Alhamdulillah, Akhirnya Launching Juga.

on Monday, January 10, 2005

Hampir dua bulan saya uthek - uthek di depan komputer, mengerjakan personal site. Namun tidak sepenuhnya dua bulan terus menerus didepan komputer mengerjakan personal site ini, waktu tersebut lebih banyak saya habiskan untuk mengetik e-book hadits arbain sekaligus versi onlinenya, karena kelahiran ponakan pertama saya, sekaligus minta doanya pada antum semua. Disamping itu juga menyelesaikan bimbingan sholat ditambah e-book almaktsurat. Alhamdulillah kesemuanya bisa selesai.



Tetapi ya seperti itu konsekuensinya personal site-pun menjadi molor. Seharian didepan komputer terus kadang membuat mata ini sakit, dan badan terasa lelah dan capek. Bahkan pernah juga delete tabelpun keliru drop database, waduh, padahal yang saya submit sudah lumayan banyak. Walau sempat ke-backup rasanya saya kehilangan waktu seharian mensubmit isi web. Tapi tak apalah sekalian peringatan bagi saya pribadi untuk lebih berhati - hati.



Desain ini terselesaikan lebih dahulu. Terinspirasi dari Windows Media Player 10, yang pada akhirnya saya capture untuk dijadikan headernya myweb ditambah sedikit pewarnaanya, jadi kolom search dan garis ke kiri di atas itu mengambil skinnya Windows Media Player 10. Sedangkan desain lainnya terinspirasi dari Open Source Web Development yang alamatnya bisa antum lihat dari Favorites. Code program phpnya pertama kali saya contoh dari Open Sourcenya kakakku, karena konsep Open Sourcenya kakakku dan keinginanku berbeda jauh, ngedel - ngedelnya juga lama. Tetapi satu bulan mrogram tidak selesai - selesai juga. Tampilannya sudah jadi tetapi belum ada halaman adminya. Waduh pasti masih lama nich.



Atas saran kakak saya, akhirnya make source code-nya homepage my brother tersebut. Ya, kalau pakei ini dua minggu saja sudah beres. Sebenarnya kalau mau full kerja paling satu minggu sudah selesai. Ya.. itu tadi sambil mengerjakan e-book - e-book yang barangkali berguna, padahal rencananya kemarin mau full mrogram sendiri. Ternyata eh ternyata hah mrogram sendiri itu bikin kepala cenut - cenut serasa mau pecah. Pusing iya, mumet iya.. he.. he.. he.., Alhamdulilah akhirnya jadi juga. Ditambah lagi pinjaman servernya.. Lengkap sudah deh kegratisannya.



Nah kalau punya web begini kan enak, misalkan saat menemukan cerita islam bisa disubmit. Eh tiba - tiba dan mendadak pingin nulis doa - doa atau hadits, bisa di submit; atau pingin curhat, submit; Enak kan? Terimakasih untuk My Brother atas pemberian source code sekaligus pinjaman servernya he.. he. he..



Saya masih berusaha mengemas keorisionalitasan di web ini, jadi kalau antum bertamu ada yang antum dapatkan dan bisa di bawa pulang serta tidak ditemukan di web yang lain. Terkecuali Cerita Islam, semua aplikasi disini telah melalui sentuhan tangan saya. Ambil contoh nich karaoke midi. Saya tak ingin hanya meletakkan file midi di server. Sama kan? di homepage lain pastilah ada yang telah mengusung midi, tetapi di sini saya tambahan track text yang barangkali belum ada di Indonesia yang telah membuatnya, Karena saya telah mengubek - ubek berkali kali mencari karaoke midi dalam format *.kar belum ada homepage di indonesia yang menyediakannya, tetapi kalau dalam midi barat ada banyak homepage yang telah menyediakannya.  Mengenai cerita islam kenapa saya masukkan ke dalam server juga, ya daripada tertimbun di PC saja, kan eman - eman ada cerita menarik, kenapa tidak saya publish sekalian. Bisa saja saya ngelink langsung ke yang bersangkutan tetapi nanti kalau tiba - tiba webnya mati seperti moslemword, nah kan eman - eman.



Serta masih tetap mengusung motto “menebar SENYUM merajut UKHUWAH” he he, karena moto ini dulu saya cari - cari dengan melekan sampai semalam ditemani Om Yeye (sekarang Om Yeye-nya sudah kerja di Jakarta) karena kemarin ada teman complain. He.. moto-nya mbacem ya? Enak saja, moto ini orisinil made in sendiri. Memang sih saya sering kali menemukan beberapa web yang menggunakan motto mirip - mirip moto ini, jangankan web, ada buletin bahkan rumah sakit make moto mirip - mirip pula, tetapi tak apalah wong cuman moto saja. Berarti minimal mereka yang memiliki moto kayak ini paling tidak pernah berkunjung kesini. Saya sih malah seneng saja, melekan saya yang semalaman sampai mendapat moto yang dulu itu berarti diterima banyak kalangan. Yang menjengkelkan itu kalau dikatain kayak temenku tadi, moto-nya mbacem nah itu baru kurang ajar he.. he.. he..



Pendukung web ini ada banyak. File-file berada di geocities.com dan geocities.com.sg, Foto - foto saya taruh di fotobucket.com, scrip php dan datanya ada di my brother, terus domainnnya ada di cjb.net. Jadi sekarang sever gratisnya di brinkster jadi nganggur. Sebenarnya pingin juga sih punya server sendiri semuanya dikasih di dalam server sendiri tersebut, sehingga maintenance-nya enak, tapi yach, belum ada finansial yang memadahi. Belum kerja ia, tak punya duit iya. Kalau dulu waktu kuliah enak, bisa menyisihkan sedikit - sedikit uang makan buat ngenet.  Bersyukur saja deh masih bisa online walau seminggu kadang cuman sekali. Bukankan Allah sendiri pernah berjanji kalau kita bersyukur akan ditambah nikmatnya.



Segitu dulu, terimakasih semuanya yang menyempatkan waktu membaca tulisan ini, masukan antum sangat saya harapkan. Tanpa adanya feedback rasanya kurang lengkap untuk mengetahui kelemahan dan kebodohan baik itu tulisan ataupun langkah - langkah saya.

5 comments:

sakinah said...

assalamu’alaikum
sakinah dr malaysia
web yg amat menarik
santai dan spontan
terpanggil utk mencontohi
namun terfikir keterbatasan muslimat (spt letak foto2 & komentar tanpa segan silu agak betentangan dgn sifat muslimat dan persepsi masyarakat)
tapi utk menarik minat remaja memang efektif
teruskan perjuangan murni ini
sesungguhnya ALLAH menilai walaupun seberat atom
insyaALLAH ana akan mencontohi konsep web anta
memang menarik!i am 100% behund u!

sidik said...

wah, semakin hebat design nya, salam idul adha

kank_agus said...

Terimakasih atas kunjungan bro sidik, salam idul adha kembali, serta teruntuk saudari Sakinah di Malaysia, salam hangat dari Surabaya, Indonesia.

zaq rn said...

asww, salam ukhuwah sobat, webnya bagus euy, sy bikin link utk midinya ya!klo ada midi nasyid yang lain tolong kabari ya!jzklh.wslm

abie said...

gimana cara dapetin midi nasid,,afwan gaptek nich,,

Post a Comment