DiamondTool Virtual CD, Running Program Under CD dalam Hardisk.

on Thursday, June 17, 2004

Dewasa ini semakin banyak program - program yang meminta dijalankan under CD. Sebagai contoh program - program game meminta anda menjalankan program utamanya dari CD. Untuk software selain game, The Holly Quran meminta anda untuk menjalankannya Via CD juga. Sangat disayangkan memang, karena lama - kelamaan CD anda akan rusak. Lebih - lebih semacam The Holly Quran barangkali menuntut anda untuk selalu mendengarkannya. Kalaupun kita mengkopi seluruh isi CD kedalam Hardisk adalah sia - sia belaka, karena software utama tidak akan mau membaca data dalam hardisk tersebut. Mau tidak mau program tersebut harus selalu berada di dalam Cd.



Disinilah Virtual CD berperan. Virtual CD membentuk sebuah drive yang terbaca oleh Komputer sebagai CD-Room, padahal CD Roomnya sendiri tidak ada. Sehingga jika anda menginstall software Virtual CD, dalam Komputer anda akan bertambah satu lagi drive CD-Room. Hanya saja DiamondTool Virtual CD ini cuma mampu membaca file image CD.  File ini biasanya digunakan untuk di burning melalui CDRW. Maka untuk mengaktifkan Virtual CD anda harus menginstall sebuah software CD Burning guna membuat image CD.



Langkah - langkah membuat Virtual CD adalah sebagai berikut.
1. Downlaod software untuk memburning CD, sebagai contohnya adalah Clone CD di http://www.elby.org atau Nero Burning, program burning yang cukup terkenal, atau program apa saja yang bisa membuat image CD. Lantas install software tersebut.
2. Buatlah image Cd, kalau belum bisa membuat image CD baca manual dari software tersebut, karena tiap - tiap software berbeda cara pembuatannya. Semacam Clone Cd maka dia hanya bisa membuat image dari kepingan CD, sedangkan Nero dia mampu membuat image dari file yang ada di dalam hardisk.
3. Downlaod DiamondTools (freeware for individual non comersial) dari http://www.daemon-tools.cc, kemudian install dan runing program tersebut. Sebuah icon yang berada di try icon akan muncul. Klik icon tersebut dan mount CD image yang telah anda buat sebelumnya dengan mem-browse-nya. Maka Virtual CD tersebut sudah bisa anda gunakan.



Semoga bermanfaat.



Software yang harus di downlaod :
1. Clone CD di http://www.elby.org (trial, > 2 Mb) atau atau bisa juga software burning lain yang mampu mebuat image CD. Jika ingin yang ukurannya kecil dan freeware cari saja dengan google. Ada tersedia banyak.
2. Diamond Tools di http://www.daemon-tools.cc

5 comments:

Msruqi said...

Hai aq punya request bagaimana cara burning cd dengan memakai cmd
Pliz ya
Minta source codenya

ivo said...

waw, makasih utk sarannya yah
akhirny bisa jalanin game tanpa CD-Drive
thx
heheee

Agus Waluyo said...

#ivo Sekarang saya menggunakan magic iso daripada Diamond Tools, karena diamond tools sudah tidak freeware lagi. Untuk artikel, Magic Iso silahkan dibaca di sini http://agusw.penamedia.com/2007/08/01/magiciso-virtual-cddvd-rom/

putri said...

tolong donk bantu aq cara menggunakan clone cd, q gaptek bgt ni.
q uda berusaha tp masih bingung sihh ..........
please ya

chie said...

Gw pny Game, tapi harus make CD.,

Gw Trus Spy Ga ribet Hrs Mskn Cd dlu ke Cddrive ,..
caranya gmn yah.,.

Post a Comment