Workshop Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Multimedia

on Friday, August 28, 2009
PhotobucketMinggu kemarin praktis selama seminggu saya tidak bisa ngajar anak-anak, karena saya ditunjuk oleh sekolah untuk mengikuti Pelatihan Membuat CD Pembelajaran Interaktif Berbasis ICT. Kegiatan Tersebut dimulai hari Senin sampai dengan hari Jumat.

Karena saya adalah guru TIK jadi yang diajarkan bukan sesuatu hal yang baru, tetapi bagi sebagian guru-guru yang lain nampaknya itu adalah sesuatu yang baru, sehingga ada sebagian guru yang masih kesulitan. Namun demikian bukannya saya tidak menyukai pelatihan, saya paling seneng kalau dikirim ke pelatihan, apapun pelatihannya, baik itu yang sudah saya kuasai ataupun belum. Walaupun pernah menguasai kalau lama tidak dipakai biasanya lupa-lupa ingat, eh ingat-ingat lupa. Disamping dapat beberapa fasilitas, juga bisa bertemu dengan guru-guru dari sekolah lain. Dengan bertemu guru-guru dari sekolah lain kita bisa berbagi informasi ataupun berbagi pengetahuan. Karena banyak hal baru yang belum saya ketahui, terutami di dunia pendidikan ya.. sharing pengetahuan lah. Tentu tidak sama kan antara guru yang sudah 20 tahun mengajar dengan guru yang baru 3 tahun mengajar, pasti manusia ada kelebihan dan kekurangan masing-masing hehehe.

Sedikit melenceng dari materi, pelatihan kemarin diadakan di SMKN 5 Malang. Sebagai sekolah kejuruan yang memiliki jurusan IT, SKMN 5 Malang telah menggandeng beberapa perusahaan, salah satunya yang saya ingat adalah perusaan perakitan Laptop Next. Karena di rakit di Lab SMK maka Laptop itu dinamakan Next SMK. Waktu dipamerkan sekilas, saya lihat warnya hitam dan ukurannya kecil kira-kira 10 inci-an, dan dibandrol seharga 3,5 juta. Mungkin kalau belum punya laptop saya sendiri akan membelinya, saya rasa kalau ada trouble hardware akan mudah untuk servicenya.

Kembali ke cerita pelatihan lagi, pelatihan tersebut berjalan lima hari dengan materi :
1. Hari pertama adalah pembukaan dan pengenalan masqi online. Masqi online adalah portal web yang dibuat dengan Moodle yang diharapkan menjadi kolaborasi sekolah-sekolah se Kota Malang.
2. Hari kedua kita diajari membuat animasi dengan Flash, yang diajarkan oleh Team dari SMKN 5 Malang. Pembuatan animasi ini diawali dengan pemutara flash film dan iklan buatan siswa SMKN 5 yang menyabet juara dalam berbagai event baik di tingkat kota, propinsi ataupun pusat. Animasi ini dimulai dengan pengenalan sampai dengan proses pembuatan siklus hujan.
3. Hari ketiga materinya pengenalan BankSoal Manager, dari penyusunan soal sampai dengan mengekportnya ke dalam bentuk HTML untuk dijadikan latihan test online.
4. Hari keempat adalah pengenalan Frontpage untuk mengolaborasi semua materi ke dalam format web.
5. Hari kelima adalah pembuatan Atorun dengan EasyAutoRun, Pem-burn-ingan dengan Nero dan Presentasi masing-masing perserta.

Dari workshop ini semua peserta diminta mengumpulkan productnya, dan yang memudahkan saya dalam pembuatan produk ini LayOut yang diharapkan eh ternyata bentuknya mirip dengan LayOut yang dulu pernah saya buat waktu lulus kuliah sekitar tahun 2004. Dulu pernah diminta dosen mbuatin bahan ajar dengan model yang mirip juga soale hehehe... :) Yach syukurlah tidak usah bekerja ngoyo-ngoyo, tinggal ngubah dikit-dikit saja.
Layout webnya terdiri atas 3 frame yaitu frame header, frame menu dan frame home (main web).
=======================================================
| FRAME HEADER |
| BISA BERISI JUDUL ATAUPUN LOGO |
=======================================================
| Home | |
| PROTA | |
| PROSEM | |
| SILABUS | |
| RPP | MAIN WEB |
| MATERI | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
| | |
=======================================================

Dan kalau dibuat di Frontpage dengan sedikit pengembangan jadinya seperti image diatas. saya menyukai desain diatas karena Clean, maklumlah dulu membuatnya juga memakan watu yang lama, dan paling lama adalah membuat komposisi warna yang pass. Sdangkan gambar Pororo saya printscreen dari situs flash. Sedangkan pergerakan awan saya jalankan dengan marquee dibantu fasiltas div agar bisa terjadi penumpukan object. Sebagai pelengkap saya tambahkan game, dan player musik, cuman sayang karena modivikasinya hanya semalam tidak sempat memasukkan video, buku, serta materi yang lengap, hmm karena dulu kayak menunya belum pake model dropdown, cuman kemarin saya buat dropdown. Lalu lupa lagi cara naruh bacground agar berada di kanan bawah dan no repeat, seperti letak gambar pororo dengan pemandangannya sehingga kalau ukuran resolusinya berbeda maka gambar pororo tetap berada di kanan bawah.

Secara keseluruhan pelatihanya OK bagnet cuman satu saja yang menurut saya kurang, yaitu tidak adanya pendamping pembicara sehingga pembicara tidak mampu untuk membantu perserta yang mengalami kesulitan, maklumlah kalau semua yang kesulitan hanya dibantu saya rasa tidak akan selesai-selesai. Mestinya kalau pelatihan seperti ini memang disediakan orang yang mendampingi pembicara.

Dari pelatihan ini saya sampaikan terimakasih adalah ....
1. Buat sekolahkku SMPN 1 Malang yang sudah mengirim saya untuk mengikuti Workshop, semoga sering-sering dikirim Worshop .. :)
2. Dinas Pendidikan Kota Malang Yang Memfasilitasi semuanya thank s Alot
3. Pembicara di Workshop ini : Pak Fajar Diknas sebagai pembicara MASQI, Tim Animasi SMKN 5 atas ilmu Flash nya, serta Pak Siswanto pembicara dari SMAN 10 atas seambreg softwarenya
4. Panitia yang sudah susah payah menyediakan semuanya ini, baik itu panitia dari Dinas Kota Malang serta dari SMKN 5 Malang, yang telah memberikan segalanya.
5. Teman-teman rekan pelatihan baik yang sudah saya kenal atau yang blom, tentunya saya berharap kebersamaan ini akan berlanjut terus
6. Thanks juga buat murid-muridku yang hanya tak kasih tugas.

7 comments:

safudin said...

Bisa share gak bahan pelatihannya, terutama pembuatan e-learning yang pake moodle, soalnya saya lagi coba-coba buat e-learning pake moodle, kali aja walau otodidak bisa jadi, sekalian cara buat animasi pake Flash.
Maap ya pak guru agak sedikit memaksa nih soalnya perlu banget, di share ya di email saya.
Thanks sebelumnya dari Guru SMAN 1 Tanjungbintang lampung

Agus Waluyo said...

Salam kenal buat Pak Safudin di Tanjung Pinang. Pertanyaan di web njawabnya di web pak hehehe, kalau di email ya lewat email hehehe. Mohon maaf saya belum bisa share, karena materinya dalam bentuk hard copy.

Консультант said...

Огромное человеческое спасбо!

progzilla said...

Очень полезный блог, автор всегда (почти) описывает актальные темы. Спасибо.

anez said...

pak ... :)

ary_7a said...

Bapak... saya ngak nyambung...

Crystal Graves said...

Cheers concerning the post and that i will end up being back to read much more! Just looking at some blogs, seems a fairly nice system you happen to be utilizing. I am currently using Wordpress for some my blogs but I'm not happy with it so far. Im searching to alter 1 of them a lot more than to a platform much like yours (BlogEngine) like a trial operate. Anything in particular you'd suggest?

Post a Comment