Siwilen

on Thursday, March 8, 2012

siwil.jpgKemarin bangun tidur kulit di jari telunjuk kiriku sakit sekali, setelah aku lihat ternyata "siwilen". Istilahnya tidak keren mungkin, saya cari di kamus juga tidak ada. Tapi orang-orang di sekitar saya menyebutnya "siwilen" atau ada juga yang menyebutnya "moto yuyu" (=mata kepiting). Apa sih siwilen itu? Siwilen adalah mengenlupasnya sebagian kulit di sebelah kiri atau kanan kuku. Penyebabnya aku sendiri juga kurang tahu apalagi istilah kedokterannya tidak paham deh. Biasanya bangun tidur ada rasa yang tidak enak di sebelah kuku, atau kadang habis main tiba-tiba ada rasa kurang nyaman di sebelah kuku. Kalau di raba baru ketahuan kalau ada kulit yang sedikit sobek.

Dulu sobekan kulit seperti ini aku tarik, berharap siwilnya lepas, tapi bukan malah menghilangkan "siwil"-nya namun malah membuat sakit yang menjadi jadi. Bahkan pernah tetangga saya harus sampai di operasi karena menarik "siwil" tersebut. Langkah paling aman menurut pengalaman-ku adalah dengan memotong "siwil" tersebut. Awalnya aku gunakan gunting untuk memotongnya tapi ternyata masih meninggalkan sisa dan rasanya masih sakit. Akhirnya aku berfikir untuk memotong "siwil" tadi dengan sebuah pemotong yang bisa memotong sampai pangkal "siwil" dan tidak meninggalkan sisa.

Setelah berfikir sejenak ada cara ampuh untuk membuang siwil tadi, saya gunakanlah pemotong kuku. Kelebihan pemotong kuku bisa memotong tepat dipangkal siwil. Alhasil jemaripun tidak sakit lagi. Bahkan ketika bepergian dan "siwil"en. saya sempatkan untuk membeli pemotong kuku hanya untuk sekedar membuang "siwil" tersebut. Ya.. daripada sakit.

Gambar saya download dan edit dari : http://www.clker.com/clipart-3730.html

3 comments:

titis said...

Saya jg sering siwilen kalau kulit mengelupas dijari d bawah kuku jg sering..klu itu apa namanya ya. Kr suka perih klu mkn pake tangan apalagi klu mkn sambal perih bangeeet..

Agus Waluyo said...

Nampaknya siwilen juga mbak, dan rasanya memang perih, jadi cepat-cepat di potong sebelum meradang, kecuali kalau kita masih sayang sama siwil itu hehehe

MrBanakaru said...

Cara mengatasi siwilen itu gampang, liat di blog ane gan
uqi-alsana.blogpspot.com kalo belum kehapus sih :D

Post a Comment