BabelPad, Unicode Text Editor Freeware Yang Handal

on Tuesday, November 15, 2005

Produk dari Babel Stone yang satu ini memang pantas diacungi jempol. Diantara freeware Unicode Text Editor yang pernah saya coba BabelPad-lah jawara Freeware Unicode Text Editor. Walaupun selama ini saya hanya menulis huruf arab, tetapi kehadiran software ini benar - benar membantu. Sebagai contohnya arabic pada ebook-ebook yang saya tulis kebanyakan menggunakan BabelPad.




Jendela BabelPad


Namun untuk mempermudah, BabelPad ini saya pergunakan bersamaan dengan FontBoard yang tutorial instalasi dan penggunaan-nya sudah saya bahas pada bagian sebelumnya. Maka FontBoard berfungsi sebagai pemeta keyboard arabic dan BabelPad adalah software untuk menuliskannya. Iya, ibarat pensil dan buku tulis. FontBoard sebagai pensilnya dan BabelPad sebagai buku tulisanya. Bagi saya kedua software ini tidak bisa dipisahkan, kecuali jika anda menggunakan Windows Arabic, Win2000 ataupun XP, maka ceritanya akan lain. Anda bisa saja tidak menggunakan FontBoard, karena Win2000 dan XP sudah di desain multi language sistem, dan Windows Arabic telah didesain mendukung penulisan arab. Tapi jika anda kebiungan untuk setting multi languagenya, maka install saja fontboard. Nah hasil ketikan dari Babelpad ini lantas bisa di copy-paste ke pengolah kata lainnya, misalkan MsWord ataupun OpenOfficeWriter.



BabelPad telah mendukung penulisan dari kiri ke kanan (Left to Right Layout) ataupun dari kanan ke ke kiri (Right to Left Layout). Jadi BabelPad bisa digunakan untuk menulis Arabic sekaligus huruf latin. BabelPad dapat juga digunakan sebagai editor HTML lengkap dengan mode Browser dan mode Edit. Tak mengherankan jika text unicode yang anda tulis bisa langsung dilihat tampilannya jika di jalankan pada browser IE yang telah diembededkan tersebut.



Selalu pergunakanlah mode Default jika anda ingin menulis. Mode ini ditandai dengan icon huruf A pada Input Toolbar. Kelebihan BabelPad adalah dilengkapi dengan Peta Karakter (Character Map) yang pada Input Toolbar ditandai dengan icon huruf U berkotak. Peta Karakter berfungsi sebagai pemeta seluruh karakter yang mendukung unicode pada suatu font. Wah mbulet ya, Maksudnya bagaimana sih? Maksudnya begini, jika anda melihat font Times New Roman, maka disitu akan diperlihatakan karakter yang didukung Times New Roman itu apa saja. Pada Select Unicode Blok pilihlah Arabic, nah maka akan ditampilkan huruf - huruf Arab, berarti Times New Roman telah mendukung font Arabic, begitu seterusnya. Untuk menulis arab, favorit saya adalah Traditional Arabic.



Peta Karakter juga dapat digunakan untuk menulis arab dengan cara mengklik satu persatu karakter, jadi buat yang kesulitan menggunakan keyboard dapat menggunakan Peta Karakter ini. Text-nya akan muncul pada Edit Buffer. Kemudian klik Insert jika ingin menyisipkan pada editor utama Babelpad agar bisa di edit dengan leluasa. Mendukung pula Beberapa Mode Unicode, contohnya huruf Alif itu pada mode NCR (Hex) akan diterjemahkan sebagai kombinasi ا sedang pada mode NCR (Decimal) ditulis sebagai ا dan pada mode UCN akan tertulis sebagai u0627. Nah mode ini akan anda temui pada beberapa web yang menggunakan tulisan Arabic Unicode. View sources-lah halaman web yang mengandung tulisan arab unicode tersebut, maka akan anda temui kombinasi angka-angka itu. Pada web ini-pun jika diview sources tulisan arabicnya menggunakan kombinasi angka-angka seperti itu. FrontPage juga langsung mengubah tulisan arab kedalam kombinasi angka pada view source-nya, tetapi pada browser akan terbaca sebagai huruf arab biasa. Namun pada Browser FireFox dan beberapa browser pada sistem distribusi Linux belum mendukung harohat sehingga untuk tulisan arab dengan harohat akan kelihatan terputus-putus.




Peta Karakter BabelPad



BabelPad menggunakan ekstensi penyimpanan TXT dengan Encoding UTF-8, UTF-16, dan UTF-32. Untuk beberapa kasus Windows tertentu, kadang walaupun telah disimpan tetapi tidak terbaca lagi saat dibuka maka centanglah kotak Byte Order Mark (BOM) pada kotak dialog save as, tetapi jika tidak masalah biarkan saja.



Program Help nya harus di download terpisah, dan software ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu untuk arsitektur Win95/98/ME dan Win2000/XP. Proses instalasinya hanya dengan meletakkan file executable (EXE) pada sembarang folder, file helpnya (berformat CHM) harus diletakkan satu tempat dengan file executable-nya tadi agar bisa dipanggil dari program utama. Setelah itu buatlah sortcut dengan cara mengklik kanan file executalbe pilih Send To pilih Desktop (Create Sortcut) maka di desktop akan muncul icon BabelPad dan BabelPad bisa anda jalankan dengan mendouble klik icon tersebut.



Saya sangat enjoy menggunakan aplikasi ini, dan fasilitasnya juga banyak, silahkan di coba-coba sendiri.



Nama Software :  BabelPad
Produsen : BabelStone
Jenis : Freeware
Website : http://www.babelstone.co.uk/Software/BabelPad.html
Ukuran : BabelPad Win98 (ZIP, 1.032 Kb), BabelPad Win2000(ZIP,1.176 Kb), dan HelpFile (ZIP, 517 Kb)



**Ditulis dengan BabelPad for Win95/98/ME**

1 comments:

Linggis said...

terima kasih infonya.saya ijin coba dulu.

Post a Comment