Tips dan Link buat belajar Inggris

on Sunday, May 4, 2008
Bosen, itulah ketika saya masih SMP dan SMA dulu waktu pelajaran bahasa Inggris. Bahkan waktu kuliah pelajaran yang paling tidak saya sukai adalah Bahasa Inggris. Kosa kata minim, apalagi kalau guruku dulu ngasih tau, "Ayo, iregular verbs-nya dihafalkan, besuk akan di test satu persatu, ampun deh. Maklumlah saya dulu komputer blom ada, apalagi internet. Padahal yang asyik itu kalau ada cerita kemudian kita terjemahkan. Nah sekarang ketika internet sudah mulai murah, kita bisa mengambil berbagai cerita dengan mudah, kemudian mencetak dan mempelajarinya. Dengan begitu kosa kata yang kita miliki akan bertambah. Setelah kosa kata kita miliki baru belajar tenses. Itu saya, barangkali orang lain akan berbeda-beda.

Nah sebelum mengenal tenses, bicara saja apa adanya, menulis juga apa adanya, saya rasa tidak masalah salah, karena kita akan belajar dari kesalahan itu. Dan saya rasa kalaupun orang asing bicara dalam bahasa indonesia, walaupun bahasa indonesianya kacau balau, kita pasti menangkap apa maksudnya. Nah tuh kan jadi yang penting ngomong aja dulu.



Yang kedua cari partner buat ngomong. Karena kalau g ada partner rada-rada susah, kalau g ada partner beneran ya mending nulis saja. Dalam bahasa inggris tentunya. Karena dengan menulis kita akan berusaha membuka kamus dan secara otomatis akan menambah perbendaharaan kata.

Kamus
Di ranah maya ini ada banyak sekali software kamus. Software kamus yang pertama saya jumpai adalah Linguist. Waktu itu linguist adalah program yang databasenya paling lengkap. Saya tidak tau pastinya tetapi kata-kata yang ada di Linguist pasti ada di Kamus Enggris John Enchol dan Hasan Sadili, dan sebaliknya kata-kata yang tidak ada di Linguist pasti di Kamus Enggris John Enchol dan Hasan Sadili juga tidak ada. Tetapi memang keterangan yang disediakan lebih lengkap di Kamusnya John Engchol dan Hasan Sadili itu. Program berbayar ini kayaknya sudah jarang dipakai, karena memang sudah banyak freeware yang lain.

Disusul kemudian kamus Indict, indict ini adalah kamus paling gila pertama yang saya temui, databasennya banyak banget bahkan sudah mendukung penterjemahan frasa. Gratis lagi, dan databasenya juga disediakan cuma-cuma. Memang sih, database dasarnya masih sama dengan Linguist, tetapi tambahan frasenya sangat banyak. Karena database-nya yang disediakan cuma-cuma ini maka beberapa software kamus kayaknya mengambil dari indict. Tapi tidak tahu pastinya sih, karena setelah tak cocokan ternyata hasil frasanya sama, namun ketika tak lihat creditnya kok gak ada ya, makanya saya g tau siapa yang mengcopy dan siapa yang mempaste, atau jangan-jangan nulisnya bareng-bareng kali.

Stardict juga software kamus yang bagus, tetapi sayang databasenya kurang bagus, dan sampai saat ini saya masih kesulitan menambahkan database kamus ke dalam stardict, kalau database kamus Indict bisa dimasukkan stardict wah pasti Stardict jadi kamus yang terbaik. Nanti saja saya berikan link-link khusus buat kamus inggris indonesia dan sebaliknya.

Tetapi diantara kamus-kamus tersebut yang paling mudah memang produk dari Alfalink ataupun sejenisnya, karena proses pencarian katanya sangat singkat, dan tidak perlu harus menghadap komputer.

Link
Berikut ini saya list beberapa situs yang bisa digunakan untuk sarana belajar enggris. sementara ini dulu, nanti bisa ditambah.

  1. 100 Moral Stories dari www.islamicoccasions.com yang berisi cerita-cerita islam penuh makna dalam format PDF anda tinggal mencetaknya saja.

  2. Storynory.com Natasha tanpa kenal lelah membacakan dongeng dalam bahasa inggirs, ada Aladin, Alibaba, Alice and Wonderland, cerita-cerita Hans Cristian Anderson, dan lainnya. Asyiknya cerita ini dibacakan oleh natasya dan bukan oleh software Text To Speech.

  3. Kejut.com adalah situs dwi bahasa.

  4. Pedapa.com nah ini adalah situs yang digunakan untuk belajar tenses. Belajarnya g usah ribet-ribet jadi belajar inggris dengan fun.


Sementara ini dulu nanti ditambah lagi. Makanya ayo-ayo add your vocabulary now!! (Walah ngomong apa ini)

12 comments:

vee_r0n said...

wah, sekarang lagi semangatnya belajar english yah pak ?? sampai buat artikel kyk gini ahahhaha

yugo said...

s3moga c@k Yo tambah ngewes inggrise

yugo said...

Dega iku sopo?
v3roon ???sopomeneh

Agus Waluyo said...

# veroon , iya lagi belajar bahasa inggris.
# yugo, tq, dega = veron, gimana to sama muridnya sendiri kok g tahu. 8d yang senenge ngoprek komputer sak GKB :D

vee_r0n said...

woalah , pak yugo dikasi tau pak agus toh :lol:
mangkanya kaget tadi pas di masjid heheh

hery said...

okey I'll try it. hehehehehehehehe

doez said...

thank's

marji said...

thanks

datun said...

thank's for you
realy i will talk for my friends
salambuat you, dan every one that connected

pain said...

its very easy

tom said...

very good

imamatul said...

makasih ya infonya.

Post a Comment