading [arah toko buku Toga Mas Malang]

ramadan said...

bila sakit baca nih sakit sembuh

mustofa sa'roni said...

untuk ruqyah syar'iyah daerah malang bisa hubungi no. 0341-9012327 / 085646550855
alamat : perum permata asri blok k-12 RT 02 RW 12, pakisjajar, pakis-kab malang...

sukarsakir said...

ust. saya mau belajar ilmu riqiyah, dimana ya tempatnya? dan berapa mahrnya

sukarsakir said...

ust. saya mau belajar ilmu riqiyah, di malang dimana ya tempatnya? dan berapa mahrnya

Santoso Production said...

Ahli RUqyah Syar'iyyah Kediri

Tempat Ruqyah di Kota Kediri

Post a Comment