Launchy Datang, Start Menu Meghilang.

on Thursday, March 8, 2012

Software kecil yang satu ini cukup keren. Lama saya tidak melirik Launchy, wah ternyata kemampuannya luar biasa. Sayapun kadang pusing dengan urusan menjalankan program, karena ketika tombol start saya klik di Start Menu maka berjajarlah seambreg program yang harus kita pilih-pilih. Untuk pemakai windows 7 sebenarnya sudah ada kotak search file yang lumayan membantu dibanding dengan mencari program di kumpulan Start Menu tersebut, tapi Launchy, wah lebih simpel lagi. Cukup ketik satu huruf, dua huruf, program-pun muncul dan tinggal kita tekan tombol Enter untuk menjalankannya. Tidak pernah saya bayangkan ada program sesimple ini.

Default setelah installasi adalah autorun bersama dengan menjalankan Sistem Operasi. Tetapi dia sembunyi di Try Icon. untuk selalu menampilkannya di desktop anda tinggal mencari pilihan di Option. Tetapi jika ingin menampilkan Launchy ketika menjalankan secara sembunyi, cukup tekan tombol default ALT+SPASI, walaupun dari Option anda juga bisa mengganti dengan tombol lain. Cukup ketikkan beberapa kata yang sesuai dengan nama program yang akan dijalankan, maka nanti akan ditampilkan dropdwon kumpulan link program yang mirip dengan kata yang anda ketik. Namun jika pada Default Icon, icon dari program yang anda pilih sudah ditampilkan langsung tekan tombol ENTER.

Setelah anda tekan tombol ENTER ataupun memilih dari kumpulan program, secara default jendela Launchy akan sembunyi dan program yang anda jalankan akan ditampilkan. Untuk memunculkan kembali tekan tombol ALT+SPASI.

Karena kita sering mengisntall dan meng-uninstall program maka database (catalog) shortcut program harus di update. Caranya gampang, tampilkan jendela Launchy, kemudian tekan F5 atau pilih Klik Kanan | Rebuild Catalog. Tetapi jika anda tidak suka cara ini Launchy secara otomatis akan mengupdate catalognya setiap 10 menit.

Beberapa pengaturan yang mungkin berguna dari menu Option (Klik Kanan |Option) diantaranya :

  1. Selalu memunculkan tampilan Lauchy. Jadi ketika di Enter/dipilih programnya jendela Launchy tidak menghilang.
  2. Selalu di atas.
  3. Menampilkan shorcut Launchy di TrayIcon
  4. Mengubah skin (tampilan)
  5. Menambah/mengurangi letak Catalog.
  6. Menjalankan atau mematikan Plugin (program perluasan)

Nah kerenkan? Makanya install saja Launchy dan katakan GoddBye pada Start Menu. Oh iya proyek opensources ini tidak hanya untuk Windows saja tetapi juga Linux dan Mac.

Lanunchy 2.5 (Stable Version)
Sistem Operasi : Windows (4,5 Mb), Linux, Max
Jenis : Freeware-Opensources
Download : http://www.launchy.net/download.php

0 comments:

Post a Comment