Enhanced Virtual Desktop, mebuat Windows Berdesktop 9.

on Thursday, June 17, 2004

Multiple Desktop merupakan salah satu fasilitas yang ditawarakan GUI Linux. Yaitu terdapat banyak desktop dalam environmentnya, yang pernah saya ketahui KDE memiliki 16 desktop, ICE Wm 4 Desktop dan lain - lain. Bagaimana Dengan Windows ? Kalau dulu di Windows hanya terdapat sebuah Desktop, kini tidak lagi. Mungkin karena multiple desktop dirasakan lebih mempermudah pekerjaan, Power Toys sebuah utility freeware keluaran Microsoft telah menyediakan fasilitas 4 Desktop, sayangnya hanya bekerja pada Windows XP.



Sedangkan untuk Windows 98 dan lainnya tak usah berkecil hati, http://www.hexagora.com telah menyediakan Freeware sendiri. Software ini lumayan kecil dibundle dalam sebuah file executable yang di zip dan berukuran 1.258 kb, tinggal ekstrak, double klik file exe-nya, ikuti petunjuk yang ada, restrat komuter, dan runing Enhanced Virtual Desktop. Maka dalam Windows 98 anda akan terdapat 9 Desktop.



Icon 9 desktopnya berada pada tryicon, serta menu - menunya akan muncul dengan mengklik kanan icon tersebut. Klik kiri hanya berfungsi sebagai next dan previous desktop. Sehingga kini anda bisa bekerja dalam banyak desktop. Sebagai cotohnya Desktop 1 untuk berselancar internet. Desktop 2 untuk messenger, Desktop 3 untuk Game dan sebagainya. Tedapat juga auto runing-nya jika anda ingin mengaktifkan program secara otomatis.



Walaupun Enhanced Virtual Desktop ini memiliki 9 Desktop, namun anda akan menjumpai sebuah Walpaper saja, dan dengan icon yang berada pada tryicon, mempersulit anda mengetehaui dalam desktop mana saja aplikasi program lainnya di runing. Proses pemindahan aplikasi program antar desktopun agak berbelit - belit. Sebagai contoh anda ingin memindahkan program winamp dari desktop 1 ke desktop 3 maka anda harus ke mengklik kanan di tryicon, dan mencari menu Move To untuk dihadapkan pada sebuah jendela move to terlebih dahulu.



Kunjungi http://www.hexagora.com jika anda tertarik dengan software ini.

0 comments:

Post a Comment