Belajar Director

on Wednesday, January 2, 2008

Bukan belajar menjadi seorang direktur lo, tetapi lagi asyik belajar Macromedia Director. Saya sudah cari beberapa bulan software apa yang bisa menggabungkan semua resources yang saya miliki, seperti film pembelajaran, flash, gambar-gambar, saya bingung antara Macromedia Authorware dengan Macromedia Director. Awalnya saya lebih seneng menggunakan html kemudian dipaket menjadi exe dengan sebuah software.


Setelah ubek sana ubek sini kayaknya Authorware adalah software yang bisa dibuat untuk menyatukan semua resources yang saya miliki tersebut. Tetapi setelah download authorware malah bingung bagaimana cara menggabungkan semuanya ini. Saya yang nggak faham maksudnya.



Akhirnya saya ubek-ubek lagi dengan search enggine, dan nampaknya Directorlah jawabannya. Kalau di terjemahkan director artinya pengatur atau sutradara. Director nampaknya mampu menjadi sutradara semua resources yang saya miliki sehingga saya yakin kalau mampu memahami director dengan baik semua resources yang saya miliki bisa menjadi sebuah media pembelajaran yang interaktive. Karena dalam director bisa diincludekan flash, powerpoint, audio, movie tiga dimensi dan lainnnya. Disamping itu dari director dapat dibuat bentuk executable dan dapat di autorun dari CD, sehingga pembelajaran akan lebih mentarik. Rasanya pas kan kalau seorang guru mepelajari director.



Hmm.. masih utak - atik nich…

70 comments:

tri said...

tolong kirimi aku software macromedia aurhoware 6,kirim lewat email ya!!!

ika ch said...

assalamu'alaikum wrwb
ana butuh e-book macromedia director...untuk belajar. tolong banget yah! ana sangat membutuhkannya! kirim lewat email yah! ana tunggu! syukron.jazakallah ahsanal jaza'.wassalamu'alaikum wrwb

ika ch said...

assalamu'alaikum wrwb
ana butuh e-book macromedia director...untuk belajar. tolong banget yah! ana sangat membutuhkannya! kirim lewat email ! ana tunggu! syukron.jazakallah ahsanal jaza'.wassalamu'alaikum wrwb

taufik said...

ass. saya seorang pemula yang ingin betul belajar director, tolong dong saya minta tutorialnya bagi pemula atau alamat web mana yang bisa saya kunjungi untuk mempelajari ini?trimakasih

hani said...

tolong kirimi saya tutorial macromedia flash4 ya pleasa

lela haliya said...

pengen belajar macromedia director

Santosa said...

saya pake bukunya hendy, bagus banget. tapi kalo ada yang punya ebook lain, tlg saya di beri donk..

Sandi said...

Selamat Siang,
Salam Kenal....
Saya merupakan mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah skripsi dengan mengambil bahasan program macromedia director, sama seperti teman yang lain ini merupaka hal baru buat saya, untuk itu mohon bimbingan dan arahannya.
Saya sangat membutuhkan free software dari macromedia director tersebut dan kalo bisa disertakan e-book dan tutorialnya ke alamat emai saya.
Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Membuat CD Interaktif dengan Macromedia Director (introducing session) | Master Mister ndru said...

[...] untuk sesi yang pertama ini terlebih dahulu akan memperkenalkan macromedia director dan contoh aplikasi yang jadi (tapi cuma screenshotnya saja). Tulisan ini dibuat berdasarkan [...]

master mister ndru said...

director is powerfull software....

master mister ndru said...

salam kenal mas...sory backlinknya mas :-)

faruq said...

asSalamu'alaikum,,
pak, minta mac. director-nya donk..kalo ada sekalian tutorialnya.
Kirim ja ke email saya..
syukron sebelumnya_

suhardiman said...

Udah lama kesengsem ama macromedia director MX. gimana mulainya ya? pake adobe captivate nggak maximal tuh untuk ngajar.... please tutorial macromedia director MX, klo bisa aq juga mo nyebaran ilmu ke kawan untuk media pembelajaran. pleeeeeeaase banget.

Agus Waluyo said...

Seperti saran #7 Mas Santoso, bukunya hendy bagus, judulnya The Magic Of Macromedia Director, tapi harganya agak mahal sekitar 60 ribu.

Behaviour di Macromedia Director | SMK PGRI 1 NGAWI said...

[...] mouse lebih didominan dalam pemakaian aplikasi/presentasi. Interaksi pointer dengan tombol dalam director disebut dengan action. Fungsi action dalam director sendiri adalah menyatakan suatu kondisi pointer [...]

analucya said...

met siang mas!!
bleh g' saya minta software macromedia director 11?
krimin dong. Tx y@

ais said...

mas saya boleh minta tutorial mac. director ndak??? saya minta donk mas. saya punya tapi cuma dikit. kirim ke e-mail saya ya mas. soalnya mau saya pake buat ukk besok. makasih sebelumnya.

Agus Waluyo said...

#analucya.. wah maaf nich saya tidak bisa share dengan alasan softwernya lisensi.

#ais, beli aja bukunya hendy, bagus banget tapi lumayan mahal untuk anak kuliah, 70rb-an.

roxytahrir said...

Asw, mas minta tutorial director dong.

alvas said...

MAS SAYA LAGI BIKIN CD INTERKTIF,,gmn caranya bikin cd interaktif yang bagus dan menarik...
ow ya mas ad referensinya gak..

mas saya udah bikin projector,udah di publish tapi kok masih ada macromedia nya dan tidak full screen ,,gmn caranya biar full scren dan langsung muncul cd interaktif tanpa ad macromedia..
kirim ke email saya ya mas jawabannya
thanx

edies said...

Ass.
Mas, mau tanya. Sy baru saja mencoba membuat buku kenangan dalam bentuk digital dengan Director. Ada satu permasalahan. Yaitu bagaimana memasukkan foto pada kotak teks, sehingga ketika scrool kita naik turunkan foto tersebut juga ikut sebagaimana teksnya.
Trims banget!
Wass.

anggita said...

pak minta tutorial macromedia director dong. kirim lewat email aja ya pak?

Suryo said...

Ass.......mas, mta tlong bisa kirimi saya macromedia director terserah yg seri berapa aja...trims

tuti said...

Assalamu'alaikum....,Pak saya mohon bantuannya,minta dikirimkan software macromedia director. 3D MAX jg mau klw ada.kirim ke email saya ya pak,
trimakasih sblmnya

dhen2bagus said...

salam kenal N sucses...
mohon bantuan dan pencerahannya mas...
file project yang saya buat tidak dapat di jalankan di komputer lain padahal file dan xtrasnya sudah saya copy kan apa yang salah..saya meggnaka macromedia director mx 9..
versi berapa yang mudah di gunakan cz saya pernah menggunakan versi 10 tp ada tulisan sockwafe error or ketika di publish ga bisa..
file yang saya gunaka mpeg dan psd,flash dll..
makasih atas bantuannya...

tieca said...

tolong ya, yang punya artikel authoware untuk pemula(apa jha ttg authoware) , cz q lgi butuh banget nich, belajar authoware. krim lwt email q jha ya. makasiiih banyak

al3n said...

misi mas...gw mw nanya ni...gw udah download director mx 2004 koq stelah di install, koq g ada create projectorna ya??pdhal gw udah ikutin ref buku mas hendi...ples help me..thnks...

agung said...

bisa kasih aku contoh program tampilan antar muka g'?butuh bgt ni....

ari said...

pak minta tutorial director mx dan klo bisa minta contoh2 projectnya ya?ditunggu balasanya,thank's

Rochma said...

rochmacom.blogspot.com, saya punya blog yang berisi tentang director, tapi masih dikit isinya krn masih new bie... buat temen temen n pak agus mohon saran nya ya, silahkan lihat blog saya di : rochmacom.blogspot.com

Rochma said...

Buat al3n , klo di director mx 2004 pakenya file ---> publish setting dulu, lalu klik yang kotak Projector lalu publish.....

Adex said...

terimakasih

Asty said...

Tolong diberi pengetahuan tentang mac.director yach,butuh banget nie

Yomi Ramadhona said...

ada bukunya gak????

dede said...

kjatrok Qn nyari tuttorial bukan comment

andi said...

gw da contohnya... n gw lagi buat project company profile, n cd tutorial interaktif pake director mx

dhen2bagus said...

salam succ pak...
sy sedang membuat skripsi..mhn pencerahannya, bagaimana caranya memanggil file yang berformat pdf,, mksh pak,,
mdh2an bpk sllu dimudahkan segala urusannya...amiin

AGUS MA'MUR said...

salam kenal.. boleh minta tutorial macromedia director mx 2004. terima kasih sebelumnya

nuswantoro said...

lam kenal semuanya tutorialnya bisa didownload di www.webbstuff.blog.com bentuk iso 300 mb klo xtrasnya kasih linknya ke email

brajan said...

lam kenal

sambas said...

assalamualaikum,, pak minta tutorial macromedia director dong. kirim lewat email aja ya pak?

indra saputra said...

pak minta software mc director mx nya donk....soalnya dah beli buku tapi belum sempat praktekin

nunky said...

gmn cara nampilin swf dr ppt di director,ko mnta flash 8 trus,pdahal sy pke flsh 10
tq b4...

effendi said...

selamat siang,
saya sudah membeli buku anda tentang macromedia director. permasalahannya, saya ingin bertanya, Bagaimana cara membuat menu seperti yang ada di explorer XP?
tolong bantuannya...terima kasih

anto said...

tolong ajari gmna cara download buku m.director gratissss...
kirim lwt email ya...


thx...

megga said...

mett pagii,,,,
boleh saya minta sofware dari director takk...
dari itu mohond dikirimkand ke email saya..
dan juga low ada sama tutorialnya..
terimakasih

slamet said...

makasih infonya ...

jigoku said...

ada yang punya tutorial pembuatan aplikasi interaktif dgn macromedia authorware 7??

pls reply,,
thx

riska said...

mas saya ingin membuat cd interaktif,dan saya membaca ada software macromedia director tpi sya blm pernah menggunakanya..
bisa minta tutorial macromedia director ga,klo ada sekalian master softwarenya tlg kirim ke email ya...

Agus Waluyo said...

Mohon maaf untuk semua yang minta tutorial Director, silahkan membeli bukunya Hendy saja dengan judul Magic Of Macromedia Director, kisaran harganya 60-70 ribu.
Ini Preview-nya
http://www.hendihen.com/book/dir-full.jpg

Kayaknya ini adalah buku Director terbaik yang pernah saya ketahui.

Ibrahim said...

Punya tutorial update data di Director pake XML g?

Gustav said...

Salam Kenal kk..aq laginyari2 tutorialnya director nh..kira2 kk punya linknya g???

jaka said...

makasih infonya. Saya tambah semangat untuk buat tutorial online

rio said...

mau tanya cara membuat scrollpage gimna caranya?? makasih sebelumnya

aguz aza said...

asalam..
kang saya btuh tutorial macromedia direktor coZ sya ada tgas bwat media tu mhon konfirmasinya ke email saya.. ya kang ^_^.
thankz..

Agus Waluyo said...

#All
Mohon maaf untuk semua yang minta tutorial Director, silahkan membeli bukunya Hendy saja dengan judul Magic Of Macromedia Director, kisaran harganya 60-70 ribu.
Ini Preview-nya
http://www.hendihen.com/book/dir-full.jpg

Kayaknya ini adalah buku Director terbaik yang pernah saya ketahui.

asep abidin said...

asSalamu’alaikum,,
pak, minta mac. director-nya donk..kalo ada sekalian tutorialnya.
Kirim ja ke email saya..
syukron sebelumnya_

fauzan said...

gan link nya eror

gan cara bikin majalah digital pake adobe director ya

ada tutorialnya gak gan aku pengen dong

bukunya bahas tentang apa aja gan?

willyams said...

sya ada nich link download macro director MX 2004..??
hub/sms : 087871244211 - 081374919993

mahmud said...

saya sudah buat media pembelajaran dengan macromedia director mx 2004, tapi nampaknya tidak mendukung file swf 8,9,10 ke atas,bisa bantu sripnya atau plug in ?

Hendi Hendratman said...

Salam buat semuanya, buku tentang director edisi revisi terkini ada di http://www.hendihen.com/book/director.html. selamat belajar

Agus Waluyo said...

@Hendi, Wah kunjungan dari Bos-nya seri The Magic, salam kenal Pak. Saran saja Pak, dari pada bikin edisi revisi, mending terbitin Seri II, dengan sedikit project yang agak beda. Karena dulu awal 2008 beli yang edisi awal, eh beberapa bulan kemudian muncul edisi revisi. :D

koleksi artikel said...

Thanks bro, informasinya berguna banget.
Kapan-kapan saya akan mampir ke blog ini lagi. Ijin sedot yah... :)

zakki said...

ada yang tau ga cara agar waktu kli tombol button maka akan auto print file .pdf

Agus Waluyo said...

Maaf mas Zakki saya sudah lama tidak mempelajari Director. Barangkali ada yang bisa membantu?

Pelatihan di Malang said...

Bolehkah pembaca mengirim tulisan ke media ini, dan apa saja syaratnya? Apakah ada persyaratan tertentu yang wajib ditaati oleh pengirim tulisan?

Atas perhatiannya kami sampaikan terimakasih.

Agus Waluyo (Admin) said...

@Pelatihan di Malang, boleh silahkan dengan senang hati. Kirimkan saja tulisannya/tutorial ke email saya di kank_agus@yahoo.com. Tidak ada syarat khusus yang penting tulisannya bermanfaat. Terimakasih.

arni said...

maaf aku kurang mengerti tolong di perjelas

edi said...

ada buku tentang director mx nggak ,,tp bukan e-book

Sariminsarno-sarimin.blogspot.my said...

Salam
Terima kasih.
Saya dan keluarga memulangkan kepunyaan kamu yang ada pada kami.

Post a Comment