Style Pada Ms Word (Word 2002) bagian I

on Monday, January 10, 2005

Sebenarnya banyak fasilitas dalam Ms Word yang kurang diketahui. Sebagai contoh konkritnya adalah pembuatan daftar isi otomatis. Waktu Tugas Akhir dulu terus terang saya mentertawakan teman saya yang membuat Daftar Isi secara Manual pada Word. Di cek satu persatu lantas diketik, padahal tinggal empat kali klik saja semua daftar isi pada Ms Word sudah terbentuk.



Belum lagi tatkala dosen pembimbingnya meminta jenis dan ukuran font untuk Judul Bab, Subbab, dan text umumnya harus diubah. Sayapun tinggal tertawa terbahak - bahak. Lah memang sudah saya peringatkan berkali - kali untuk menggunakan style tetapi tidak mahu, bukankah menjadi pekerjaan yang berkepanjangan?



Namun buat yang belum pernah mencoba dan merasakan pembuatan daftar isi otomatis ini, anda tidak bisa langsung menggunakan fasilitas istimewa tersebut jika belum berkenalan sama yang namanya ‘style’, karena antara style dan pembuatan daftar isi ini sangat berhubungan erat. Jika anda tidak menggunakan style maka secara otomatis data anda tidak bisa di buat daftar isinya otomatisnya.



Walaupun untuk tugas akhir dulu saya menggunakan OpenOfficeWriter dengan equation yang seambreg, namun saya agak mengerti tentang style MsWord. MsWord saya dahulukan ketimbang OpenOffice karena banyaknya masarakat yang menggunakan MsWord ketimbang OpenOffice, kususnya untuk saat ini. Tetapi jangan kawatir, jika dimungkingkan setelah pembahasan style pada MsWord ini akan saya usahakan untuk membahas style pada OpenOffice Writer seperti yang saya pergunakan saat saya mengerjakan tugas akhir dulu, ya semoga saja masih sempat.



Oke sekarang mari kita mulai belajar style MsWord. Saran saya gunakan Ms Word 2002 saja atau terbundel dalam office XP, (buat pemula harap diperhatikan bahwa Office XP tidak sama dengan WIndows XP, Windows XP adalah sebuah sistem operasi sedangkan Office XP adalah salah satu aplikasi yang dijalankan dibawah sistem operasi). Walau untuk urusan Drawing (gambar)versi ini kadang menjengkelkan tetapi kalau untuk urusan Style adalah jagoaanya.



Jalankan Ms Word hingga muncul jendela MsWord. Dari menu F

o

rmat klik lagi submenu

S

tyle and Formatting sehingga muncul “Task Pane Style and Formating” yang berada di sisi kanan MsWord.



Lihatlah pada kotak Pick Formatting to Apply secara default akan terdapat sebuah perintah Clear Formating dan empat buah standar style Ms Word. Keempat buah standart style ini adalah Heading 1, Heading 2, Heading 3, dan Normal.



Secara default Heading 1 menempati urutan level 1, Heading 2 menempati urutan level 2, dan Heading 3 menempati urutan level 3, sedangkan Normal menepati level ‘bodytext’.



Untuk menerangkan bagaimana sebenarnya level itu perhatikan sebuah contoh makalah yang saya buat ini.




Bab I Paket Office

1

1.1 Pengolah Kata

2

Pengolah Kata adalah salah satu paket Office yang paling banyak digunaan diantara paket Office yang lain. Betapa banyaknya surat menyurat, arsip - arsip dan data - data yang harus diketik. Tanpa ada pengolah kata rasanya sangatlah sulit

normal

1.1.1 Ms Word

3

Pengolah kata ini dikeluarkan oleh Microsoft, walaupun harganya selangit, tetapi kemudahan yang diberikan cukup menjanjikan. Dalam hal kecepatan misalnya MsWord sangat kompatibel dengan Windows, loadingnya paling cepat dan fasilitas yang diberikan sangat banyak........

normal

1.1.2 Open Office Writer

3

Seakan tak mau kalah dengan paket Word dari Microsoft, Open Office Writer berusaha menguasai pangsa pasar dengan menjanjikan kemudahan dan fasilitas yang tak kalah dengan Ms Word. Bersifat open source dan free Open Office memiiki kompatibilitas yang cukup tinggi denga MsWord. Didukung kemampuannya yang multi operating sistem pengolah kata ini makin banyak digandrungi.......

normal




Catatan : No 1 menadakan judul tersebut beradap pada level 1, No 2 menandakan judul tersebut berada pada level 2, No 3 menandakan level tersebut berada pada level 3 dan normal menandakan level ‘bodytext’.



Perlu dicatat juga bahwa level tidak menunjukkan bentuk font ataupun letaknya namun sebagai tingkatan dalam sebuah tulisan yang dalam hal ini adalah makalah. Dalam suatu makalah level tertinggi adalah judul bab, dan berada pada level satu. Jika dibawahnya terdapat Subbab maka Subbab itu berada pada level ke 2, dan jika dibawahnya Subbab terdapat Subsubbab, maka ia akan menempati level ke 3 begitu seterusnya. Dalam MsWord ini jumlah level dibatasi sampai 9. Jika masih belum mengerti ada baiknya anda lihat contoh daftar isi berikut ini.






Bab I Paket Office

1

............................................. 1
        1.1 Pengolah Kata

2

.................................... 1
                1.1.1 Ms Word

3

.................................. 1
                1.1.2 Open Office Writer

3

................... 1






Mengapa normal tidak dimasukkan dalam jenes level ke-empat? Karena normal memang sebaiknya berada pada outline level “bodytext”, bisa saja diubah menjadi level ke empat misalkan, tetapi hal ini malah mempersulit anda untuk mencek bab dan subbabnya. Terutama sangat menyusahkan untuk pembuatan Daftar Isi Otomatis, karena setiap level dari level 1 sampai level 9 akan terindex kedalam daftar isi.  Bukahkan daftar isi sendiri hanya berisi Judul Bab dan Subab?



Jika anda pemula dan masih bingung itu adalah normal, dan insya Allah akan mengerti jika kita telah mempraktekkannya. Untuk sesion ini minimal kita sudah mengerti tentang tingkatan - tingkatan level dalam suatu tulisan.



(bersambung)

0 comments:

Post a Comment