Gyachoo Semirip Yahoo Messenger di Linux

on Thursday, September 6, 2007

Aplikasi ini kayaknya cocok banget buat pengguna YahooMessenger di lingkungan Linux. Dengan tampilan agak mirip dengan YahooMessenger Gyachoo membawa kenyamanan tersendiri dalam berkirim Messenger. Software ini dikembangkan oleh orang indonesia dari gyach dan gyachi yang jarang saya pergunakan, karena dalam keseharian saya lebih sering menggunakan Gaim yang sekarang berubah nama menjadi Pignin ataupun menggunakan Meebo.



Tetapi kemarin setelah sukses install Gyachoo rasanya nyaman juga menggunakannya karena nuansa YahooMessenger yang begitu kental di software ini. Katakanlah untuk masalah sound jika ada kawan YM yang login ada suara tok.. tok.. tok ataupun kalau ada yang out terdengar suara pintu ditutup. Dari segi status juga lumayan bisa menampilkan status XMMS yang lagi mutar lagu. Tetapi sayangnya disana tertulis kalau kita sedang Away yach namanya juga masih versi 1. Kabarnya Gyahoo ini support dengan webcam ataupun ngobrol lewat suara, tetapi saya belum pernah mencoba. Waktu saya coba connect dengan kawan saya yang menggunakan YahooMessenger untuk fasilitas voice chat, saya belum berhasil. Sedangkan webcam memang belum saya coba karena AcerOrbicam integrated yang saya miliki belum ke detect oleh Ubuntu. Atau bolehlah dikatakan saya belum tau bagaimana cara mendetect AcerOrbicam saya di Ubuntu, akhirnya saya belum bisa nyoba apakah Gyachoo ini mendukung webcam apa tidak.



Tetapi memang masih banyak kelemahan yang dimiliki oleh Gyahoo ini, saya merasa software ini berjalan kurang stabil, misalkan dalam menampilkan nama list daftar YM masih terasa berat. Preferen-nya juga masih kurang sempurna, karena kalau kita Save Gyahoonya akan hilang.



Tetapi secara keseluruhan software ini cukup bagus jika dikembangkan. Smoga saja keluar versi terbaru yang bisa memperbaiki bug yang dimiliki. Tetapi kayaknya pengembangnya lagi konsen menyelesaikan sistem operasi sindos. Kita tunggu saja.



Gyachoo dapat anda temukan di http://gyachoo.sindos.web.id dan silahkan pilih paket installasi yang cocok untuk kebutuhan linux anda, disana ada paket Tarbal, paket rpm dan paket deb.



Namun waktu saya install di ubuntu Gyachoo ini kekurangan plugins libltdl.so.3 dan sayapun tinggal memasukkan baris perintah di console
sudo apt-get install libltdl3
dan Gyahoo-pun sudah berjalan



Gyachoo
url : http://gyachoo.sindos.web.id
Download : http://gyachoo.wordpress.com/unduh-download/

26 comments:

Pratama said...

Iya lumayan Gyahoo, tapi kok gak ada versi selanjutnya ya?

kecrexz said...

bos carana install gyachoo di xandros oce gimana ???
kirim via email yaa ke ke_crexz@yahoo.com

aroch said...

tolong kirim langkah-langkah meng-install gyachoo pada linux PC/OS.trims

putrablora said...

waduuh.... ko ga sa di dunlut.. bantuin donk, , gw dah pake kopete, tapi jeyek hasil camerana :((

Mikocoxs Oke said...

Hehehehe...para pengguna Linux di dunia masih primitif....blm bisa chat pake Webcam ato bertatap muka,dmn dijaman sekarang udah pada canggih.sebagian besar pengguna internet chat lwt YM krn di dukung dg webcamnya....satu lg yg tertinggal dr para pengguna Linux adalah bermain CAMFROG,hehehe lagi2 Linux kalah. Linux Payah.......Driver2nya jg susah mendukung hardware jaman sekarang.hahahaaaa.

Pandu Rakimanputra said...

@mikocoxs oke

Maklum om, saya orang miskin... bli mikocoks aja gak sanggup. Mahal banget, blum beli office, truz laen2..

Jadi pake linux juga udah puas banget koq.

Sama saya gak paham pirus2an om, jadi pake linux aja deh...

dudunavi said...

@mikocoxs oke; @Pandu
Eh pirus itu kayanya pernah denger deh. Barang primitif ya? Lama nih ga ketemu pirus semenjak pake linux.

irfan9727 said...

@Mikocoxs Oke Chat pake webcam? Duh, apaan ya Skype itu, terus Ekiga itu apa, kok ajaib banget, bisa pake webcam! YM? Jalanin aja YM pake wine! Camfrog juga lancar jalan di Wine!
Linux PRIMITIF? duh, gak pernah pake linux ya? Compiz primitif? Multitasking-nya linux lebih bagus daripada windows!

Driver? Jangan salahin linux-nya, salahkan produsen hardwarenya, gak bikin driver untuk linux.

Hardware BARU? Kalau hardware baru 99% langsung kedetek tanpa install driver dari cd kaya' windows yang "primitif"*. Masalah GPU NVIDIA/ATI/Wi-Fi Broadcom gak kedetek? Pasang Proprietary Driver, beres.

*dicoba di Ubuntu Linux 8.10, distro paling simpel dan komunitas terbesar di dunia.

So, jangan salahin linuxnya dulu!
Bales ketawa: muahahahahahahaha!

Mandrivian said...

Ga usah maen salah2an dah...
masing2 punya kekurangan-nya sendiri2
mgkn dari segi keamanan data...linux lebih unggul...
cm dari jumlah aplikasi yg tersebar...mgkn windows lebih unggul...
walaupun begitu sekarang udah bnyk bgt aplikasi buat linux lho.

kl prinsip gw sih...dari pada pake bajakan ( takut ga halal - termasuk hasil yg diperoleh berkat bajakan tersebut ), mending pake yang asli.

Alhamdulillah, gw pake linux dah lama bgt...
dan ga ada masalah...
dari blom ada compiz smp skrg desktop gw jadi 3d
dan smakin bnyk aplikasi nya...

bravo linux...

Cukong said...

Linux payah? gak juga tuh, saat ini gw baru skype sm kakak gw di Jepang dengan cam dan voice... no problem kayaknya sih, ubuntu gw ada google earth, gimpshop, vlc dan sebagainya, tanpa perlu wine. Kalo masalah pirus santai aja dah, repot bgt tiap minggu sekali harus nge donlod updatenya.

tuoolloonngg said...

aku cuman pengen donlot YM waaaaad LINUX...
aku pake linux blankon ... tolong tunjukkan LINUX bs pake YM-an
tuuooollllooonnggg..................!!!!!!!!!!!!!!

Newbie said...

Pake pidgin aja..trus install gaim guification plugins..dah okay deh...klo cari YM ataw variant yg mirip banget YM di linux..wah..masih develop kayak na..:D

Happy testing

aghe milano said...

@irfan9727,"Camfrog juga lancar jalan di Wine! "wah kasih trick nya dong,saya dah coba camfrog running dgn wine bs login cm ga bs msk room??satu lagi webcam tdk bs terdeteksi di wine,tlg ya :)

salam
aghe milano

bagosbanget said...

Oke lah,,, Makasih infonya,,,

odell said...

gmnpun juga windows emang lebih mudah,,, bukan karena "mudah" tapi masalah kebiasaan aj, dan memang dibuat untuk orang yang membutuhkan komputer untuk menunjang kerja profesinya ato buat ABG yang bisa nya cuma begaya n mengeluh doang...,,,,bukan untuk orang yg mau mendalami sistem komputer lebih jauh
ponakan gw umur 5 thn gw kasih linux dia malah ga ngerti windows,, ga jago, tapi udah biasa pake linux,,, lagipula linux sekarang emang bener2 user friendly....
sekali instal urusan selesai,,,, ada yg kurang tinggal update aj,,
windows punya segudang software hebat, tapi sayang nya ga terjangkau harganya,,,, akhirnya pake bajakan,,,
bangga rasanya bisa mencicipi software 5 jutaan dengan gratissss,,,
kelemahan linux saat ini menrt gw cuma di games aj,,,
akhirnya,,, orang yg Mengerti linux PASTI Ngerti Windows,, Ngerti Windows belum tentu Ngerti Linux,,
Ga mau ngerti LInux, itu orang Bodoh,,, ga ngerti dua2 nya.... ke laut aj lu

curutz said...

thanks inponya

wahyu said...

Salam
Saya baru 2 Minggu resmi pakai U Buntu
Alhamdulillah, lancar2 sajah
kalau ditanya mana bagusnya antara U Buntu dengan produk Microsoft, jawabnya adalah semuanya bagus
Ok ..

damayanti said...

aku baru coba fedora 10 signal wifinya kok kecil ya,padahal klo pake windows besar,apa ini kelemahannya ya?

j4blud_kl1w0n said...

windows ? linux ?
kalo biasa makan nasi, walo dah makan bakso 3 mangkok lalu ditanya dah makan lom ? jawabnya pasti belom. jaringan di sekolah gue dah pake linux smua. server maupun client. router pake smoothwall. cem macem client-nya. ada ubuntu, zencafe/zenwalk, slax, sidux. pokokna es mambo, nasi campur. oke2 aja tuch ...

j4blud_kl1w0n said...

im ? gue pake GYachE Improved versi 1.2.2. yang mendukung smua fasilitas YM.

andi said...

(Hehehehe…para pengguna Linux di dunia masih primitif….blm bisa chat pake Webcam ato bertatap muka,dmn dijaman sekarang udah pada canggih.sebagian besar pengguna internet chat lwt YM krn di dukung dg webcamnya….satu lg yg tertinggal dr para pengguna Linux adalah bermain CAMFROG,hehehe lagi2 Linux kalah. Linux Payah…….Driver2nya jg susah mendukung hardware jaman sekarang.hahahaaaa.)
-----------------------------------------------------------------------
Aku bangga pakek linux selain gratis kita bangga karna menghargai karya orng lain tanpa bajakan.
buat Mikocoxs Oke: paling2 km pake windows bajakan?

"MANUX" Masyarakat Pengguna Linux KSB said...

Kok pada bangga sexh gunakan Windows bajakan, ciptakan sendiri dong OS yg open kayak gw pakai ubuntu, skarang dah 9.10 ok bgt, windows ke laut aja, di indonesia mah pada bangga pakai bajakan.

maxx said...

oalah, kok malah debat Linux - Miko ya... :D
udah2, kalo debat kusir ntar gak bakalan selesai... hehehe...

bantuin saya donk, kok Pidgin gak bisa login di Slackware 12.2 ya?

alief said...

kok malah debat masalah linux vs windows sie....., semua ada kurang lebihnya. tapi aku tadi ksini nyari aplikasi ym with cam linux base :(

Geek stink breath said...

coba directX di open source-kan... gaming bukan hal yang impossible di linux...
mau pake linux ato winshit no problemo tergantung cita-rasa masing2...
~!@#$%~!@#$%

ListaX said...

Kenyaaaaaaang banget dehh baca temen2 Linuxer.....
Pokoknya Linux paling TOP BGT....
Ga nyesel gw utak atik Linux....

Wind****.. hhmmm.... klo cuma buat maen sih bolehh..
tp klo buat seriuss... hmm... masih bahenol Linux....
wkwkwkwkwwkwkwwkwk

Post a Comment