Ebook ME, Bikin Java ebook di HP

on Monday, September 22, 2008
Duh, cari pembuka file txt saja di HP KU250 tidak dapat juga. Pernah juga install MobiExplorer, karena file manager ini bisa membuka text, eh tetapi tidak dapat mengenali file system di KU250, gak tau gimana caranya, barangkali ada yang tahu ya? Akhirnya setelah pontang-panting cari pembuka text tidak ketemu, cari bagaimana membuat pembaca text di HP berbasis Java. Nah kalau ini ketemu yang free. Namanya Ebook ME. Aplikasi berukuran 23 Mb ini lumayan juga buat bikin ebook berbasis text.

Unduh file tersebut di http://ebookme.sourceforge.net, kemudian installah. Filenya berukuran besar karena dibundel juga Java Runtime Environment 6 yang berukuran 15,3 Mb.
Program ini juga mendukung imoport filters dari beberapa tipe file seperti MS Office file, Adobe PDF, serta Open Document file, jika import fileternya juga anda install, tetapi yang diambil hanya textnya saja.



Cara membuat ebook tinggal di Klik icon New, Masukkan nama buku pada Book Name, dan Deskripsi buku pada Book Descritions, kemudian copy paste atau import text pada kolom Text Book. Kalau sudah tekan tombol save yang bertanda Jam (save changes). Jika ingin membuat buku yang lain lakukan hal serupa. Atur letak buku pada sisi Books, kalau sudah anda bisa menyimpannya dengan tombol mirip disket (save project) boleh juga tidak anda simpan.  Pilihlah di drive mana anda akan meletakkan outputnya (ekstensi JAD). Tentukan juga gambar splashscreennya jika anda hendak mengganti default spashscreen EbookMe.  Jika sudah selesai klik tombol Create JAR, tunggu beberapa saat beres deh. Coba lihat hasilnya di program Microemulator bawaan EbookMe. Kalau sudah oke tinggal di pindah ke HP kamu. Untuk LG KU250, tarus di folder Others dan eksekusi, tingtung... sekarang lihat di Game & Apps, maka ada satu file ebook kamu. Lumayan bisa baca-baca walaupun agak ribet.

Yang paling tidak enak, ketika baca-baca buku ada yang komentar, eh  sms-an saja, hmm memang kalau lagi pegang hp sms-an saja. Hehehehe....

15 comments:

Ginza said...

keren pakkkk... ayo maju terus!!!

boleh nitip link gak Pak? Hibah buat siswanya sendiri loh... bookmark ah... :D

Ginza said...

gravatarkuu.... :D

Gianto said...

wah top bgt.. dah..

hehe sekalian kalo ada source n literaturx bisa disumbangkan ke saya...
kan makin banyak ilmu yang kita tularkan semakin banyak yang kita dapat.....

Irfan9727 said...

Sudah pernah pakai ReadManiac belum? Praktis, dan bisa embed font dari komputer, juga bisa baca file .pdb. Penting kalau suka baca Linux Gazette..

arnaldi said...

wah, mantapp juga aplikasinya...
thank tuk software n ilmunya...

TOWO said...

aku udah beli, tapi kok, buat modem susah yah, gimana sich caranya?
thank
kirim ke email ku yah..

TOWO said...

aku udah beli, tapi kok, buat modem susah yah, gimana sich caranya?
thank
kirim ke email ku yah..


hastowo_53@yahoo.co.id

ajituelegi said...

Wah mas, muantep bgt.
Terima kasih mas.

sedoe said...

thanks impo ny

Wafiq said...

Wah, menarik nich untuk bikin puisi2 yang bisa dibaca di HP. Terus untuk file yang dah jadi besar nggak nich jika dibandingin dengan file yang sama dalam bentuk .doc

jatiblack said...

Wah akhirnya nemu jg yg aku cari2. Makasih infonya!! :-)

faisal said...

wah kk hp na sm ma qu..
klo ad tips2 bwt lg KU250 krim k email ku yah..

faisaltampan@yahoo.com

thx

Aman said...

Terima kasih atas infonya, Pak. Kalau boleh bertanya, ada informasi yang bisa arabic, ngga? Bagi-bagi juga ya kalau ada.

abu umar abdul aziz said...

templatenya kok mirip punya http://www.radiorodja.com/ ....????

situs toko buku online said...

situs toko buku online...

Ebook ME, Bikin Java ebook di HP...

Post a Comment