Menulis Arab di Ubuntu

on Wednesday, September 5, 2007

Rasanya tidak lengkap jika memiliki komputer tidak dapat untuk menulis arab. Kalau selama ini saya mencoba ngotak - ngatik cara instalasi menulis arab di Windows, eh di Ubuntu ternyata lebih mudah lagi. Simak tutorial berikut kalau berharap Ubuntu anda dapat digunakan menulis Arab.



1. Pilih klik kanan Panel | Add to Panel , tunggu beberapa saat hingga muncul kotak Add to Panel
2. Cari dan pilihlah Keyboard Indicator dengan cara mendoble Klik-nya, sehingga di Panel Anda terdapat Keyboard Indicator dengan tulisan USA
3. Pililah klik kanan pada Keyboard Indicator yang bertuliskan USA tersebut dan pilihlah menu Keyboard Preference.
4. Pilihlah Tab Layout dan klik tombol Add
5. Tentukan jenis Keyboard Arabic anda. Pilihlah azerty, qwerty ataupun Bulckwalter. Favorite saya adalah Bulcwalter, karena jenis ini yang menggunakan type Alif adalh A, Ba adalah B dan seterusnya.
6. Klik tombol Oke, kemudian klik tombol Close.
7. Untuk mengaktifkan keyboard arabic Klik Keyboard Indicator USA yang ada dipanel maka mapping keyboard anda akan berubah menjadi Arabic, dan sebaliknya klik Ara untuk merubah kembali ke keyboard normal (USA)
8. Bukalah editor gedit ataupun OpenOffice untuk menuliskan arabnya.

14 comments:

edi said...

ada sofwarenya g mas......?
]

Agus Waluyo said...

# edi, Software apaan ya? Tutorial diatas itu cuman menambahkan sedikit setting pada Ubuntu.

bagyo said...

mas trims anda membuka wawasan saya. saya juga ingin menulis arab di laptop saya menggunakan windows office, cuma yang anda bilang klik kanan panel itu kli di mana, maksudnya di word atau di desktop tau dimana ? trims sebelumnya.

bagyo said...

maaf tulisan yg belepotan ini saya koreksi:
mas trims anda membuka wawasan saya. saya juga ingin menulis arab di laptop saya menggunakan microsoft office, cuma yang anda bilang klik kanan panel itu klik di mana, maksudnya di word atau di desktop atau dimana ? trims sebelumnya

obied.deb said...

Sip tutonya!!! Tapi untuk BlankOn 4.1 apa juga tersedia??? Matur kasih! Salam hangat dari wong Pesantren Sidogiri!

Rony said...

turialnya keren Mas...padat,singkat dan berisi. Lebih mudah dari yang di W*****s...

Rony said...

*tutorial

dadang said...

jazakallah khaeran katsira mas.

omyn said...

*pada tab Layout pilih dulu by Language baru pilih arabic ..

sarwanto said...

mas sy kog masih bingung lo sdh sy coba tp gx ketemu2, ada lg cara lain yg lebih mudahkah?

sarwanto said...

atau klu ada sofwernya dan bisa di download sy rasa itu agak mudah. jd gx ush repot2 nyeting ini itu..... mf ya mas!

Belajar Linux said...

makasih mas infonya.........

fixed said...

simpel & keren..
harakat & spasi-nya pakai apa y? nambah fonts arabnya?
tq..

edy said...

podho2 wong nggalek.
suwun....

Post a Comment