Local Server di Sekolah

on Wednesday, August 16, 2006

Saya benar - benar bersyukur bisa berada di sekolah dengan label SSN yaitu Sekolah Standard Nasional dan saat ini sedang merangkak untuk bisa menjadi SNBI atau Sekolah Nasional Berstandard Internasional. Disamping staff pengajarnya masih muda - muda dan penuh energik (ye.. promosi) juga fasilitas yang lengkap. Salah satu fasilitas yang sering saya pakai adalah internet sekolah. Beruntung nich ye.. soalnya hobi saya kan searching dan browsing atapun Googling, Yahooing, Allthewebing hahahaha gak ada ya?



Nah kalau sudah ribet - ribet cari informasi sana, informasi sini rasanya eman juga bukan kalau dilewatkan percuma. Lebih - lebih manajemen data kadang juga agak ribet. Nah, dari pada bingung akhirnya salah satu komputernya tak installi apache, php, dan mysql yang sudah terbundel dalam satu paket XAMP.



Cerita selanjutnya bisa ditebak, semua program hasil download tersebut saya masukkan di server local itu, ditambahkan juga file - file hasil download yang telah silam. Maka jadilah server local. Rencana saya mau saya kembangkan menjadi pusat sources semua bidang study dan ilmu pengetahuan yang sangat berguna untuk menopang pendidikan di sekolah. Saya berharap keberadaan local server itu bisa menjadi alternative yang memudahkan guru maupun siswa untuk mendapatkan informasi yang cukup lengkap. Memang perlu butuh waktu yang tidak sebentar tapi kalau mulai dikumpulakan sedikit demi sedikit bukahkah lama kelamaan akan terpenuhi juga.



Sementara yang sudah saya masukkan adalah


  • Chat local dengan phpmychat yang anggap saja mirip mirc serta php-121 yang mirip yahoo mesenger.
  • Al quran lengkap under web, hadits arbain, Situs ilmu komputer, chord guitar, tutorial lengkap desain grafik dan beberapa situs pendidikan.
  • Tersedia download softwre dan permainan menarik.
  • Bermacam - macam tutorial, pokoknya menemukan apa saja yang menarik harus masuk ke server local. :D



Target ke depan akan saya buat mail local, dan local - local yang lain. Namun begitu saya tambahkan juga sebuah cms mini yang penting bisa men-submit berita, serta memiliki kategory dan papan pesan. Ya.. supaya kreasi anak - anak bisa tertampung semua. Keinginan saya lainnya adalah semua karya anak - anak dalam format digital akan masuk ke portal local itu? Kalau sudah mantap rencana kedepan karya - karya anak itu baru di OL. Semoga semuanya lancar.



Note: tengah utak - atik server local.

3 comments:

kaka' said...

pak...tolong kasi tau donk caranya??? mw buat tugas akhir ni:(

fahrudin said...

Salam kenal...
Menarik juga nih..membaca tulisan tentang local server yang mas agus tulis.
ajarin saya bagaimana cara membuatnya...saya pingin tau:
1. instalasi server local
2. cara menyimpan file ke local server.
3. gimana biar file tsb bisa diakses komputer lain.
4. Setting IP LAN juga.
saya dah coba tapi lom bisa....

terima kasih atas bantuannya.

Agus Waluyo said...

#kaka dan fahrudin... gunakan saja XAMPP atau aplikasi server yang lain, gampang kok, terus baca saja tutorialnya, untuk mengakases intranet gunakan alamat http://namacomputer/

Post a Comment