Belajar Harmonica

on Wednesday, March 7, 2012

Mencari-cari tutorial Harmonica Chromatic 24 lubang ternyata susah juga. Kebanyakan tutorial yang ada adalah Harmonika 10 lubang dengan nada do terdapat di lubang ke 4. Akhirnya saya coba-coba sendiri saja, nggak tau benar atau tidaknya, tapi menurut saya pribadi benar. 24 lubang itu terdiri atas 3 oktaf, dari do buaawah nyampe do tuinggi. Kelebihan Harmonica Chromatic, hanya dengan menekan tombol yang ada di sisi kanan, maka nada bisa naik setengah tingkat.

Karena ada 24 lubang dan 3 oktaf maka dapat disimpulkan dalam satu oktaf terdapat 8 lubang. Lihat gambar!. Dari gambar itu memang tidak pas banget dengan kenyataan, kita harus menata benar dimana letak bibir dan lubang Harmonika agar suara yang dihasilkan ketika ditiup atau di hirup sesuai dengan nada-nada yang kita harapkan.
harmonica2.jpg

Walaupun ada situs penyedia tab Harmoica (harptab) namun saya tidak begitu menyukai situs-situs semacam itu, karena angka tab-nya secara otomatis tidak sesuai dengan Harmonika saya alhasil saya harus memikirkan kalau 4 itu adalah do, -4 itu adalah re dan seterusnya. Ahaa saya pikir mendingan membaca menggunakan not angka malah lebih simple. Yang penting untuk not angka yang menggunakan bilangan-bilangan genap 2(re),4(fa),6(la) harus di hirup sedangkan untuk bilangan-bilangan ganjil kecuali 7 (si) harus di tiup. Karena nada 7 harus di hirup.

Yuk belajar menyanti sederhana. Kayaknya gampang nieh.



TH T T H T H H H T H H T H T
32 1 3 2 1 .7 2 4 3 2 4 3 2 1
Aku punya anjing kecil ku beri nama heli

TH T T H T H H H H T H H T H T
32 1 3 2 1 .7 2 2 4 3 2 4 3 2 1
Dia senang berlari-lari sambil bernyanyi-nyanyi

T H T H T TH H T H T
1 4 1 2 3 12 2 1 2 3
Heli kemari ayo lari-lari

T H T H T TH H T H T
1 4 1 2 3 12 2 1 .71
Heli kemari ayo lari-lari


Gampang kan

14 comments:

Rain said...

kalau harmonika saya merk Winner Harmonica 24 lubang .
terus saya cari2 tu nada nya gmna di om google .
trus dpat nya beginian ...

| C| d | E | f | G | a | C | b | C | d | E | f | G | a | C | b | C | d | E | f | G | a | C | b |

huruf besar: di tiup
huruf kecil: di hisap ...

^_^

natdzwa said...

aq punya winner harmonika suzuki 24 lubang,,, tapi susah cara mainya gimana,,,,

Bagaskara said...

Mas saya punya harmonica yg 24 lubang, tapi gak ada tombolnya, gimana cara belajarnya yaa? Harmonika saya chromatic atau diatonic???

Bagaskara said...

Merek harmonica saya parrot mas

Agus Waluyo said...

#Natdzwa & Baskara, coba saja tiup dan hirup- dengan pindah-pindah lubang sampai ketemu do re mi fa sol la si do-nya. Kalau tidak ada tombolnya kemungkinan diatonic jadi secara teori tidak bisa untuk membunyikan nada kres atau mol, tapi kata beberapa sumber dengan teknik tertentu bisa untuk membunyikan nada tersebut.

agri said...

mantap tutorialnya mas. makasih banyak mas, ak mrasa terbantu. ak juga baru belajar harmonika nih, mohon bantuan n tutorial yang lainnya mas. makasih againt.

agri said...

mas tutorialnya nyambung lagi dong. butuh banyak referensi neh ttg harmonika 24 lubang mas. makasih.

Agus Waluyo said...

#Agri. Sama-sama Wah namanya keren ya? Mirip game jaman sekarang. Agri Birds hehehe itu sih Angry ya (just kidding). Saya juga ndak master di harmonica kalau beberapa tutorial yang lain ada disini http://agusw.penamedia.com/category/harmonika/ Kalau masih kurang aku pikir langsung latihan dari buku-buku lagu. Di toko buku ada banyak harganya juga murah kok. Atau dari belajar piano ada beberapa not angka yang sempat saya masukkan. http://agusw.penamedia.com/category/piano/ Semoga membantu.

yudhi said...

Tutorialnya bagus.. terimakasih
Mas, mau nanya nih, harmonika 24 lubang bisa mengeluarkan nada setengah gak? maksudnya yang nada doremi yang dicoret itu loh..(duh, jelasinnya gimana ya..??) caranya?

terimakasih :)

Agus Waluyo (Admin) said...

#Yudhi, sama-sama Mas Yudhi. Kalau di sebelah kanan ada tombol-nya baru bisa dinaikkan setengah. Jadi dengan menekan tombol itu nada akan naik setengah. Ya betul, nada yang dicoret itu. Tapi kalau tidak ada tombol-nya, harmonicanya bukan Chromatic.

frandyoi said...

kalo gua pakai harmonica diatonic c

the sound like this :)
5 (5) 6 9 9 (8) (8) 7 6 6 6 (6) 6 (5) 5 (4)
(4) 5 (5) (8) (8) 7 7 (7) (6) 6 6 (7) (6) 6 (5) 5
5 (5) 6 9 9 (8) (8) 7 6 6 6 (6) 6 7 (8) (7) (6)
(6) (6) (10) (10) 9 (8) 10 7 (7) (6) 6 (5) 5 (4) 4
*6 6 (6) (5) (5) (5) (5) 5 4 4 4
(7) 7 (8) 8--10 10 (9) 8--7
(BACK TO *)
(7) 7 (8) 10 10 8 (8) 7

reef
**7 7 (9) (10) (10) (10) (10) (10) 9 8 8 8
9 9 (9) (8) (8) (8) 9 (9) 7
(back to **)
9 9 9 (9) 8 (8) 8 (8) 7

(...) draw
... blow

keep try it :)

Agus Waluyo said...

Thaks gan infonya.

nafila suri said...

waduhhh pak aw, sudah lama tak jumpa hehehe gimana kabarnya pak ? :D

Unknown said...

gimana kalo harmonika 32 lubang ni mas, mohon bantuannya :)

Post a Comment