Kesampaian Juga punya Harmonica

on Tuesday, March 6, 2012

harmoica.jpgTidak tau kenapa tiba-tiba kangen niup-niup Harmonica. Doeloe sewaktu kuliah pernah dipinjami seorang teman sebuah harmonica Tremolo, belajarnyapun ngawur dan otodidak. Akhirnya setelah menembel panci eh.. nembel sepeda yang bocor pergilah saya ke toko Sport di kecamatan. Namanya toko Sport tapi jualan alat musik juga. Iseng-iseng nanya Harmonica.. Loh ternyata ada juga.

Saya disodori harmonika jenis Tremolo yang terbuat dari kayu seharga Rp 20.000,- dan Harmonica Chromatic seharga Rp 65.000,- padahal saya pengennya nyari yang diatonik soalnya lebih simpel, tapi ndak ada di toko tersebut. Setelah nyoba niup dah hirup harmonica tersebut, akhirnya saya memutuskan untuk mengambil yang Chromatic Merek Hero M1015 seharga Rp. 65.000. Disamping niupnya lebih gampang suaranya lebih bagus. Kalau yang 20 ribu lebih ringan di pegang tapi terasa berat untuk dimainkan. Saya pikir murah juga harga segitu karena sewaktu saya cek harga di tempat yang jualan Online harganya kisaran $9 s/d $12.

Sesampai di rumah nyoba-nyoba sebentar untuk "nggrebeki" (=mengganggu) orang seisi rumah, loh kok nggak selaras nada si-nya oh ternyata setelah nyoba-nyoba harus T-H-T-H-T-H-H-T (dengan T=tiup dan H=Hirup). Googling sebentar ketemu juga tutorial pengenalan dan memainkan harmoika. Silahkan ]cek di sini :

  1. Pengenalan Harmonika https://www.facebook.com/note.php?note_id=10150116314662204
  2. Memainkan Harmonika http://julian-muni.blogspot.com/2010/08/memainkan-harmonika.html
  3. Sejarah dan Jenis Harmonika http://piecesly.blogspot.com/2011/04/dunia-harmonika.html

9 comments:

mitha said...

trus?yng dibeli enak gx dimainin.a??
kalo menurut kaka saya kalau yang murah itu biasa.a besi.a mudah berbau karat. bner gx??
entah stan apa yg merasuki saya, tiba2 jja pengen punya harmonika

Agus Waluyo said...

Lumayan mbak. Mungkin saja, tapi punya saya ini belum berkarat, dan dibagian mulutnya terbuat dari plasti, jadi tidak bersentuhan dengan aluminiumnya. Tapi misal beli yang murah misalnya udah bau besi, mungkin di ganti saja. Hehehe... masak punya harmonika nunggu kerasukan setan segala :D

Didit said...

Saya jga punya yang Kromatik, hebat itu harmonika, bisa mainkan lagu apa saja...karena ada peninggi nada setengahnya....

naila said...

pak, tau toko yang jualan harmonika di daerah Malang? saya juga tinggal dimalang. trims

Agus Waluyo said...

Coba di toko musik Kauman. Atau bisa juga di cek di Gramedia Malang, barangkali ada.

helmi said...

toko musik kauman di dareah mana ya ? :)

Agus Waluyo (Admin) said...

Ya di daerah Kauman :D, tetapi mohon maaf nama jalannya lupa karena aku sudah tidak tinggal di Malang lagi. Kalau dari Kantor Pos Alun-Alun Kota Malang lurus saja ke barat. Tokok musiknya ada di kiri jalan.

Lucia said...

wah saya tertarik mau belajar harmonika :D
kira2 harmonika jenis apa yg bagus ya ?
sama gimana cara memainkan harmonika ya?
makasii :D

RogueRin said...

Bang ane kan terlanjur beli Chromatik yang 24 lubang bang , terus ane gk tau tab2 nya bang..
mohon diberi pencerahan bang..

Terima Kasih

Post a Comment