Membuat Mode Read-Write Hardisk Pada Knoppix.

on Wednesday, June 1, 2005

Salah satu fungsi Distro Knoppix Live on CD yang boleh jadi merupakan fungsi yang handal adalah sebagai penyelamat data jika terjadi trouble pada sistem operasi, entah itu Linux ataupun Windows. Lebih - lebih jika data yang sangat dibutuhkan tadi berada satu partisi dimana sistem operasi bercokol. Tentunya kita sangat mengharapkan untuk dapat memindah data yang tak ternilai harganya itu ke partisi yang lain.



Tulisan ini hanya akan membahas pemindahan data pada sistem Operasi Windows. Sedangkan untuk sistem operasi Linux saya rasa tidak ada masalah karena caranyapun hampir sama.



Untuk sistem operasi Windows ada Norton Comander ataupun DOS yang bisa membaca FAT-32, tetapi pengcopian dengan model DOS terasa kurang nyaman, kadang ada saja file yang ketinggalan dan karakternyapun akan terpotong jika nama file/folder-nya lebih dari 7 karakter. Nah dengan Knoppix maka kita bisa memilah dan memilih dengan mudah file - file yang akan di selamatkan ataupun dipindahkan, dan tidak ada ketakukan nama file/folder-nya ikut terpotong.



Namun seringkali kita di buat bingung dengan knoppix yang kita gunakan, karena knoppix hanya akan membaca drive/file/folder yang ada di Windows. Sedangkan jika kita hendak menulis, men-delete, mem-paste; file/folder tujuan tidak mau menerima file yang baru, atau could not write. Namun dari kebiasaan di Linux langkah kita selanjutnya adalah login ke root dan merubah permission drive/folder tersebut. Tetapi langkah inipun akan sia - sia saja karena lagi - lagi perubahan ini di tolak mentah - mentah oleh knoppix, could not change permissions. Padahal kalau kita menggunakan disket yang telah di mounting aman - aman saja dan tidak ada masalah.



Ternyata hal ini dikarenakan semua drive dibaca Read-Only mode oleh Knoppix. Nah, untuk membuat mode read-write harddisk pada Knoppix kuncinya terdapat di desktop. Yaitu klik kanan icon [Hard Disk Partition] yang akan diRead-write, kemudian pilihlah [Change Read/Write Mode]. Jika ada kotak dialog persetujuan pilihlah tombol YES, dan lakukan langkah yang sama untuk partisi yang lain. Sedangkan untuk mengembalikan ke bentuk Read-Only mode lakukan langkah serupa pada hardisk yang dalam read-write mode tersebut.



Saya belum pernah mencoba apakah Knoppix ini mampu me-Read-write partisi jenis NTFS atau tidak. Coba saja di lakukan sendiri. Dan saya tidak bertanggung jawab jika terjadi kerusakan pada sistem operasi default anda setelah melakukan langkah - langkah diatas. Tetapi saat saya coba aman - aman saja.



Ditulis dengan KWrite dari Knoppix 3.2 Live On CD.

2 comments:

nilna said...

yang di muat disini terlalu banyak makna dan majemuk..........terlalu ruwet shg user merasa jenuh untuk membaca...........................RUWET MUMET RIBET

Agus Waluyo said...

#nilna, memang tujuannya ditulis artikel ini supaya jenuh dan mumet hehehe :D

Post a Comment