Memutar Film Dengan Subtitle

on Monday, September 17, 2007

Saat generasi DVD dimunculkan kita bisa melihat film dengan berbagai subtitle, bisa indonesia, enggris, malaysia, bahkan thailandpun juga bisa kita nikmati asalkan pada DVD tersebut disisipkan subtitle bahasa yang bersangkutan. Bagaimana dengan PC? saya mengetahui kalau sudah tersedia plugins untuk menyisipkan subtitle ketika sebelum menghadiri nikahnya my best friend Cak Ibnu menyempatkan main ke rumahnya Mas Edy. Sebuah film serial Hero yang sekarang lagi putar di Trans-TV dipamerkan pada saya lengkap dengan subtitle-nya. Program Xine, VLC maupun Totem Movie Player di Linux langusng bisa menampilkan subtitle yang berekstensi .SRT tersebut.



Ternyata prinsip kerja dari file subtilte ini mirip .LRC pada winamp. Setelah file berekstensi .SRT tersebut saya buka ternyata berisi kumpulan text lengkap dengan tag waktu supaya di load pemutar film saat di putar natinya. Jadi berbagahagialah jika anda adalah pengguna Linux karena rata-rata pemutar film di Linux langsung mengenali file berekstensi .SRT tersebut sebagai file subtitle dan akan ditampilkan di layar. Saratnya supaya ditampilkan di layar ada dua, pertama file berekstensi SRT sudah diberi time-tag, yang kedua nama file film dan file subtitle harus sama, misal film-nya berjudul Ace Age.dat, maka file subtitlenya harus berjudul Ace Age.srt kecuali jika pemutar film anda dilengkapi dengan fungsi Browse nama subtitle, maka anda bisa menentukan sendiri letak file subtitlenya.



Bagaimana dengan Windows?
Windows Media Player di XP belum mengenali SRT sebagai file subtitle, tetapi anda bisa menggunakan program-program lain yang bisa melakukan pekerjaan ini. Diantaranya VLC for Windows, DivX Subtitle Displayer, ataupun Free BS Player. Free BS Player ini nampaknya sangat bagus, walaupun disertai iklan, karena kita bisa mengatur letak subtilte sesuai selera anda. Bahkan disedikan juga fasilitas pengaturan OFFSET yang mudah, artinya kalau munculnya text terlalu cepat atau terlalu lambat anda tinggal menekan tombol Ctrl+Up atau Ctrl+Down sehingga text yang muncul bisa sesuai.



Bagaimana untuk mendapatkan file subtitle?
Kalau yang ekstrim anda bisa mengetik sendiri, tetapi ada juga situs penyedia subtilte. Contohnya http://www.opensubtitles.org/ Tetapi jika anda membuka situs ini saya sarankan matikan fasilitas view image-nya, karena kadang ada gambar-gambar yang tidak layak ditonton. Atau search saja di google dengan kata kunci subtitle nama film, atau bisa juga srt subtitle nama film. Rata-rata file subtitle tersebut sudah dilengkapi dengan penanda waktunya.
Cara lainnya, anda bisa menggunakan software yang bisa mengambil file subtitle dari sebuah DVD. Temukan sendiri di google, ada banyak software gratis yang mampu mengambil subtitle dari DVD.



Bagaimana cara menambahkan waktu pada file SRT ataupun menambahkan offset file SRT?
Jika anda pengguna windows, download DivXLand media Subtitle, software gratis ini sangat bagus untuk menambahkan waktu ataupun mereplace waktu pada file SRT hasil download anda. Tetapi memang sangat susah untuk menambahkan subtitle ini, karena anda harus tahu kapan aktor itu bicara dan kapan berhenti, jadi memang paling mudah adalah mendownload subtitle kemudian jika waktunya tidak sesuai tinggal di replace berapa menit.



Selamat mencoba, maka anda bisa dengan mudah membaca sekaligus mendengarkan percakapan dalam bahasa Inggris. Tentunya bahasa Inggris anda bisa lebih fasih lagi bukan?

38 comments:

shinobi32 said...

artikel yang bagus. mmg zaman skrg sudah canggih. sering saya mendownload film format .avi belum ada subtitlenya, jadi saya cari di internet. emg byk yg sering gk tepat, untung2an juga nyarinya. tuk program, bisa coba "gomplayer". bagus menurut saya..

ang said...

tips yg bagus banget bos......

4 jempol ku acungkan...hehhehehe

Irfan9727 said...

Kalau pakai SMPlayer, bisa otomatis cari subtitle di folder yang sama, asal namanya sama dengan nama filemnya. Karena simpel dan cepat, saya lebih suka pakai SMPlayer!

Ardian said...

wah thanks berat atas infonya , Klo ngak keberatan link ini saya cantumkan diblog saya ya.......

Agus Waluyo said...

#Ardian, Silahkan saja mas.

abid famasya said...

Terima kasih infonya
Tapi kalo mau nambahkan subtitle di film yang di DVD gimana??

adi nur adnan said...

matur tengkyu thok wes....infone jan mboh...hehehehe

riszkisick said...

downloadnya mumetttt

jemris ointu said...

PAKAI GOM PLAYER SAJA PASTI OK

fr said...

kebetulan ada yang bisa berbagi soal subtitle.
gini Mas.. 2 bulan yang lalu laptop saya kena virus, trus saya instal ulang pake XP2. tapi kemudian setiap saya memutar DVD tak pilihan subtitlenya ga pernah aktif. padahal di laptop temen saya putar dvd nya ada pilihan subtitle. saya jadi bingung. udah acak sana-sini tapi tetep ga mau. udah hampir semua vasilitas player video saya pake tetep ga mau.
kira2 dimana letak kesalahannya itu mas???
bisa bantu saya??
apa yang perlu saya lakuin untuk memunculkan subtitle tersebut??
klw swmpat balas ke email sya ja mas. fren.axl@gmail.com

ag4 said...

trims mas artikelnya

harry said...

interesting,, & very usefull thanks

AANK said...

bagaimana hilangkan efek suara translator yg keluar pas file .srt diupload ke filmnya?soalnya jadi suara percakapan di filmnya ga jelas gt.mhn bantuannya

indiolinks said...

Yes yes yes thank banyak atas keterangannya. Saya benar2 butuh keterngan ini he he, dan cari2 baru ketemu di sini nich. Salam kenal ....

Uka said...

Oo bgitu, Thanks infonya...

Bean.Jr said...

Thanks ya gw sekarang bisa non ton film mr.bean

ouphy4 said...

saya punya masalah soal letak subtitle
kalo pas muter dvd pake gom, letak subtitlenya gak pas di tengah.. yang separo terlalu ke pinggir jadinya nggak keliatan,. tapi kalo pake windows media player letaknya pas.. ntu kira2 solusinya gmn ya??

Agus Waluyo said...

#Ouphy4, Oh, coba tekan Alt+Home untuk default atau Alt+Left() jika posisinya ingin agak ke kanan, Alt+Up agak naik dan Alt+Down agak turun..

Agus Waluyo said...

#For All, sama2 :)

ipenk said...

tenkyu gan..... sangat membantu

TRI ARISMA said...

MAKASIH BOS, BARU TAU AKU SEKARANG LANUT NONTON MY BOS MY HERO

ekaola said...

wahhhh kebuka deh masalah ku selama ini,,tks besar Bro udah menjelaskan kepada kita.

Fanhar said...

Bang,
dah dwnld film dan subtittlenya nih, klo lewat windows, pc ngerti bang nampilin subtitlenya. Tapi tuh file film mw ak import k DVD player, nah pas d DVD playernya, filmnya tampil d TV bang. tp subtittle yang tadinya bisa nongol d windows jadi gak ada bang d TV.. mhn bantuannya..

Fanhar said...

bisa tampil bang d TV, thx infony, smg tuhan membalas kebaikan abang

Agus Waluyo said...

#All sama-sama ya :D

DEDEN said...

bos saya mau tanya gimana cara mengatur letak subtitle agar pas enak di lihat soalnya saya pake windows media player suka munculnya di kanan samping mulu jadi gk kelihatan....

Agus Waluyo said...

#Deden, Ganti saja dengan GOM Player (http://www.gomlab.com/) Untuk menata subtitlenya tinggal tekan tombol [Alt+Left atau Right atau Up atau Down). Beres deh.

deden said...

makasih mas
tpi gom player jelek lemot di saya mah....
ada software pemutar video yang lebih bagus gk????

Agus Waluyo said...

Coba saja Daum PotPlayer atau sofware lain seperti yang saya sebutkan di atas.

mochamad zaen said...

saya mohon di bantu , banyak sdh sy downlod file , ada yang pktek ada jug yg tdk say kesulitan untuk menterjemahkan nya yang ada tek tlg di bantu

Agus Waluyo said...

Dibantu apanya? Menterjemahkan? Gunakan translate.google.com saja. Walaupun tidak 100% benar tapi menurut saya lumayan membantu.

meongkasep said...

Tararengkyu Gan ... ane demen ame postingan ente ...
Lanjutkan berkarya Gan .... :D

Agus Waluyo (Admin) said...

Sama-sama Gan. :D

myra said...

wah Mas, saya baru baca postingannya. laptop saya memiliki masalah yang sama dengan #fr . setiap saya memutar DVD pilihan subtitlenya ga pernah aktif. Tapi kalau di laptop temen saya, putar dvd nya ada pilihan subtitlenya. Saya coba dengan video player yang lain, subtitlenya malah kepotong setengah disebelah kanan bawah. semua video player saya coba tapi tetap sama -_- mohon bantuannya :D

Agus Waluyo said...

#myra, cb install GOM Player atau VLC Media player.

nana said...

kok saya udah punya gomplayer, VLC tetep aja subtitle.a susah, kalo gom g da subtitle.a. tpi klo pke vlc subtitle.a cman stgah???

Agus Waluyo said...

Mungkin nama subtitlenya belum sama dengan nama filenya. Misal kalau film berjudul spiderman.mkv maka subtitlenya harus berjudul spiderman.srt

Unknown said...

Untuk jenis extensi file nya gg ngaruh ya gan? Misalnya 3gp, mkv, mp4 semua bisa ditambahkan subtitlenya ya.

Post a Comment