Panasnya Hubungan dengan Negeri Jiran

on Tuesday, March 8, 2005

Tak kalah ramainya dengan Isu BBM, wajah media di Indonesia saat inipun di blow up panasnya hubungan Indonesia dan Malaysia karena persengketaan perbatasan, bahkan bisa dikatakan sebagai isu kedua setelah BBM yang ramai di perbincangkan. Blok Ambalat kabarnya menyimpan banyak sumber minyak dan gas alam, terletak di dekat Kepulauan Sipadan dan Ligitan yang baru lepas dari pemerintah Indonesia, menjadi babak baru persengketaan perbatasan antara Pemerintah Indonesia dan Diraja Malaysia. Pihak pemerintah Indonesia tampaknya tidak mau tertampar untuk yang kedua kalinya.



Setelah kabarnya terjadi kasus pelanggaran perbatasan oleh tentara Diraja Malaysia maka tidak tanggung - tanggung, pihak Pemerintah Indonesia mengirimkan pasukan di Blok Ambalat dan melakukan Show of Force. Berbagai unjuk rasa di tanah air karena menyayangkan tindakan sepihak Diraja Malayisapun mulai ramai.



Saya sebagai warga yang dilahirkan di Indonesia merasa prihatin dengan kasus perbatasan seperti itu. Lebih - lebih saya yang memiliki beberapa sahabat baik di Malaysia pasti akan merasa sangat sedih mendengar berita ini. Saya tidak tahu pasti mana yang benar dan mana yang salah. Yang jelas satu diantara keduanya pasti ada yang salah. Jika saya tidak memiliki sahabat baik di Malaysia pasti saya akan mendukung penuh apa saja upaya pemerintah untuk mempertahankan walau sejengkal tanah ini. Tetapi bagi saya, sahabatpun adalah segala - galanya. Tercatat ada Bro Muhd di Kedah yang dengan ikhlas menyumbangkan space servernya sebagai support http://liriknasyid.com, Ada dik Nihlah Johari di KL yang kecil dan lucu dan sering panggil - panggil via Yahoo Messengers (maaf nich belum sempat ngirimin requestnya :D), ada Bro Sidik yang kadang shilaturohmi, Assyraff yang dulu sering banget ngirimin lirik - lirik nasyid, Najib yang biasanya ngajak bicara dengan bahasa Jawa, Syahida yang kadang berkunjung, Mbak Ina yang welcome untuk ngajari english language, dan masih banyak teman - teman Yahoo Messenger ataupun teman - teman Malaysia yang sering submit lirik di liriknasyid.com dan tak mungkin saya sebut satu persatu.



Jadi saya sangat berharap kedua belah pihak mampu berfikir jernih dan dingin untuk kebaikan bersama. Maka kita, baik saya yang Indonesia ataupun anda yang barangkali Malaysia, marilah kita bersama berdoa, semoga pemimpin - pemimpin kita diberi kerjernihan berfikir dan mampu menyelesaikan semua permasalahan dengan damai dan tanpa kekerasan. Serta apapun yang terjadi pada kedua pemerintahan ini saya berharap tidak terjadi keretakan persahabatan antara saya yang Indonesa dan semua sahabat - sahabat Malaysia. Makanya mari kita sama - sama berdoa agar kedua negeri ini diberi kedamaian dan selalu dalam lindungan-Nya.

3 comments:

yumni said...

iyah...sedih amat bila berlaku...seakan2 cemburu dgn ukhuwwah antara kita...kita bersatu atas dasar islam...bukan atas dasar nasinalis...iyah...silap malaysia banyak sekali...sebuah negara yg biasa dgn mewah...lalu jd tamak...kami yg di malaysia kadang2 heran dgn suasana luar yg menyangka kami ini sempurna sebagai negara islam...sebenarnya kami sebuah negara sekular..lalu apa yg dapat diharapkan dr pemerintahan yg sebegini rupa...kepincangan terlalu byk...apatah lagi apabila bergelumang dgn kesenangan dan kemewahan yg sampai menzalimi org lain...iyah...sifat ihsan sudah lama terhakis...yg ada hanya kepentingan duniawi...maaf yah bercakap mengenai politik tidak islamik buat saya sebal dan menyebalkan… iyah..namun perjuangan harus diteruskan...sedih tidak terkata jika ada buruk sangka antara kita....harap tidak sesama kita...ikwah fillah…

adyani said...

ayark...kitaorang dah kena serang http://www.amal-network.com/

sidik said...

kita bersatu atas dasar Islam sebagai ad-din, terikat dengan tali Allah. bukan kerana negara @ parti politik @ pertubuhan. sewajarnya perbincangan dijalankan dengan musyawwarah, bukan dengan emosi, tambahan lagi adanya media massa yang meningkatkan sentimen permusuhan antara dua negara kerana agenda tersembunyi. sama2 kita mohon perlindungan dari fitnah zaman ini.. amiin

Post a Comment