HP LG KU250

on Monday, September 22, 2008
Sudah beberapa bulan ini saya di temani oleh HP LG KU250. Kenapa sih membeli LG KU250? jujur saja karena harganya yang 1 jutaan saja, sudah dilengkapi audio video player dan recorder, serta 2 kamera 1,3 Mp dan VGA untuk komunikasi 3G walaupun tidak pernah saya pakai.

Karena belinya kemarin asal beli saja, karena saya juga tidak seberapa "ngeh" dengan HP, ternyata agak susah cari aplikasi buat HP LG KU250 ini. Ketika pertama kali search HP model ini saya malah dihadapkan bahwa seseorang yang kecewa di detik.com, Waduh. Kemudian cari informasi di Pintu.Net juga kurang disarankan untuk membeli produk ini. Walah. Tetapi ubek-ubek lebih lanjut di Forum Ponsel, ternyata bagus juga hp ini, khususnya buat modem.

Sampai sekarang saya belum menemukan File Manager yang bagus selain bawaan dari LG, kemudian text reader saja tidak tersedia. duh.. Berbagai aplikasi coba saya install kalau-kalau ada yang bisa membaca file txt yang ada di memory, tetapi hasilnya nihil. Saya tingkatkan untuk membaca file PDF ataupun DOC, tidak ketemu juga. Ya beginilah kalau beli barang baru tahu fungsi dan kebutuhan setelah memiliki HP-nya hehehe... Tentu kedepan kalau beli HP yang sesuai dengan kebutuhan saja.

Maklumlah kemarin waktu beli aku hanya butuh buat ndengerin mp3 sama bisa foto saja. Tetapi seiring berkembangnya waktu ternyata jadi butuh ini dan itu dan seterusnya, hehehe namanya juga manusia. Kan rasanya seru saja kalau saat naik bus, atau lagi bengong membaca-baca cerita ataupun apalah yang penting bisa dibaca.

Lama saya ubek-ubek nich HP, ternyata HP ini hanya multitasking dengan beberapa software bawaan LG. Contohnya masih bisa mendengarkan musik sambil baca SMS, tapi tidak bisa mendengarkan musik sambil memfoto. Serta tidak bisa menjalankan aplikasi lain kalau kita menjalankan file Java dari menu Game & Apps. Nah untuk berpindah antar aplikasi gunakan tombol dengan simbul kotak yang berada disebelah kiri tombol panah ke kiri yang dekat dengan tombol OK.

Untuk mengunci HP yang tidak otomatis gunakan tombol dengan simbol C yang berada di sebelah kanan tombol panah ke kanan yang dekat daengan tombol OK agak lama. Jika dimintai password untuk HP masukkan kode 0000 (nol sebanyak 4 kali). dan password ini bisa dirubah dari  Menu | Settings | Security | Change Codes | Security Code.

Sempat bingung juga ketika saya matikan HP-nya tidak ada suara sut-down, sedangkan kalau dihidupkan ada suara start-up. Kirain nich hp eror, untuk deh belum sempat membawa ke service center sudah ketemu cara mengaktivkannya, yaitu dari Menu | Profiles | Normal | Options | Edit, nah disini ada pengaturan-pengaturan keras lemahnya suara, ataupun bunyi ketika menerima SMS ataupun shutdown.

HP ini juga mendukung T9 dalam bahasa indonesia. Duh T9 lagi, memang kadang T9 ini menyusahkan tetapi kadang membantu juga. Untuk menonaktifkan T9 hampir sama dengan hp yang lain yaitu tekan tanda pagar (#) yang agak lama. Tetapi masih belum ketemu juga bagaimana cara menonaktifkan secara total, karena kadang kita kalau mengetik tidak mengharapkan muncul T9. Supaya hemat kan. Tetapi T9 ini memang memudahkan, buat yang belum ngerti, misalnya akan menulis "Aku tidak jadi kesana" kalau tidak menggunakan T9 maka berapa kali anda harus menekan tombol HP, tetapi kalau menggunakan T9 cukup tekan angka 258 (spasi) 84325 (spasi) 5234 (spasi) 537262. Nah mudah banget kan?
Nah untuk membuat mode penulisan menjadi T9 Bahasa Indonesia caranya masukklah ke Menu | Messages | Create New Messages | Options |Writing Language | Indonesia. Tapi kadang juga agak susah hehehe karena kata yang kita masukkan tidak sesuai. Misalnya mau memasukkan kata besuk yang keluar malah berul duh.. apa ini?

Tempat yang paling ngetrend ternyata http://getjar.com disana banyak aplikasi yang disediakan. Karena tidak ada submenu LG KU 250 maka pilihlah Platform Java (J2ME) - LG 176x220, dan memang tidak semua aplikasi bisa berjalan.

Cara ngistall untuk hp ini adalah bisa dengan download langsung dari internet, dan bisa juga dengan mendownload file JAR-nya. Letakkan file tersebut di folder Others, kemudian silahkan di eseksui. Baca saja perintahnya. Hasil installasi akan muncul di Menu Game & Apps.  Untuk menghapus aplikasi tinggal di pilih aplikasinya kemudian tekan tombol C, atau pilih aplikasinya | Options | Delete.

Beberapa aplikasi yang bisa saja coba
1. Kamus Inggris - Indonesia, lumayan tidak usah beli alfa-link kan?
2. Bejeweled, game favoritku.
3. Operamini, download langsung dari operamini.com
4. YM Tiny, buat messangeran. Namun kalau pake im3 sering putus nyambung putus nyambung, wong cuman 1 rp/kb minta selamet hehehe ..
5. Beberapa game hasil ubek-ubek, buatan EA Sport, seperti Fifa2007 (kalau mau menang besar nendangnya harus dari luar kotak pinalti arahin ke pojok dengan kekuatan sedang), Medal Of Honor (tentara dengan misinya), dan The Simpsons, kalau game EA Sport ini dapatnya dari situs sharing software.
6. KarPlayer. Aku lupa dapatnya dari mana, tetapi semua kar-nya harus dimasukkan ke dalam file JAR, tambahkan file playlistnya, kemudian di eksekusi.
7. Ebook, yang saya bahas selanjutnya.

Untuk lebih lengkapnya bagaimana cara koneksi internet dan lain sebagainya silahkan baca sendiri di Forum Ponsel. Atau barangkali ada yang mau berbagi informasi software buat HP jenis ini?

44 comments:

giey said...

gw juga baru beli

giey said...

ternyata kipad na keras ga enak buwat sms-an :(
beli karna murah bisa 3g

Agus Waluyo said...

Yup bener, keypad-nya memang keras, g enak buat sms-an, tapi kalau dah lama dijamin kapalen, hehehe, akhirnya terbiasa juga.

DENI said...

AKU BARU BELI MASIH 1 JT +PERDANA SIMPATI

ndayul said...

sebenarnya aku mau beli hp ini tapi aku masih ragu-ragu. gimana pendapat temen-temen

anita said...

makasih bwt infonya ttg hp ini. makasih jg bwt link2 bwt aplikasinya. saya juga bingung bgt nyari aplikasi buat hp ini.

daku said...

ada yg tau bisa cari KU250 dimana?? kemaren sempet nanya2 tp katanya ud g diproduksi

Irfan9727 said...

Kalau mau music player yang lumayan bagus, coba download KDPlayer (http://www.easter-eggs.net.ru/KDPlayer/EN_Versions.php). Bisa di-skin dan ada fitur music librarynya. Kalau gak salah, LG KU250 itu layarnya 128x160 ya?

arie saputra said...

ada yang tau gak cara merubah menu di hp LG Ku 250 kan menu tampilannya cuma ada 2. oh ya kalalu ada layanan tuk hp ini dimana kita ngambilnya...
kalau ada yang tau kirim ke email aku ya

arie saputra said...

ada yang tau gak cara merubah menu di hp LG Ku 250 kan menu tampilannya cuma ada 2. oh ya kalalu ada layanan tuk hp ini dimana kita ngambilnya…
kalau ada yang tau kirim ke email aku ya

arie_cwk@yahoo.com

Atangws said...

hp lgku250,bisa pasang aplikasi google maps,downlod video you tube,vucklip video,download aplikasi gmail,baru itu yg ak tau...

Edogawa said...

Ane pk jg KU250, beli 2nd punya, uda dbawah 1 jeti mlah. T'yta ok jg bwt dpake. Fitur lmyn bwt hp sharga gt. Batre msh tahan lama, ane pke mp3 smlaman sanggup jg coy, kbawa tdr lp dmatiin soal'y & sering lg.., pk headset dunks tntunya. Unfortunatelly, emg rada ssh bwt posisi keypad, kdang sok nyasar jd slh pencet. Da 1 hal jg ne bro yg blm ane ngrti, ane install operamini klo g slh yg versi 4.2. Bwt browsing c enak, cm ane g familiar bgt ama tu tag T9nya, rada ngrepotin bwt masukin keyword. Pgen ane matiin azah tp lom ktm caranya. da yg punya pglman srupa & tw solusinya g bro?? Todong long klo da yg bs ngatasin bwt bagi2 infonya ke ane.. TQ

achey said...

Ada software buat exploring LG KU250 ini ga.. Linknya jg boleh lah.. Ati2kalo transfer files lewat blutut, kalo filenya ga dikenal trus masih pake memori internal buat savenya, bakal masuk ke miscelleneous file.. Gw ga tw gmn ngehapusnya nih... any suggest...

agus ri said...

Ada yang tahu cara setting email di lg ku250,ga?kasih tahu aq donk...sama jika ada yang punya software browser internet yang bisa donlot/krm email yg ada attach file n browsing situs bertipe zimbra,aq dikasih dunk...selama ini sy pake opera mini 4.2 n ucweb,tp blm bs donlot.thx a lot

agil said...

nih hp susah cari part na
kalo rusak repot sendiri
w da aplikasi & game
klo mo call me
tar w kirimin
pi barter ma info yang gw tana

nuur ainni said...

uda ada yang pernah nyoba hape LG ni buat modem gak?
ada si rencana beli buat modem..

cepet gak nyambungnya.
terus instal ke kompter/laptop sulit gak?
thx2 buat masukannya.

surya said...

Lumayan LG KU250, sementara ini jengkel terobati dengan 3G-nya yang tokcer. Pake Motorola L7, mode GPRS lama banget browsingnya. pake LG KU250, solusi murah.
gimana enggak murah. beli sekon aja Rp 760.000 aja sudah dapet hp 3G... ehehe.
Bwt saya, enakan beli hp 3G daripada beli modem. di HP saya masih bisa ngenet dengan operamini, kalao beli modem, saya cuma bisa ngenet kalau ngidupin PC...

hehe. penghematan luar biasa.

surya said...

dipake buat modem OK tuh... pake IM2
malah full satisfaction... hehe.

diujicoba lewat
http://www.speakeasy.net/speedtest/

kecepatannya kenceng... walau masih 3G UMTS. tapi sudah penuh, mendekati batas kecepatan yang diijinkan IM2. (256 kbps)

Di hp, sinyal 3G-nya antara 2-3...
speednya:
Download speed: 241 kbps (30.1 KB/s transfer rate)
UPload speed: 50 kbps (6.3 KB/s transfer rate)

keren kan? gak kalah sama modem-modem yang dijual.

towo said...

aku baru beli, buat modem gimana caranya? kok gak connect terus..

mohon infonya..
trims

Faisal said...

aq pny masalah nie ma lg ku250 ku...
kok internetan pk operamini gak bs ya?
trus aplksi laen yang pk gprs ky ym tiny, mig33 jg gak bs..
pkok na smw yang pk gprs deh gak bs..
padahal pk webbrowser bwaan lg na gak ada kendala, alias gprs na ud idup 100%...

tulung kasih tw aq dun knp nie ya...!!!

Faisal said...

klo ad yang tw solusi hp ku yang d atas, please ksh tw ya d email ku..

faisaltampan@yahoo.com

please bntu gw ya...

firman said...

W pgn setting akun email,tp gak bs2..
bntu donk flen..
krm ke email w ok firmansyah_91@ymail.com

bakka said...

Tolong kirimin cara seting email ma modem dung. plis, lg butuh bgt nih. urgent. buat kerjaan. kalo bisa di email ke rv_threesixtynine@yahoo.com ya. thanks.

ega said...

bagus juga buat modem kecepatn sampai 460 kb

Dhe said...

Aku mau nanya donk. Kan katanya kalo download via PC, jar-nya mesti masukin ke folder Others. masalahnya, waktu konek pake LG PC Suite, kok gak ada pilihan u/folder Others? Kalau masukin ke folder lain, gak bisa. Tolong dibantu gimana caranya yaa.. makasih sblmnya :)

bakka said...

@Dhe
coba connection nya diganti jadi mass storage. tar jadi kaya flashdisk. tapi harus ada externalnyalho.
kalo tetep gak ada folder other bikin aja ndiri.
kalo dari memory bisa kok. dah aku coba.

conz said...

ne hp buat modem tahan banting..
jaminan dah 1 tahun 20jamx7 hari nonstop wa gedur nyala modem na blom ancur2 mpe skarang
suara masih oke gambar oke
top dah (mungkin kebagian yang oke kali y ) hahaha

conz said...

1 lagi walau tu hp nempel terus sama usb cpu
batrenya kaga drop coy

amungdoc said...

aq br beli HP seken LG KU250 675rb
pake m3 ga konek, tnyt krn hrs isi ulang 20rb dl ya (ga baca2 dl seh :-))
trus coba jalanin opera mini ga bs "accept"..
waduh.. mesti cari2 info lg neh..!
da yg tau kira2 knp y? mgkn krn blm isi ulang yg 20rb itu y?

Agus Waluyo said...

#amungdoc, iya kalau mau mengaktifkan internet pada im3 harus mengisi ulang pulsa dulu, tidak ada ketentuan 20rb. Yang penting diisi ulang.

Shella said...

Mo nanya ni...
Beli ku250 sekitar akhir 2007 pernah 2x trouble ma sistem smsnya: waktu mo ngetik sms huruf2 yang kluar cuma huruf2 awal pada masing2 tuts (exp.a,d,g,j,m,dst) krena darurat stlh bingung2 cari solusinya maka kalo mo sms ato bls sms saya harus masuk ke "add dictionary" dulu tapi jdnya mesti capek bolak-balik kasih spasi, untungnya waktu itu masih masa garansi walopun jauh jarak serv.centernya dibawa juga kesana dan akhirnya disetting ulang sama mereka walhasil sms2 lama & penting banyak yang kehapus. beberapa bulan trakhir ini penyakit lama hape ni kambuh lagi karena ga sengaja jatuh dari bed krena kesenggol ditambah lagi masalah baru, kmrn coba2 install aplikasi opera mini ternyata ga bisa karena ada peringatan "insufficient memory" waktu mo masuk ke games&appl. bwt tempat penyimpanannya..
Any solution????? dah rada males bw ke serv.centernya lagi karena takut bakalan ngehapus sms2 lama yang penting..Thanks Before..

ali said...

alhamdulillah saya juga pake LG KU250, dan sejauh ini gak ada kendala yang berarti, bahkan saya sangat menikmati menggunakannya.
Untuk 3G nya keren, saya pernah menggunakan video call dengan menggunakan simpati, dan koneksinya lancar, gak terputus-putus (kecuali abis pulsa heheh), dijadiin modem juga sangat oke (apalagi pake IM2).
Cuma untuk aplikasi emang agak sulit buat HP satu ini, beberapa aplikasi rupanya tidak mendukung keypad navigasi HP.
Tapi yang saya sukai adalah fasilitas full screen buat pemutar video, apalagi saya orang yang suka nonton movie, biasanya saya suka titip convert DVD ma ponakan biar jadi 3gp, dan ketika di tonton di KU250 dengan menggunakan fasilitas full screen beserta headsetnya, keren uy !, walau layarnya kecil, tapi lumayan lah buat ngusir penat pas bepergian jauh, dan terbukti pas mudik lebaran kemaren heheheh

Salma said...

Aku pake Lg ku250 tp kalo dipake call suaraku tdk bisa kedengrn jelas k lawan bicra, tolong solusiny kirimk emalku ok kang, hampir aku jual tp tdk ada yg mau beli he2

Faisal BMW said...

tlg bantuin setting email dunk! ko dr yg ad gw ms g bs2, port smpt g bs di ganti.thank's y.bravo. icalpecoy@gmail.com

anang dwi prasetyo said...

please bantuin aku, LG KU 250 ku kok ga bisa buat donwload, dulu sih bisa, tapi sekarang selalu gagal, responnya conection failed, please bales ke emailku di cah_aries15@yahoo.com ...........

abe said...

mohon bantuanny para master2..

Lg KU250 ku kok kalo pake vocher gprs im3 5000 pulsany cepet banget abis (2 menit dah ludes, g kayak diinfo bs 4 jam) padahal udah pake indosat@durasi paswd n userny.(gw pake lg ku250 pc suit)

trus kalo konek im2 g bisa2

tolong bantu y boz

keripiknganggur@gmail.com

Bram said...

dear all yg pd pake LG KU 250..
baru mo beli HP ini dlm kondisi seken..itung2 pengen coba aja pake LG..soale sy udh coba semua merk HP.

kira2 utk dengerin MP3, dan pemakaian fitur2 lain lancar ga? ada masalah ga?

triant said...

dmn dpt onderdil lg ku250 cos aq kesulitan cri onderdilnya ...

Fatta Wardana said...

gmana cara mengaktifkan GPRS di HP LG KU250 dengan kartu IM3 ?

Adnan said...

hp lg ku250 gue ga bisa downlot lewat opera mini responnya koneksi gagal gimana yah caranya tlng krm di emailku donk jawabannya

Agus Waluyo (Admin) said...

Mohon Maaf, HP LG KU 250 saya sudah karaten dalemnya. Jadi keypadnya tambah berat pencetannya. Sekarang saya sudah tidak menggunakan LG KU 250. Terimakasih.

afif said...

mas tlong bri tau ttng cra pngaturan web-nya
n blutoth hanya bisa nyambung d hp nokia saja.... tu kmp mas?

Agus Waluyo said...

@afif. Mohon maaf saya tidak paham nie. Dicoba2 saja ya? Gimana klo connect balik bisa tidak ya? Karena masalahnya macam2.

Apploveud said...

[b]Turtle's Tale: Runaway [/b]is free for a limited time. Hurry up!
Your job in this colourful puzzler is to help a young turtle called Sandy make his way back to his ocean home, following his kidnapping at the hands of two unscrupulous smugglers.
Each of this game's physics-based levels requires you to draw lines in order to guide your little protagonist around obstacles and hazards en route to the stage's exit
[img]http://i.imgur.com/Bg2B2.jpg[/img]
iTunes Link: http://itunes.apple.com/us/app/turtles-tale-runaway/id499521300

Post a Comment