Berkaraoke dengan XMMS lyrics plugins

on Sunday, June 6, 2004

Sambil XMMS memutar mp3, kita bisa menikmati text lirik yang berjalan sesuai dengan time tagnya. Caranya tulis lirik sebuah lagu pada text editor tambahkan time tagnya, simpan pada directori dan nama yang sama dengan letak *.mp3-nya namun berekstention *.txt atau *.lrc. Syukur - syukur kalau ada mp3 karaoke-nya.



Jika di Winamp Windows ada banyak plugins lirik, seperti Kuo’s Lyrics Displayer yang cukup populer, lyrics plugin for winamp dengan interface yang matching dengan winamp, lyrics euy yang bisa transparan, lyrics show for winamp dengan tampilan mirip text VCD, dan masih banyak lagi, maka di linuxpun walau jumlahnya masih sedikit juga memberikan fasilitas serupa. Sampai saat menulis informasi ini, saya baru mengetahui 2 plugins yang bisa memunculkan lirik.



1. XMMS Lyrics Plugins, besarnya cuma 15 kb, dibungkus dengan paket instalasi rpm mebuat XMMS Lyrics Plugin sangat mudah diinstall. Double klik file-nya masukkan password root, beres. Kita tinggal masuk Preference XMMS (Ctrl+P), pilih tab Effect/General Plugins aktifkan Lyrics Plugin (liblyrics.so), akhirnya saat mp3 diputar jika mendapatkan lirik lagu yang sudah ada time tagnya Lyrics Plugins akan muncul secara otomatis. Bentuknya menyerupai bentuk notepad hanya saja dia menyorot text lagu sesuai dengan nyanyiannya. XMMS Lyrics Plugins hanya menangani time tag dengan bentuk [00:00]. Serta tidak menyertakan sofrware pembuat time tagnya. Kelemahan software ini adalah tatkala Playlist di remove all, maka XMMS akan ikut menutup.



2. XMMS Singit. dikembangkan karena terinspirasi Kuo’s lyrics displayer Winamp. Instalasi yang saya jumpai masih melalui compiling souce code, sehingga memerlukan ketergantungan - ketergantungan yang jumlahnya banyak. Pertama kali menginstall XMMS Singit saya sampai putus asa mencari file ketergantungan yang tidak kunjung ketemu, namun syukurlah akhrinya XMMS Singit bisa terinstall. XMMS Singit menangani time tag dalam bentuk [00:00], [00:00.000] dan akan hang jika anda menggunakan time tag [00:00:000] perhatikan penanda pemisah dibelakang detik yang berupa titik dan bukannya titik dua. XMMS Singit memiliki dua jendela untuk memunculkan lirik, jendela pertama meghasilkan tampilan mirip Notepad namun lebih bagus dibandingkan XMMS Lyrics Plugins. Sedangkan jendela keduapun juga memiliki tampilan mirip Notepad namun dengan model sorot mengalir, jadi seakan - akan menyesuaikan dengan kata - kata lagu, dan jendela kedua ini bisa dibuat full screen. Kedua jendela ini bisa ditampilkan bersama - sama atau ditampilkan salah satunya. Software pembuat waktu (time tag)pun telah diincludekan. Kesimpulan saya, XMMS Singit adalah plugins lirik terbaik yang dimiliki XMMS.



Install saja salah salah satu atau kedua plugins diatas, tancapkan microfon, kalau tidak punya mp3 karaoke aktifkan saja plugins penghapus suara dalam preference tab Effect/General Plugin, selamat berkaraoke ria........  :)



*) Tulisan ini dibuat dengan XPde Notepad lingkungan desktop XPde Linux Mandrake 9.1 pada tanggal 06/01/04 pukul10:44:43.
== Kedua lyrics tersebut bisa anda download dari url saya, http://www.liriknasyid.cjb.net, atau untuk inforamasi update terbarunya dicoa saja cari melalui search engine.

4 comments:

Aguzz said...

Kang, software-nya bisa didapat di mana yak???
trims atas infonya

Agus Waluyo said...

Untuk XMMS lyrics Plugins bisa di download di
http://geocities.com/kank_agus/download/xmms_lyrics_plugin.rpm
Sedangkan XMMS Singit silahkan cari di Google, kayaknya ada banyak, dengan kata kunci XMSS Singit.

BUDI SETYAWAN said...

SAYA INGIN SEKALI MENDOWNLOAD lyrics plugins

rio said...

kemarin sempat coba2 membuat lyric plugin lewat shellscript, dan ternyata bisa... :)

cuman tidak ada timeline nya... hanya static...

http://rioastamal.net/2009/01/tutorial-how-to-create-xmms-lyrics-plugin-using-shell-script/

Post a Comment