Selamat Datang Ramadhan

on Thursday, September 6, 2007

Alahamdulillah ternyata ramadhan sudah di depan mata, berkali-kali aku berdoa, “Ya Allah, semoga aku dipertemukan dengan Ramadhan kembali.” Rasanya bulan-bulan ini aktifitas ibadahku agak menurun, dan berharap semoga ramadhan kali ini bisa menajdi momentum yang tepat untuk menyegarkan kembali segala aktivitas ibadah. Tentunya tidak di awal - awal ramadhan saja, tetapi di sepanjang ramadhan. Karena aku rasa hampir sama, rata-rata di awal dan akhir ramadhan saja semangat itu muncul, tetapi di tengah-tengah ramadhan mulai redup kembali.



Nampaknya ramadhan kali ini aku harus ada target. Kalau tidak ada target aku khawatir ramadhan ini akan mengambang kembali. Target pertama tentunyahatam quran dan planing yang kutulis harus hatam dengan artinya. Paling tidak kalau tiap habis sholat membaca dua lembar pasti dalam sehari hatam satu juz, dan kalau satu bulan genap sudah 30 juz.



Target kedua adalah menata hati kembali dan menanamkan dalam diri bahwa Allahlah yang membolak-balikkan keadaan manusia, yang membolak-balikkan hati manusia, semua hanya dari Allahlah. Karena aku merasa, rasa berserah diriku kadang masih kurang. Sekedar cerita aku memiliki seorang teman, duh rasa berserah dirinya kuat sekali, dia rela dihentikan dari perusahaannya karena tidak mau dipindah kerja, karena kawatir jauh dari keluarga. Padahal perusahaan tersebut cukup terkenal dan penghasilan perbulannya juga besar, tetapi apa, ternyata kawan saya itu lebih memilih berhenti bekerja dengan alasan bahwa yang memberinya rejeki bukanlah perusahaan tersebut. Allahlah yang memberi rejeki dan teman saya itu tidak begitu kawatir akan hal tersebut. Duh rasanya aku sangat jauh dari benar-benar berserah diri pada Allah.



Karena kadang kita setelah berusaha mati-matian untuk mendapatkan hal yang diinginkan, eh.. ternyata meleset pasti terbersit rasa kecewa yang dalam, tapi aku pikir tidak baik juga lama-lama kecewa karena hasil akhir semuanya ditangan Allah, Ya, manusia hanya berusaha saja.



Target yang ketiga adalah menenangkan hati. Mudah bingung, mudah groggi, bimbang dan was-was adalah sifat manusia, makanya saya berharap ramadhan kali ini bisa menjadi penyetabil hati, penyelaras fikiran sehingga bisa membuat sikap keseharian menjadi lebih baik.



Target keempat adalah iktikaf, saya nggak tau bisa terealisasi apa tidak, tetapi aku berharap bisa beriktikkaf walaupun cuma sehari, karena, aduh, banyak sekali kesalahan yang kulakukan selama ini.



Aku rasa itu dulu target ramadhan kali ini. Karena kalau banyak-banyak takutnya malah nggak tergapai. Aku sangat berharap doa dari para pembaca semua, yang sempat mampir ke web saya, smoga ramadhan kali ini bisa benar-benar ku genggam. Hmm minta doanya ya? Sayapun akan mendoakan hal yang sama buat semuanya. Amin.



Bismillahirrahmanirrahim, mari persiapkan diri songsong Ramadhan.

2 comments:

zahra said...

selamat menjalankan ibadah puasa, salam kenal dariku

kank_agus said...

sama-sama, Salam kenal kembali :)

Post a Comment