Explore2fs, ngExplorin File Linux lewat Windows

on Sunday, June 6, 2004

Dipungkiri tidak dipungkiri perseteruan antara Linux dan Windows terus saja berlanjut. Kalau Linux menginginkan OS-nya bisa kompatibel dengan Windows maka windows melakukan langkah sebaliknya. Memprotect sistem operasinya sedemikian rupa agar tidak kompatibel dengan Linux.



Kapan ya kira - kira Windows explorer bisa membaca partisi ext2, ext3, rasanya tidak mungkin. Tapi untunglah sekarang sudah tersedia explorer2fs yang bisa membaca partisi Linux dari Windows. Sebuah free explorer berbentuk mirip windows explorer. Pertama kali anda membuka maka explorer yang tidak membaca partisi fat dan ntfs ini memunculkan semua partisi yang ada dalam linux. Dan jika tree view tersebut diklik maka akan muncul folder - folder yang ada dalam linux anda, baik itu file hidden ataupun bukan akan diperlihatkan semua, namun masih sebatas read saja.



Dalam versi 1.00 pre 6 ini hanya ada 4 perlakuan yang bisa dilakukan terhadap file yang ada. Yaitu mengetahui properties file, Eksport file, Eksport as Text dan View. Namun saya masih belum bisa membedakan Eksport file dan Eksport as Text, karena kedua menu ini kelihatannya tidak ada bedanya. Eksport as Text juga tidak menghasilkan hasil eksport berupa text.



Fasilitas lain yang tersedia adalah select all, chek for upgrade, arrange icons, tampilan large icons, small icons, list, dan detail.Kedepan kelihatannya akan difungsikan beberapa fasilitas tambahan seperti rename, delete, import file, undo.



Sehingga boleh dikatakan explorer2fs ini hanya berfungsi mengambil file - file Linux untuk diolah di lingkungan Windows. Bagaimana mengenai pasword Linux? Tidak usah kawatir, karena dibuka dari lingkungan sitem operasi yang berbeda maka Password Linux tentunya tidak akan berjalan. Sehingga home punya kakak, homenya adhik atau temen bisa dibaca semua, bahkan homenya root juga terbaca.



Proses instalasinya tidak terlalu rumit. Ekstrak file yang di zip ke dalam suatu folder. Lantas run file exe-nya, maka explorer2fs bisa langsung digunakan.



Download explorer2fs dari http://uranus.it.swin.edu.au/~jn/linux/
Selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment