Linux Puppy : XFE, Linux Explorer yang mirip Windows Explorer.

on Wednesday, April 12, 2006

Di dalam bundel Linux Puppy telah disediakan berbagai File Explorer, diantaranya Rox sebagai default file eksplorernya, MTools, serta uXplor 2-pane. Namun jujur saja, saya belum ada yang sreg dengan ketiga file explorer tersebut. Saya masih berharap para developer atau yang support dengan Puppy menyediakan file explorer yang menyediakan tree browser. Memang sih uXplor 2-pane telah menyediakan tampilan yang mirip Windows Explorer atau Konqueror, tetapi untuk akses filenya masih berbelit - belit.



Namun untunglah setelah googling beberapa hari sampai “klenger” akhirnya saya dipertemukan dengan XFileExplorer atau disingkat XFE, dimana XFE merupakan file explorer yang dibuat mirip Windows Explorer. Disamping itu dari kacamata saya XFE juga mengusung semangat dari linux Puppy. Fast, Small, Good, and Easy. Explorernya berjalan cepat, ukuran installasinya kecil, mudah diinstall dan hasilnya memuaskan.




Tampilan dari XFE pada lingkungan Icewm



Untuk menginstall XFE pada Linux Puppy anda perlu mendownload beberapa library dan program XFE yang berekstensi dotpup. Yang harus didownload adalah :
1. Program XFE (350 Kb), adalah program utama XFileExplorer.
2. Fox Librarie (1Mb), untuk dotpup yang akan diinstall pada komputer, program ini sudah di bundel dengan program Shutterbug yaitu sebuah program yang dapat digunakan untuk snapshot atau mengambil gambar di layar. Librarie ini mempu menghasilkan tampilan seperti program di windows.
3. Libstdc++6 (285 Kb)
4. XFi (185 kb), merupakan program tambahan untuk melihat gambar dengan mudah. Ini adalah file kondisional, bisa di install bisa tidak.
5. Fox Adie (140 Kb), juga program tambahan untuk mengedit teks. Boleh diinstall boleh juga tidak.



Setelah selesai anda download, silahkan di install setidaknya tiga file pertama yaitu XFE, Fox librarie, dan libstdc++6. Installasinya sangat mudah, buka kumpulan file tersebut dengan Rox File Manager, double klik file yang akan diinstall. Selanjutnya ikuti step - step yang ada, maka XFE-pun sudah terinstall di dalam Puppy kita.



Hasil - hasil installasi tersebut akan muncul pada menu Start|DotPups, dan bisa anda jalankan dengan mengklik icon yang ada. Anda dapat juga menjalankannya melalui shell dengan mengetik “xfe”.



Wush.. wush.. wush.. bagaimana cepat bukan XFE dijalankan? Sayapun hampir - hampir tak bisa tidur semalaman menikmati kemudahan XFE, Fast and Powerfull.



Sekarang mari kita lihat sedikit jeroan dari XFE ini, jeroan yang lain silahkan dicoba - coba sendiri.
Yang pertama XFE terdiri dari tiga panel, yang pertmaa adalah tree folder viewer, dan dua panel file. Dimana kombinasinya bisa anda coba - coba sendiri. Anda bisa menggunakan tree folder dengan satu panel file, bisa juga anda gunakan dua panel file tapa tree folder. Panel file bisa anda tampilkan dengan icon besar, icon kecil ataupun dengan list. Anda dapat juga menggunakan thumbnail, jika anda hendak melihat file - file gambar lebih cepat.



XFE sendiri telah mendukung ekstrak dari file terkompresi ataupun melakukan hal sebaliknya, yaitu melakukan kompresi dari suatu file. XFE telah mendukung tar, tgz,tbz2,taz,gz,bz2,Z,zip,rar,dan lzh. XFE juga mendukung paket kompresi rpm. Namun untuk paket kompresi pup malah belum didukung. Hmm kita tunggu saja perkembangan lebih lanjut.



XFE juga menyediakan progress bar jika anda mengkopy dan mendelete suatu file, dan juga mendukung penggunaan trash, yang kelihatannya masih dalam tahap pengembangan. Trash berada pada folder /root/.xfetrash. Biasanya trash dari rox saya pindah juga ke trash-nya xfe supaya hasil delete dari kedua file manager tersebut menjadi satu.



Untuk membuat asosiasi file, pilih properties file dari menu klik kanan, kemudian cari tab File Association. Nah, pada bagian open masukkan nama program untuk membuka file tersebut. Contoh untuk pembuka text masukkan salah satu program yang terinstall berikut leafpad, behavier, adie, genie, ataupun program - program pengolah text yang telah anda install, maka otomatis setiap file berektensi txt akan dibuka dengan program tersebut.



Sebagai tambahan, jika dalam Linux Puppy anda sudah anda tambahkan juga Program Wine, maka untuk menjalankan program - pgrogram windows berekstensi EXE, tinggal men-double klik dari XFE, maka beberapa program sudah dapat kita gunakan.



Kalau sudah eksplorernya keren kayak gini mau apa lagi ya ? :D

9 comments:

happywijayanto said...

infonya sangat bagus sekali
bagi newbie seperti saya bisa sangat terbantu

kalo eksplorenya keren mau minta daftar file game yang bisa diinstal di linux yang online juga boleh?

tapi maturnuwun untuk infonya

achmad anton said...

masss klo untuk ubuntu h heron bisa nggak masss trus klo bisa dikasih tau caranya donkk
maksihh mas

faisal said...

infonya ajib banget

reza said...

maaf agak menyimpang. boleh tunujukin cara acces intenet menggunakan wireless lan tp link 321g dengan OS puppy ngak. kalau boleh krim ke email aku aja ya, sebulumnya terima kasih banyak ya.....

semut kecil said...

mas aq pke linux puppy yg 3.01 seamonkey
tyuz dah jalan lwt flashdisk
ehh tp nyari explorernya kok ga da sie..
gmn nie bantuin dunk

ade said...

terimakasih pak atas infonya, ini app yg sy cari. lg blajar remastering puppy 4.2. verygood article!!!

Sekhidin said...

sy pakai molinux upgrade dari puppy 421, udah sy coba semaunya sy doubkli dari rox file engga ada komentar apa. dan sy coba dari console pakai petget ada proses intalasi sampai selesai. tapi engga ada icon xfe. sy coba panggil dari console xfe juga hasilnya bash: xfe:command not found

elang said...

salam kenal, ada pertanyaan nih
Untuk XFE yang versi terbaru bagaimana cara installnya?

Agus Waluyo said...

#All, Mohon maaf itu tulisan saya tahun 2006 :D, sekarang saya sudah tidak menggunakan Linux Puppy lagi, tapi mengunakan YMLF Linux. Silahkan dicoba-coba saja sendiri hehehe :D Maaf lama g bls2.

Post a Comment