Lesson 6. Pengenalan Chord C7

on Wednesday, October 31, 2012


Sebenarnya kita telah selesai membahas kunci-kunci dasar yang biasa digunakan untuk bermain keyboard (piano). Banyak lagu yang menggunakan chord C, G, F, Dm, Am, Em. Tidak hanya lagu sederhana atau lagu anak-anak yang bisa anda mainkan dari kombinasi kunci diatas, tetapi banyak juga lagu baru yang bisa anda mainkan. Nah  sebagai pengulangan pembelajaran yang kemarin ada baikknya kita mainkan lagu berikut yaitu  lagu dari Melly Goeslow yang berjudul Bunda. Walaupun tidak baru tetapi lagu ini masih cukup hits. Notasi angkanya ditulis oleh Hadi Sutrisno, dan anda  bisa mengunjungi websitenya untuk mendapatkan chord dan notasi angka lagu lainnya.


 



Pilih Klik Kanan | Buka gambar di tab baru untuk tampilan yang lebih besar.



Tidak jarang kita jumpai chord-chord yang belum dipelajari, contohnya Gm, Fm, D, B, Bm dan lain sebagainya. Chord-chord seperti itu jarang dijupai di lagu-lagu sederhana, kalaupun ada, saya yakin anda akan cepat memepelajari chord baru tersebut jika kombinasi tuts-nya anda ketahui. Namun ada sebuah chord yaitu C7 yang acapkali muncul di lagu-lagu sederhana seperti lagu-lagu anak-anak. Sewaktu saya baru mengenal chord, chord C7 tersebut saya bunyikan C walaupun suaranya sedikit berbeda. Nah Kali ini kita akan pelajari chord C7 tersebut.



Chord C7 memiliki kombinasi c-e-g-#a



































 
o
 
o
 


%

 
o
 


%


o
 
o
 

o

o

o

o

o

o

o

c

d

e

f

g

a

b


Catatan : 
tuts c ditekan dengan jari kelingking kiri 
tuts e ditekan dengan jari tengah kiri 
tuts g ditekan dengan jari telunjuk kiri
tuts #a ditekan dengan ibu jari.
biasanya agak rumit, tetapi agar lebih mudah dalam memencet tuts letakkan jari tengah dan telunjuk kiri di sekitar tuts hitam yang saya beri tanda prosen (%) tersebut, jadi mencetnya lebih nyaman.



Sekarang belajar lagu yang ada C7 nya :D, masih dengan lagu anak-anak.


0 comments:

Post a Comment