English Courses - Part 1. Introduction.

on Tuesday, September 21, 2010
Sudah lama saya belajar bahasa inggris. Kalau saya hitung ulang kira-kira sudah 18 tahun, karena saya mengenal bahasa inggris pertama kali ketika kelas 1 SMP yaitu tahun 1992. Sebuah lagu yang diajarkan guru SMP masih agak saya ingat,

This is the window
That is the door
That is the blackboard
This is the floor

Kitab bahasa inggrisnya hanya buku cap e. Satu-satunya buku bahasa Inggris terbaik di dunia.
Mengingat kembali waktu SMP, hari pertama pelajaran Bahasa Inggris saya sangat interest, hapir tidak berkedip saya memperhatikan pelajaran,tetapi lama ke lamaan saya tidak mengerti. Sehingga waktu ujian nilainya tidak pernah bagus. Waktu SMP itu saya tidak mengerti sama sekali, maksudnya basa inggris ini apa sih? Materi yang saya sukai adalah reading. Karena isinya kebanyakan refers to, seperti it pada baris kelima refers to... . Kenapa harus menggunakan make, kenapa harus made, dan kenapa harus going, mbulet? Mau tanya tidak ada tempat bertanya. Bahasa inggris intinya pelajaran amit-amit.

Di SMA saya juga tidak mengerti. Saya hanya menguasai ilmu eksakta fisika dan matematika karena dua pelajaran itu adalah favorit saya. Bahasa inggris, No Way. Inggris adalah sesuatu yang sulit. Ujian Nasional BIG sudah saya lepas, pokonya akan mengerjakan tanpa berfikir. Mo berfikir apanya karena tidak mengerti. Tensis yang seambreg. Uhhh.. Pokoknya semuanya CONFUSE TENSES. Biasa hanya latihan reading saja hehehe... Kuliah juga tidak mudheng, walau buku referensi saya kebanyakan bahasa inggris, namun saya masih agak mengerti lah maksud buku tersebut, tetapi kalau menyusun kata sangat susah.

Bahkan setelah luluspun saya masih belum paham, "Yang benar Are you oke?" atau "Do you oke?" Parah banget kan?

She reads a book. AKu kira reads artinya membaca berlembar-lembar karena ada s pada kata read maka aku pikir jamak wakakakaka :)

Lebih parah lagi, aku pikir V1 adalah untuk kata kerja saat ini, V2 lampau dan V3 adalah untuk massa yang akan datang :), ternyata yg benar hanya V1 dan v2nya saja.

Karena keinginan saya untuk bisa bahasa Inggris sangat tinggi, sayapun rajin mengikuti kursus-kursus tetapi tetap saya tidak menemukan kunci utama belajar bahasa inggris, pun demikian sampai download materi-materi di internet.

Hardisk Lab dulu saya penuhi dengan kursus English from Australia. terdapat seri dimana setiap serinya berdurasi 30 menit. Kalau pulang kampung naik sepeda motor biasanya saya dengarin menggunakan mp4 saya. Malang-Trenggalek saya tempuh 3,5 jam, lumayan bisa dapat 7 seri. pulang balik dapat 14 seri hehehe. lumayan kan?
Beberapa software ataupun resources yang saya download meliputi :
1. Roseta stone pembelajaran multiple bahasa mengunakan gambar. Software paling bagus untuk belajar dari Nol Besar.
2. Learn to Speak saya download juga
3. Cerita-cerita english seperti story nory saya sikat habis

Tetapi saya tetap tidak bisa ngerti apa sih sebenarnya kunci bahasa inggris.

Diajar tensis waktu di kursus saya juga tidak seberapa paham, karena ngajarnya per part tidak totality. sehingga kalau menginjak materi baru yang lama saya mesti lupa. Bayangkan ada 16 Tensis. Padalah kalau kita mau ngutik-ngutik sebenarnya dasar tensis cuma 4 event dalam 4 time. Padahal sebenarnya Memahami 4 event dalam 1 time masalah tensis sudah setengah beres.

Nah kemudian pikiran saya tentang inggris mulai terbuka setelah beberapa kali membeli buku pembelajaran bahasa inggris.Beberap buku saya referensikan buat anda yang belajar bahasa inggris tetapi gak bisa - bisa seperti saya ini :)

Rencananya saya ingin belajar bareng-bareng pengunjung situs ini. Kalau ada yang mau mengkritik kesalahan, saya persilahkan karena saya juga baru belajar. Buat yang tidak sabar ingin belajar sendiri anda dapat membeli buku-buku yang saya rekomendasikan berikut untuk belajar.

Saya akan menggunakan ketiga buku dibawah ini untuk acuan belajar dasar. Tentunya yang saya ambil hanya metodenya dan contoh-contoh yang lain akan saya konsultasikan dengan guru bahasa inggris sekolah.

Rekomendasi Buku seharaga 100.000an:
1. Hani Sutrisno, CaraGila Belajar Inggris, Pustaka Widyatama, Cetakan Pertama 2010. Harga Rp 30.000,-an Bonus AudioCD pembelajaran berdurasi 45menitan. Kekuatan buku : latihan dasar dan pembedaan Kata Sifat dan buka kata sifat.
2. Hani Sutrisno, Metode Nyleneh 20 Menit dijamin Hafal 16 Tensis, Pustaka Widyatama, Cetakan Pertama 2010. Harga Rp 36.000,-an Bonus VCD pembelajaran Kekuatan buku : Kekuatan menghafal ada dalam Video CD-nya bagaimana cara mengfal rumus tensis tidak sampai 20 menit.
3. M.Solahuddin, Cuma 4 Minggu Jago Cas Cis Cus Bahasa Inggris, Penerbit Diva Press, 2009. harganya 40.000an.
Kekuatan Buku : meliputi latihan semua tensis dan lain-lain disertai kunci jawaban. Pokoknya buku ini lain daripada yang lain :) Bagus banget buat latihan.

Sedangkan untuk situs yang lain silahkan kunjungi :
1. pedapa.com
2. http://letspeakenglish.info/ atau englishonline.blogdetik.com

3 comments:

achedy said...

Saya akan menyimak, dan bagi yg menulis ilmunya akan semakin bertambah .... :D

Agus Waluyo said...

Jangan menyimak tok, dikerjakan juga tugasnya. Itu sudah menunggu tugas di Part 3 :) Ayo2 dikerjakan biar cepet pinter hehehehe

umi said...

hehhehehhe...saya juga gitu pak...belajar gak kelar2..

Post a Comment