Mozilla Firefox v.1 PR, Browser Reloaded Turunan Mozilla

on Wednesday, October 27, 2004

Saya tak begitu faham dengan pengmbang Mozilla yang saya rasakan begitu lambat di pentium 200-saya. Yang saya ketahui berawal dari Nestcafe, lantas menluncurkan Mozilla dengan versi open-nya. Karena pembuatnya merasa tak puas akhirnya menelorkan Galleon, yang langsung di bendel dalam Gnome. Eh. sekarang sudah menelorkan lagi FireFox sebagai anak Mozilla.



Dalam versi 1 Preview Release yang telah di download lebih dari 1 juta download ini, tak banyak keistimewaan yang saya temukan selain New Tab dan Kotak Search default Google, yang fitur ini sebelumnya adalah unggulan dari Browser Opera. Ada lagi tambahan fitur blok pop up serpeti yang saya temukan di avant broser (sebuah browser yang nempel ie). Tampilannyapun “mbacem” (baca mencontoh) IE, cuma yang paling mengasikkan tampilannya yang sederhana dengan fitur yang sedikit seakan menunjukkan bahwa Firefox adalah benar - benar browser murni.






Tampilan dari Mozilla Firefox digunakan untuk mengakses offile http://liriknasyid.com



Fasilitas mail dan chat yang sebelumnya pernah ada di Mozilla tidak saya temukan dalam preview release ini. Pun demikian dengan Editing Web yang cukup payah dari Mozilla sebelumnya juga sudah tidak di includekan. Kecepatan loading awalnyapun lebih baik dibanding dengan Mozilla yang sebelumnya kususnya di komputer P 200 saya ... :), tetapi jika dibandingkan dengan IE, ya.. kalah jauh, karena modul - modul IE memang telah di load sejak kita menyalakan windows. Jika dibandingkan dengan Opera saya rasakan masih bagusan Opera. Tetapi saya coba di P4 ram 256 tidak ada bedanya, hanya berbeda sepersekian detik.



Tetapi tidak ada salahnya bukan mencoba web yagn berlokasi di http://www.mozilla.org/products/firefox/. Ya kita tunggu saja, mampukan Mozilla Firefox meruntuhkan raksasa IE di dunia browser yang kabarnya telah merajai dengan 95% pengguna ?

0 comments:

Post a Comment