Program Jadwal Mengajar V1 dan V2

on Monday, August 10, 2009
Program ini merupakan program yang bisa membantu membuat Jadwal Pelajaran di sekolah khususnya Sekolah Menengah, dan dibuat dengan perangkat lunak pengolah angka Excel. Program ini sebenarnya sudah 6 bulan yang lalu saya dapatkan dari Pak Fajar guru TIK SMPN 3 Malang. Tugas saya sebenarnya cuma bikin tutorial sama Upload di server, hehehe tetapi karena tertunda terus akhirnya baru bisa upload sekarang sekaligus dengan versi 2 dengan beberapa perbaikan. Pada versi 1 saya tambahi Sheet Mengajar Tiap Guru, supaya mudah melakukan percetakan jadwal untuk tiap-tiap guru.

Untuk versi 1 ini:

a. Tiap pararel kelas terdiri atas 9 kelas, atau kelas A s/d I

b. Jumlah jam dalam sehari ada 10 jam

c. Jumlah guru ada 60 guru.

d. Kelemahan versi ini agak susah dikembangkan, misalkan untuk menambah satu pararel kelas harus mendesain dari awal.

V2 secara tampilan hampir mirip dengan V1 satu hanya saja penggunaan logika jika terjadi double entri pada kode guru yang sama dipermudah.

a. Tiap pararel kelas terdiri atas 15 kelas, atau kelas A s/d O

b. Jumlah jam dalam sehari ada 10 jam

c. Jumlah guru ada 120 guru.

d. Lebih mudah dikembangkan daripada versi 1.

Required :

Sofware Spreadsheet seperti Excel atau OpenOffice Calc.

Download V1+ Manual

Ukuran 300 Kb, Filetype : XLS dan PDF dalam kompresi RAR

Download V2+ Manual

Ukuran 1 Mb, Filetype : XLS dan PDF dalam kompresi RAR

39 comments:

ali muhtar said...

Assalamualaikum....,mas Agus. Kebetulan saya seorang guru pada SMP Negeri-2 Murung, Kab.Murung Raya Prov. Kalteng. Jauh di pedalaman Kalimantan, kebenaran lagi baru belajar internetan baru saja saya mengunduh program jadwal mengajar dari web anda, waduh....kelihatannya banyak membantu tuh.....trim's ya mas....,bagaimana kalau mas kasih saya RPP bid. studi matematika smp lagi. Oke.......mas.....

Agus Waluyo said...

Salam kenal Pak Ali, wah kalau RPP matematika saya tidak punya, karena saya bukan guru bidang study matematika. Tetapi kalau situs yang nampaknya ada, coba njenengan search di google aja.

Muh Ichsan said...

assalamu'alaikum wr.wb

Mas agus mohon diijinkan untuk mendownload
program jadwal ya, terimakasih banyak
salam kenal dari saya

Wassalamu'alikum wr.wb

joko said...

menyusunnya kok tetap manual. ginama kalau dibuat seperti bisa mengacak sendiri, otomatis program yang menyusun.

heru supriyanto said...

matur nuwun sanget awit program meniko. mugi-mugi saget manfaat. jazumullah khoiron katsiro. semoga menjadi amal jariyah. aamiin

weka said...

thanks. ditunggu pengembangan selanjutnya (seperti ide pak joko) ....

javas hatebreeder said...

thanks bos

iskandar said...

kalau mau nambah kelas gimana pak

Alfin said...

Nyuwun pareng, download pragram ipun, Pak.... Yen kagem Guru kelas kados SD, nanging wonten ugi kang ngagem bid. studi (penjas, PAI, SBK, Mulok) pripun, nggih...???

jazumullah khoiron katsiro

Alfin said...

Nyuwun pareng, download pragram ipun, Pak…. Yen kagem Guru kelas kados SD, nanging wonten ugi kang ngagem bid. studi (penjas, PAI, SBK, Mulok) pripun, nggih…???

jazumullah khoiron katsir....

Agus Waluyo said...

Bisa di lihat dari daftar per-gurunya... Kalau per ruangannya belum ada pak. Terimakasih.

agus mamba'ul wijaya said...

saya kog blm bisa mengunduhnya ya...

Agus Waluyo said...

Bisa diunduh kok.. saya barusan cek lancar :D

SIGID said...

mas monanya untuk input jadwalnya kok ndak bisa ya?
caranya gimana?
untuk menambah guru dan jumlah kelas bagaimana?
tolong di emailkan ke cigidos@gmail.com

terimakasih.

Agus Waluyo said...

Ya diketik biasa saja. Pertanyaan di coment balasnya dicoment, kalau pertanyaan lewat email balasnya juga di email hehehe. Lah spyn sendiri juga malas kirim email gitu lo. :)

Andi A said...

Terima kasih pak, izin download programnya.

Agus Waluyo said...

#Andi. Monggo silahkan.

Agus Waluyo said...

#All, mohon maaf dulu jarang lihat2 blog, jadinya ndak tahu kalau ada yg comment. Mohon maaf kalau baru sempat balas.

zaki said...

Aslm..mas Agus...kenalkan sy zaki....syukur alhmd sy bs kenal bpk... sy bekerja di bimbel....apakah bs diterapkan jg prog. bapak ini utk membuat jadwal mengajar bimbel?
Jazakumuloh khoiron katsir

zaki said...

no hp sy 087780397374

Agus Waluyo said...

Waalaikumsalam Mas Zaki, dicoba dahulu saja, kelasnya mencukupi atau tidak, karena kalau bimbel kadang model pembagian kelas dan guru mengajarnya agak berbeda. :D

securesh said...

boleh coba ya mas hehe

Agus Waluyo said...

monggo silahkan :D

muhammad zais said...

Terima kasih sekali Mas Agus. Ini sangat membantu sekali.
semoga menjadi amal jariyah jenengan

Agus Waluyo said...

Sama-sama. Amin Pak, Salam kenal.

rifaie27 said...

Alhamdulillah... akhirnya ketemu juga dg pak Agus. tempo hari saya lihat program jadwal mengajar ini di laptop teman. setelah saya amati ternyata ada beberapa hal yg bisa dimodifikasi. itu pun masih ada kendala yaitu 1 orang guru yg mengajar lebih dari 1 mapel tidak terdeteksi karena berbeda kode.

Agus Waluyo said...

Salam kenal Pak Rifai, terimakasih atas kunjungannya. Untuk seorang guru yang mengajar lebih dari satu, Kalau saya biasanya menggunakan code yang sama, tapi di kolom mapel saya (Alt+Enter) shg walau ngajar dua mapel bisa dibuat berturut. Tapi di total jumlah
tetap jumlah dari dua mapel itu.
Misal Agus ngaajar IPA (8jam) dan TI(2 jam), di kolom mapel saya tulis IPA (Alt+Enter) TI, dikolom total saya tulis 10 jam.
Kalau kesulitan dibuat menggunakaan 2 kode dulu misal Agus IPA kode (8) dan Agus TI kode (100) saya gunakan code angka terakhir agar tdk mengubah kode guru yang lain, kalau sudah selesai di edit, codenya saya kembalikan ke code awal (100 diubah menjadi 8).

UNTUNG RAHARJO said...

matur suwun mas ilmu dan pengetahuannya, saya di kaltim ijin download dan mau coba untuk memodifikasi

Agus Waluyo (Admin) said...

Sami-sami, monggo silahkan.

MUhammad zais said...

Mas Agus, saya ucapkan banyak terimakasih atas core programnya v2. Program mas Agus kali ini saya kembangkan dengan menambahkan mata pelajaran, jadwal masing2 kelas, jadwal masing2 Guru saya tambah dengan tugas piket, jadwal Umum semua kelas dan jurnal pegangan guru piket. Dan agar tampilannya menarik saya desain dengn tampilan tombol menu utama untuk mengakses sma worksheet.
Sekali lagi saya ucapkan banyak trimakasih Mas.

Azizi said...

Matur kesuwun geh kang, program akang amat berguna

Agus Waluyo (Admin) said...

#Muhammad Zais. Kalau berkenan saya tunggu share-nya Pak :D Hehehe...
#Azizi. Iya sama-sama. :D

alfan said...

aslm.mas agus terima kasih banyak atas programnya.rencananya saia mw pakai program ini utk bimbel jg.klo jumlah kelasnya msih bisa ditambah ga mas?

Budiharto said...

Baru aja diberi SK buat bantuin PKS Kurikulum. Waah aplikasinya sangat membantu sekali, Mas. Makasih, Ya. Salam kenal dari Bandung. :-)

dadan andana said...

Izin unduh softnya..terima kasih banyak telah membantu. Jazakumullah barokallah

kasdin Ginting said...

salam sejahtera dan salam kenal,saya juga seorang guru yang ditugasi kepsek menyusun jadwal pelajaran. terus terang saya merasa capek sekali menyusunnya secara manual. ketika saya coba belajar buka internet rasanya beruntung sekali menemukan mas agus yang saya yakini bisa membantu saya untuk myusun jadwalnya. untuk itu saya mohon kepada mas kiranya mengijinkan saya mengunduh softnya.terimakasih

muhammad Zen said...

assalaamu'alaikum pak Agus... saya mau tanya, kalau bikin jadwal untuk SMP SMA dan kelas Intensif sekaligus... bagaimana?

Agus Waluyo said...

# Alfan, Bisa saja Mas, tapi nyusun ulang :D
# Budiharto, Salam kenal kembali Mas. Syukurlah jika bisa membantu.
# Dadan. Sama-sama Mas Dadan, semoga bermanfaat.
#Kasdin, Salam kenal kembali. Silahkan diunduh dan disebarluaskan.
#M. Zen. Waalaikumsalam. Kelas intensif gimana ya? Kalau lebih dari 10 jam perhari atau jumlah kelas lebih dari 15 harus di susun ulang excel-nya.

anang said...

Baru aja diberi SK buat bantuin PKS Kurikulum. Waah aplikasinya sangat membantu sekali, Mas. Makasih, Ya. Salam kenal dari Kal-Bar. :-)

Post a Comment