SpellChek Bahasa Indonesia untuk Atlantis Ocean Mind.

on Saturday, April 2, 2005

Seringkali saya cari - cari WordProcessor yang nyaman. Paling tidak berukuran kecil, ada spellcheker-nya dan gratis he.. he.. Dan untuk yang terakhir ini saya belum menemukannya :D. Sebenarnya Atlantis Nova dari http://www.rssol.com/ cukuplah lumayan, sebagai versi gratis dari Atlantis Ocean Mind. Tetapi dalam versi gratisnya ini faisilitas spellchek di hilangkan.



Namun demikian kalau mau jahat - jahatan sedikit versi trial 30 hari dari Atlantis Ocean Mind masih tetap bisa dipergunakan, hanya saja saat awal menjalankan Atlantis dan saat menutup aplikasi ini, akan muncul jendela persetujuan evaluasi.



Jadi tugas anda jika akan menggunakan spellchek ini, pertama kali adalah mendownload atlantis dari home page resminya di http://www.rssol.com/ dan install.



Tugas kedua anda adalah mendownload database spellchek yang telah saya buatkan untuk anda di halaman Download. Jangan kawatir kalau spellcheknya ya gratis. :D.



Ekstrak spellchek yang barusan anda download itu ke dalam patch-nya dictionary atlantis. Kalau instalasi Atlantis Ocean Mind anda sesuai aturan, maka letakkan spellchek di C:/Program Files/Atlantis/SpellChek/Lex, jika ada peringatan untuk replace tekan saja Yes dengan penuh kemantapan :)).



Jalankan Atlantis Ocean Mind, kemudian klik Tool=>Options, sehingga muncul kotak Options, pilihlah tab SpellChek. Pastikan kotak [Chek Spelling as your type] yang ada di atas tercentang (terpilih), lalu klik-lah tombol [SpellChek System & Dictionaries ...], sehingga muncul kotak [SpellChek System & Dictionaries].



Lihatlah dalam kotak [User Dictionaries], apakah file userdicen.tlx sudah tersedia? Kalau sudah tutuplah, dan kalau belum tambahkanlah dari tombol Add dan carilah letak file userdicen.tlx yang berada pada folder C:/Program Files/Atlantis/SpellChek/Lex.



Klik Close kotak SpellChek System & Dictionaries dan klik OKE pada kotak Options. Maka spellchek akan bekerja secara otomatis untuk anda.



Kata - kata yang salah atau tidak terdapat dalam database akan ditandai dengan cacing merah. Klik kanan kata yang bercacing merah tersebut dan pilihlah daftar kata yang barangkali anda maksudkan. ika kata bercacing merah adalah kata baku maka tambahkan ke dalam dictionary dengan mengklik Add to Dictionary.



Anda bisa juga mengambil EXE (tanpa help dan tanpa sound) dari Atlantis Ocean Mind yang berukuran kurang dari 1 Mega ini untuk dimasukkan ke dalam disket beserta spellcheknya.



File userdicen.tlx dapat juga di letakkan di Drive ataupun Directory yang berbeda.



Kelemahan dari spellchek ini adalah proses loading awal spellchek yang agak lama, sekitar 15-20 detik dan Atlantis keihatan hang tetapi sebenarnya tidak. Tetapi setelah proses tersebut terlampaui, atlantis akan berjalan seperti notepad atau ringan sekali.



Selamat mencoba.



OS : Windows
Ukuran : 135 kb
Software utama : Atlantis Ocean Mind di http://www.rssol.com/

0 comments:

Post a Comment