Incip-incip OpenOffice.Org 3

on Saturday, October 18, 2008
Selasa yang lalu saya sempatkan untuk mengunduh aplikasi OpenOffice 3.0 karena saya benar-benar penasaran dengan paket Office gratis ini. Mengunjungi situs Download OpenOffice.Org saya memang harus gigit jari karena sudah dua hari ini situs tersebut down, walaupun kemudian baru saya ketahui kalau mirror yang di Indonesia ternyata tidak ada masalah. Maka sayapun hunting ke Softpedia untuk mengunduhnya.

Dengan rasa penasaran yang besar, saya tunggu proses download 128 Mb yang tidak begitu lama sambil mengUnisntall OxigenOffice yang membundel OpenOffice 2.3 sebelumnya. Oh iya OxigenOffice adalah aplikasi OpenOffice yang memuat ratusan clipart, bedanya hanya di ClipArt saja. Setelah proses download selesai ting... tung... alhasil OpenOffice 3.0 sudah terinstall di laptop.



Setelah saya coba sebentar saya tidak begitu menemukan fitur-fitur baru yang signifikan. Hanya ada beberapa saja yang saya temukan yaitu zoom pada Writer yang ada di bawah dengan menggeser ke kiri dan kanan seperti di Office 2007, kemudian jumlah kolomnya di Calc menjadi 1024 kolom. Oh iya versi ini sudah mampu membuka ekstensi file Office 2007 dotx ataupun xlsx namun tidak bisa melakukan editing dengan ekstensi tersebut, jadi kalau anda buka file Office 2007 ada harus menyimpan dengan ekstention yang lain. Meski begitu saya membaca beberapa artikel kabarnya ada seambreg fitur baru.. Hmm..

Barangkali anda sudah incip-incip OpenOffice.Org 3.0 dan menemukan fitur yang baru? Menurut saya kok biasa-biasa saja ya dari versi sebelumnya? Bagaimana dengan anda?

7 comments:

achedy said...

Lebih cepet nggak ?

kank_agus said...

Sama saja, tetap lambat kalau quicklaunch-nya belum dijalankan.

azhari said...

gimana caranya menjalankan quicklaunch...

kank_agus said...

Maksudnya bukah quicklaunch tetapi quick starter, otomatis ke load sewaktu kita menjalankan openoffice di windows. Kalau belum terload, cari saja di folder instalasi openoffice.

irfan9727 said...

@azhari
Kalau anda pasang OpenOffice langsung tanpa otak-atik apapun, biasanya udah otomatis ke-load pas startup kok.

hielmy said...

fitur yang paling ditunggu di openoffice 3 itu katanya supportnya terhadap file2 office 2007. tapi pas saya coba sih nggak kompatibel 100%, masih banyak yg nggak sama persis seperti aslinya pas dibuka tuh. btw anda download dari situsnya langsung? knapa nggak di mirror lokal aja? seperti kambing.ui.edu, tuh jauh lebih cepet loh, bisa 10-12x lebih cepet daripada unduh langsung dari luar :)

Agus Waluyo said...

#hielmy
waktu tulisan ini saya buat versi 3 nya baru beberapa hari diluncurkan dan waktu itu belum ada di server lokal.

Post a Comment